Home / Umum / Usaha / Apa Yang Dimaksud Dengan Pekerjaan

Apa Yang Dimaksud Dengan Pekerjaan

Ketika seseorang sudah menyelesaikan masa studinya baik di bangku SMA atau SMK bahkan di perguruan tinggi Maka tentunya akan melanjutkan untuk mencari sebuah pekerjaan. Hanya saja, kadangkala banyak diantara kita yang belum memahami apa yang dimaksud dengan pekerjaan tersebut. Untuk itulah sangat bijak kiranya apabila kita sedikit memahami pengertian dari pekerjaan Sehingga nantinya kita bisa memahami makna sebenarnya dari bekerja.

Apa Yang Dimaksud Dengan Pekerjaan

Apa yang dimaksud dengan pekerjaan?

Pekerjaan merupakan salah satu kegiatan yang wajib untuk dikerjakan oleh setiap orang guna bisa memenuhi segala macam kebutuhannya. Kebutuhan manusia tersebut tentunya diperlukan setiap hari dan tentunya merupakan salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi. Sementara itu, kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang wajib harus segera ada dan dipenuhi serta tidak dapat untuk ditunda. Salah satu contoh dari kebutuhan pokok di antaranya adalah makanan, pakaian, minuman, peralatan ke sekolah, dan sejumlah kebutuhan pokok lainnya.

Namun, untuk bisa memenuhi segala macam kebutuhan pokok tersebut tentunya dibutuhkan alat bayar yang namanya uang. Untuk bisa memiliki uang, maka tentunya orang wajib untuk bekerja dimana berbagai macam jenis pekerjaan tentunya tersedia sehingga kita hanya cukup menyediakan tenaga dan skill untuk menyelesaikannya.

Baca Juga:   Cara Menjalankan Usaha Agar Sukses

Terdapat sejumlah pekerjaan yang bisa menghasilkan jasa dan terdapat pula pekerjaan yang bisa menghasilkan sebuah produk berupa barang. Sebuah pekerjaan yang bisa menghasilkan sebuah barang dikenal dengan istilah produksi atau bisa juga disebut sebagai pekerjaan yang dapat menghasilkan barang guna memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup. Sementara itu, pekerjaan yang dapat menghasilkan jasa merupakan sebuah pekerjaan yang bisa menghasilkan jasa yang diperlukan oleh masyarakat secara umum atau bisa juga berupa penawaran jasa seperti pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Tentunya, sejumlah pekerjaan erat kaitanya dengan lokasi dimana kita tinggal. Salah satu contohnya adalah pekerjaan pemetik teh yang bertempat tinggal di daerah pegunungan yang disebut pula sebagai sebuah dataran tinggi. Sementara itu nelayan memiliki tempat tinggal di daerah pantai yang terkenal sebagai dataran rendah. Guna bisa memenuhi segala macam kebutuhan untuk hidup, maka tentunya setiap manusia haruslah bekerja. Tentunya, anda bisa memperhatikan sejumlah orang atau tetangga yang hidup disekitar anda. Tentunya, mereka memiliki berbagai macam jenis pekerjaan yang berbeda-beda.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Profit

Disamping memerlukan barang, orang yang hidup juga tentunya memerlukan jasa. Jasa bisa didapat dari orang atau pihak lain. Guna memperoleh jasa, Kita juga harus memiliki sebuah imbalan tertentu. Seseorang yang sudah memberikan sebuah jasa tentunya harus mendapatkan imbalan. Upah atau imbalan rata-rata berbentuk uang. Pada penjelasan berikut ini, Silakan anda Simak contoh sebuah kasus kehidupan.

Bapak sutar memiliki kebun kelapa sawit dengan area yang cukup luas. Kelapa sawit yang tumbuh pada kebun tersebut juga berjumlah cukup banyak. Pak sutar sendiri tidak bisa mengurus kebun kelapa sawit secara mandiri dan dikerjakan sendiri. Ia memerlukan sejumlah bantuan dari orang lain guna bisa mengurus perkebunan kelapa sawit yang dia miliki. Orang lain tersebut memberikan bantuan guna memanen, memelihara serta melakukan penjualan terhadap hasil produksi yaitu berupa buah kelapa sawit.

Setiap 1 minggu sekali, tenaga tambahan yang membantu proses perawatan kebun kelapa sawit miliknya pak sutar mendapatkan imbalan berupa uang. Uang yang diterima oleh mereka merupakan salah satu jenis imbalan dari jasa yang sudah diberikan pada proses perawatan kebun kelapa sawit miliknya pak sutar.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hukum

Secara umum, pekerjaan dibedakan menjadi dua macam yaitu pekerjaan yang bisa memproduksi sebuah barang dan pekerjaan yang bisa memproduksi jasa. Beberapa contoh pekerjaan yang mampu untuk memproduksi barang diantaranya adalah petani, membuat kue, pembuat keramik dan lain sebagainya. Sementara itu contoh dari pekerjaan yang bisa memproduksi jasa diantaranya adalah dokter, guru, pembantu, dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan singkat tentang apa yang dimaksud dengan pekerjaan. Tidaklah rumit untuk memahami istilah pekerjaan karena kata pekerjaan memang sudah cukup familiar di telinga Anda sehingga tidak membutuhkan waktu terlalu banyak untuk bisa memahami makna dan arti dari kata pekerjaan tersebut. Terima kasih dan selamat beraktivitas, semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Apakah anda mengetahui apa arti dari reservasi? Mungkin saja, sebagian dari Anda yang sedang membaca …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *