Home / Hardware / Apa Yang Dimaksud Dengan Media Penyimpanan

Apa Yang Dimaksud Dengan Media Penyimpanan

Bagi sejumlah pengguna komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah media penyimpanan atau storage device. Namun, hal tersebut akan berkebalikan bagi para pemula di dunia internet di mana pastinya mereka perlu belajar Apa yang dimaksud dengan media penyimpanan karena media penyimpanan merupakan salah satu bagian yang cukup penting untuk dipelajari oleh setiap pengguna komputer.

Apa Yang Dimaksud Dengan Media Penyimpanan

Media penyimpanan sering disebut juga dengan istilah storage device dimana media penyimpanan merupakan sebuah perangkat yang dipakai untuk menyimpan sejumlah file yang ada pada komputer. Media penyimpanan tentunya memiliki peran yang sangat baik karena mampu digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data dan file serta software software yang digunakan. Sementara itu, secara umum media penyimpanan dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu media penyimpanan local, media penyimpanan primary, media penyimpanan dengan format FAT, media penyimpanan dengan format NTFS dan beberapa jenis media penyimpanan lainnya.

Sekarang ini, media penyimpanan juga dibagi menjadi banyak bagian berdasarkan bentuk dan sifat yang dimiliki oleh media penyimpanan yang bersangkutan. Secara umum, media penyimpanan dikategorikan menjadi dua yaitu media penyimpanan internal dan media penyimpanan eksternal.

Baca Juga:   Kekurangan Dan Kelebihan Komputer Masa Depan

Media penyimpanan internal merupakan media penyimpanan yang bisa digunakan atau dipakai untuk menyimpan data maupun file yang lokasinya berada di dalam personal computer serta terhubung langsung pada bagian motherboard atau mainboard. Sementara itu, media penyimpanan eksternal merupakan sebuah tempat untuk menyimpan file dan data yang terhubung namun tidak langsung pada mainboard akan tetapi menggunakan port yang biasanya adalah USB.

Beberapa contoh media penyimpanan internal pada komputer

1. Hardisk drive

Adalah sebuah media penyimpanan internal yang dipakai pada setiap personal computer. Dengan menggunakan hardisk kita bisa melakukan penyimpanan sistem operasi sekaligus software software yang digunakan pada komputer tersebut.

2. Floppy disk drive

Floppy disk drive memiliki kesamaan sistem kerja dengan harddisk yaitu media pembacaannya menggunakan piring magnetik. Peralatan tersebut dirancang guna lebih mempermudah proses pemindahan data dari komputer yang satu menuju komputer yang lainnya tanpa perlu adanya koneksi internet pada masing-masing komputer.

Beberapa Contoh media penyimpanan eksternal

1. Compact disk atau CD

Compact disk atau CD adalah salah satu jenis media penyimpanan eksternal yang memiliki bentuk berupa piringan optik serta memakai Sinar jenis laser guna melakukan pembacaan serta penulisan pada keping CD tersebut

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer No Signal Paling Manjur

2. Digital video disc atau DVD

Igital video disc atau DPD adalah salah satu jenis teknologi yang cukup baru dan berbentuk piringan optik serta merupakan generasi lanjutan dari compact disk. Kapasitas DVD tentunya jauh lebih besar dibandingkan dengan kapasitas CD yaitu sekitar 4,7 GB untuk single layer dan 8,4 GB untuk yang double layer.

3. Pita magnetic

Media penyimpanan berupa pita magnetik dikenal pula dengan istilah magnetic tape yang tersusun dari bahan magnetik yang memiliki lapisan pada bagian plastik yang cukup tipis serta memiliki bentuk seperti pita pada kaset yang sering kita temukan di zaman dahulu

4. USB flashdisk

Sebutan untuk Flash drive merupakan sebutan yang sama dan ditujukan untuk perangkat flashdisk. Tentunya, flash disk merupakan salah satu jenis media penyimpanan jenis eksternal yang memiliki manfaat sama dengan hardisk, namun memiliki kapasitas yang lebih kecil.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan media penyimpanan. Besar harapan penulis semoga artikel dan tulisan sederhana ini bisa memberikan manfaat kepada anda terutama ilmu serta pengetahuan di bidang media penyimpanan pada komputer Sehingga anda memiliki pengetahuan baru pada media penyimpanan di komputer sehingga pada akhirnya nanti anda bisa melakukan maintenance terhadap media penyimpanan komputer apabila mengalami masalah. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Prosesor MediaTek

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *