Home / Umum / Sosial / Apa Yang Dimaksud Dengan Nusantara

Apa Yang Dimaksud Dengan Nusantara

Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang memiliki jiwa nasionalisme tinggi tentunya tidak ada salahnya apabila kita belajar mengenai Apa yang dimaksud dengan nusantara. Dengan belajar memahami akan makna dari sebuah kata yaitu nusantara maka diharapkan nantinya kita benar-benar memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi sehingga kita bisa melakukan pembelaan terhadap negara di dalam kondisi apapun juga.

Apa Yang Dimaksud Dengan Nusantara

Apa yang dimaksud dengan nusantara?

Memang memiliki sejumlah pengertian. Pengertian dari nusantara tersebut dijabarkan oleh sejumlah ahli baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Di bawah ini akan saya uraikan beberapa pengertian nusantara yang sudah dikemukakan oleh sejumlah ahli.

1. Pengertian Nusantara menurut Ernest Francois Eugene Douwes Dekker

Nusantara merupakan sebuah Nusa yang terdiri dari dua benua dan dua samudra

2. Pengertian Nusantara menurut Tontowi amsia

Arti dari nusantara merupakan sebuah negara yang bersifat kepulauan serta terletak di dalam posisi silang

3. Pengertian Nusantara menurut Prof. Dr. Wan Usman

Nusantara merupakan sebuah teknik dan cara pandang oleh bangsa Indonesia tentang diri dan juga tanah airnya sebagai sebuah negara kepulauan dengan segala macam aspek kehidupan yang cukup beraneka ragam

4. Pengertian Nusantara menurut Joko Darmawan

Nusantara merupakan sebuah wilayah di negara Indonesia yang diawali dari pulau nangroe Aceh Darussalam sampai dengan Pulau Papua.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Indigo

Pengertian Nusantara yang sudah sering kita dengar sehari-hari seringkali juga dipakai di dalam penyebutan nama negara kita yaitu negara Indonesia.Pada sebuah lirik puisi serta lagu, istilah Nusantara juga kerap kali dipakai. Lalu apa yang dimaksud dengan nusantara sebenarnya? Kata nusantara merupakan sebuah sebutan yang ditujukan pada sebuah wilayah kepulauan yang membentang dari ujung Sumatera sampai dengan ujung Papua dimana Di saat sekarang ini, sejumlah besar dari kepulauan tersebut sudah masuk ke dalam wilayah negara Indonesia.

Kenapa disebut sejumlah besar? Hal tersebut dikarenakan ada beberapa pulau yang terbentang di antara Sumatera sampai dengan Papua belum masuk ke wilayah Indonesia. Beberapa contoh Daerah atau wilayah yang belum masuk kedalam Indonesia adalah negara Malaysia, negara Timor Leste dan negara Brunei Darussalam.

Apabila kita simak dari sisi bahasa, kata nusantara sebenarnya berasal dari 2 kata yaitu kata “Nusa” yang memiliki arti pulau dan kata “antara” yang memiliki arti seberang atau lain. Kata nusantara tersebut merupakan kata yang berasal dari bahasa Jawa. Kata nusantara yang seringkali kita gunakan untuk berkomunikasi sehari-hari merupakan sebuah kata yang dipakai sebagai sebuah literatur di dalam menggunakan bahasa Jawa, dimana hal tersebut adalah sebagai sebuah gambaran dari konsep bernegara di Kerajaan Majapahit.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Referendum

Kata nusantara pada konsep bernegara di Kerajaan Majapahit adalah sebagai sebuah sebutan yang ditujukan kepada pulau-pulau lain yang berada di luar wilayah pulau Jawa dan tentunya sudah tidak memperoleh pengaruh pengaruh kebudayaan Jawa, namun sudah diakui sebagai bagian dari daerah yang sudah berhasil ditaklukan oleh kerajaan Majapahit dimana setiap penguasa dari wilayah tersebut wajib untuk menyetorkan upeti ke Kerajaan Majapahit.

Dalam perkembangannya, setelah waktu berjalan cukup lama, istilah atau kata nusantara kembali lagi diangkat dan dicetuskan di tahun 1920 oleh seorang tokoh atau pahlawan yang bernama Ki Hajar Dewantoro. Ki Hajar Dewantoro juga merupakan salah seorang aktivis di dalam pergerakan kemerdekaan Negara Indonesia serta merupakan pendiri dari Taman Siswa. Salah satu alasan yang diambil oleh Ki Hajar Dewantoro karena istilah tersebut tidak mengandung unsur penggunaan bahasa asing. Walaupun pada akhirnya, nama negara Indonesia yang dipakai sebagai nama negara kita merupakan pengembangan dari istilah nusantara yang sampai saat ini masih terus hidup.

Terdapat salah satu istilah yang sering kita dengar kan serta memiliki hubungan dengan istilah tersebut, yaitu wawasan nusantara. Arti kata dari wawasan nusantara merupakan sebuah konsep tentang cara pandang dan juga sikap bangsa Indonesia terhadap bentuk geologi, mengenal diri yang diambil berdasarkan dua landasan dasar yang utama, yaitu undang-undang Dasar 1945 dan Pancasila.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Komunikasi

Supaya rasa nasionalisme dari setiap warga negara Indonesia tetap terjaga, maka wawasan nusantara tersebut memang perlu untuk terus dikembangkan. Tentunya, sebagai seorang warga negara Indonesia yang baik wajib untuk mengutamakan kepentingan kepentingan nasional dibandingkan dengan kepentingan pribadi maupun kelompoknya. Dua patokan atau landasan utama tentang wawasan nusantara yaitu UUD 1945 dan Pancasila. Dua dasar tersebutlah yang merupakan sebuah falsafah serta landasan hukum bagi setiap warga negara Indonesia di dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pada proses mempraktekkan sejumlah wawasan nusantara tentunya dibutuhkan banyak asas-asas atau peraturan-peraturan yang digunakan sebagai bagian dari ketentuan dasar yang wajib dipatuhi serta dipelihara. Salah satu contohnya adalah tujuan atau kepentingan yang sama, kerjasama, keadilan, kejujuran, solidaritas, dan kesetiaan terhadap hasil kesepakatan. Mudah-mudahan, artikel singkat ini mampu berguna dan bermanfaat bagi setiap pengunjung yang datang ke blog sederhana ini. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Di dalam kehidupan sehari-hari maka tentunya kombinasi dari angka-angka tidak akan bisa terlepas. Kumpulan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *