Home / Pendidikan / Apa Yang Dimaksud Dengan Media Pembelajaran

Apa Yang Dimaksud Dengan Media Pembelajaran

Di dunia pendidikan tentunya sudah tidak asing lagi mengenai media pembelajaran. Namun, apakah Anda paham tentang apa yang dimaksud dengan media pembelajaran? Media pembelajaran merupakan segala macam alat yang digunakan pada proses pengajaran yang berfungsi untuk mempermudah serta membantu proses penyampaian sejumlah materi pelajaran di dalam proses KBM yang pada akhirnya akan membuat muda proses untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Media Pembelajaran

AECT Atau asosiasi teknologi komunikasi pendidikan juga memiliki pengertian dari media pembelajaran merupakan semua hal yang dipakai setiap orang guna menyalurkan dan menyampaikan sejumlah pesan serta bisa digunakan untuk merangsang setiap peserta didik guna bisa lebih memiliki semangat di dalam belajar. Beberapa contoh dari media pembelajaran adalah overhead projector, buku, kaset, televisi dan lain sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan media pembelajaran?

Bisa dikatakan, media pembelajaran tidaklah akan bisa dipisahkan dari proses pembelajaran atau KBM yang dilaksanakan baik di sekolah maupun di kampus. Sejumlah pemanfaatan dari berbagai macam media pembelajaran adalah salah satu teknik yang cukup kreatif dan juga sistematis guna bisa menciptakan sebuah pengalaman yang terbaik yang bisa diperoleh pada kegiatan pembelajaran siswa.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Materi

Adapun tujuan dari penggunaan sejumlah media pembelajaran diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dengan adanya media pembelajaran yang tepat tentunya akan memudahkan setiap siswa atau peserta didik guna bisa lebih cepat di dalam memahami prinsip konsep, serta memperoleh keterampilan tertentu.
  2. Adanya sebuah pengalaman di dalam belajar yang cukup berbeda serta bervariasi yang mana hal tersebut mampu lebih cepat untuk merangsang motivasi serta minat dari siswa serta peserta didik di dalam belajar serta mampu untuk menumbuhkan keterampilan dan sikap tertentu di dalam pemanfaatan teknologi. Hal tersebut disebabkan karena setiap peserta didik atau siswa cukup tertarik di dalam memakai serta mengoperasikan media pembelajaran tertentu
  3. Membuat kondisi dan situasi belajar yang tidak mudah untuk dilupakan oleh masing-masing peserta didik atau siswa
  4. Memberikan penjelasan yang lebih gamblang tentang informasi dan juga pesan pembelajaran
  5. Kualitas di dalam proses KBM akan semakin meningkat

Penggunaan media pembelajaran yang maksimal tentunya didasari adanya tujuan serta untuk mendapatkan nilai tambah yang bisa didapat dan diberikan kepada peserta didik atau siswa melalui pengalaman belajar yang ada di sekolah maupun di tempat lainnya.

Baca Juga:   Cara Memilih Sekolah Yang Baik Untuk Anak

Dengan konsep tersebut tentunya akan membuat guru semakin terbantu guna mendapatkan sejumlah fasilitas yang mempermudah mereka di dalam menyampaikan materi di dalam KBM sehingga lebih mudah dan lebih cepat serta materi-materi yang disampaikan bisa lebih bervariasi dan tentunya akan memiliki efek bisa diterima dengan mudah oleh peserta didik atau siswa.

Sebagai penutup, sangat diharapkan bahwa segala macam bentuk kemudahan yang bisa didapatkan dari pemanfaatan media pembelajaran mampu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri sehingga pada akhirnya akan menghasilkan siswa-siswa yang berprestasi baik di bidang akademik maupun di bidang non akademik. Itulah sejumlah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan media pembelajaran. Mudah-mudahan, setiap pengajar yang ada di sekolah mampu Untuk memanfaatkan media pembelajaran semaksimal mungkin sehingga hasil yang didapat juga akan lebih maksimal. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Definisi Lengkap Dengan Contohnya

Arti Dari Definisi Lengkap Dengan Contohnya

Kata definisi kerap kita dengar. Lantas, apa arti dari definisi tersebut? Definisi merupakan sebuah pernyataan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *