Home / Pendidikan / Apa Yang Dimaksud Dengan Pembelajaran

Apa Yang Dimaksud Dengan Pembelajaran

Seorang guru atau pengajar wajiblah mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan pembelajaran. Tentunya tidak lucu ketika seorang pengajar atau guru ditanya pengertian dari pengajaran namun mereka tidak mampu menjawab atau bahkan tidak mengetahuinya sama sekali. Oleh sebab itulah, alangkah baiknya Bagi anda yang sekarang ini berprofesi sebagai guru atau pengajar namun belum memahami secara detail pengertian dari pembelajaran, maka silahkan anda Simak terus uraian berikut ini karena anda akan mendapatkan Jawaban dari pertanyaan apa yang dimaksud dengan pembelajaran tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Pembelajaran

Apa yang dimaksud dengan pembelajaran?

Pembelajaran merupakan salah satu dari proses interaksi yang terjadi antara peserta didik yang satu dengan peserta didik yang lain serta memakai sumber belajar pada sebuah lingkungan belajar yang didalamnya terdiri dari guru serta siswa melakukan proses pertukaran informasi.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Wikipedia, pembelajaran memiliki arti yaitu sebagai sebuah bantuan yang diberikan oleh mendidik supaya bisa berlangsung sebuah proses untuk memperoleh ilmu serta pengetahuan, pembentukan sikap serta rasa percaya diri pada siswa atau peserta didik, mampu menguasai tapia dan kemahiran. Intinya, bisa disimpulkan bahwa pembelajaran memiliki pengertian yaitu sebuah proses guna memberikan bantuan kepada setiap peserta didik supaya bisa belajar dengan cukup baik.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pendidikan

Sementara itu, kata pembelajaran juga memiliki pengertian yang hampir sama dengan pengajaran. Akan tetapi, secara umum memiliki sebuah konotasi yang cukup berlainan. Apabila dilihat dari sisi pendidikan, seorang guru tentunya mengajar supaya setiap siswa bisa belajar serta mampu menguasai seluruh isi pelajaran Sehingga nantinya bisa mencapai sebuah objektif yang sudah ditentukan atau aspek kognitif. Sehingga pada akhirnya bisa berpengaruh terhadap aspek psikomotor atau keterampilan, aspek afektif atau perubahan sikap dari setiap peserta didik. Namun demikian, pada proses pengajaran tersebut haruslah mampu memberikan kesan kesan yang baik sehingga antara pihak pengajar dengan pihak yang diajarbisa memiliki persamaan persepsi.

Tujuan dari proses pembelajaran

Instructional objective atau tujuan pembelajaran memiliki arti yaitu sebagai sebuah perilaku dari hasil belajar yang dimiliki, diharapkan terjadi serta dikuasai oleh setiap peserta didik atau siswa setelah dilaksanakannya sebuah kegiatan belajar tertentu. Hal tersebut tentunya berdasarkan dari sejumlah pendapat mengenai makna makna dari tujuan instruksional atau tujuan pembelajaran.

Baca Juga:   Contoh Peraturan Akademik SD

Seorang ahli yang namanya Magner di tahun 1962 mampu untuk mendefinisikan tujuan dari proses pembelajaran yaitu sebagai sebuah tujuan dari perilaku yang akan dicapai ataupun yang hendak serta bisa untuk dikerjakan oleh setiap peserta didik berdasarkan kompetensi yang dimilikinya.

Sementara itu, seseorang yang bernama Dejnozka dan Kavel pada tahun 1981 mampu memberikan definisi dari tujuan pembelajaran yaitu sebuah pernyataan yang cukup spesifik yang berhasil dinyatakan di dalam bentuk sebuah perilaku yang diwujudkan menggunakan bentuk tulisan yang bisa memberikan gambaran dari hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan.

Pengertian lain dari pembelajaran khususnya adalah tujuan pembelajaran yaitu memberikan pernyataan tentang konsep maupun keterampilan yang diharapkan bisa dimiliki oleh setiap peserta didik di akhir setiap proses pembelajaran. Tujuan dari pembelajaran adalah sebuah arah yang dituju dari berbagai macam rangkaian aktivitas yang sudah dikerjakan pada proses pembelajaran.

Tujuan pembelajaran yang baik tentunya dirumuskan dengan menggunakan bentuk perilaku yang memiliki kompensasi spesifik, terukur dan aktual sesuai dengan yang diharapkan akan dimiliki, terjadi serta dikuasai oleh siswa di mana siswa tersebut sudah mengikuti sejumlah kegiatan pembelajaran spesifik.

Baca Juga:   Tata Cara Menjadi Moderator Diskusi

Proses penyusunan tujuan pembelajaran

Salah satu tahapan yang sangat penting didalam proses penyusunan tujuan pembelajaran adalah rangkaian pada proses pengembangan desain pembelajaran. Dari tahap tersebut lah nantinya akan ditentukan apa saja dan bagaimana yang harus dilakukan pada tahapan berikutnya. Nantinya, apakah sesuatu yang sudah dirumuskan di dalam tujuan pembelajaran bisa dijadikan sebagai salah satu acuan guna memilih strategi pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan metode pembelajaran yang nantinya akan dipakai pada proses pembelajaran. Ketika sebuah tujuan tidak tertulis dengan jelas, maka bisa dipastikan proses pembelajaran akan menjadi tanpa fokus, kegiatan yang tanpa arah serta bisa menjadi tidak efektif.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan pembelajaran di mana proses pembelajaran secara umum bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja. Hanya saja, kita dengan mudah bisa menemukan proses pembelajaran di bangku sekolah formal seperti SD SMP SMA dan SMK serta perguruan tinggi yang nantinya akan menerapkan berbagai macam metode pembelajaran yang terbaru dan mereka kuasai. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Definisi Lengkap Dengan Contohnya

Arti Dari Definisi Lengkap Dengan Contohnya

Kata definisi kerap kita dengar. Lantas, apa arti dari definisi tersebut? Definisi merupakan sebuah pernyataan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *