Home / Pertanian / Apa Yang Dimaksud Dengan Pendidikan

Apa Yang Dimaksud Dengan Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu hal yang wajib didapat oleh setiap warga negara yang baik. Dengan adanya pendidikan, maka setiap warga negara mampu mendapatkan berbagai macam ilmu dan pengetahuan yang nantinya bisa digunakan sebagai salah satu bahan di dalam menempuh kehidupan. Tentunya, kita harus memahami apa yang dimaksud dengan pendidikan agar makna pendidikan bisa kita hayati bersama.

Apa Yang Dimaksud Dengan Pendidikan

Perkembangan yang ada di dunia pendidikan Sampai dengan saat ini sangatlah pesan serta signifikan. Hal tersebut tentunya mampu membuat perubahan yang cukup banyak di sisi pola pikir para pendidik yang berasal dari pola pikir yang awam serta gabung menjadi pola pikir yang lebih modern. Kondisi tersebut tentunya amat berpengaruh pada proses kemajuan pendidikan di Negara Indonesia. Dalam menyikapi berbagai macam hal tersebut, para pakar di dunia pendidikan mengkritisi dengan langkah memberikan ungkapan serta sejumlah teori pendidikan yang sesungguhnya mendapatkan tujuan dari pendidikan yang sebenarnya.

Tujuan pendidikan

Tujuan pendidikan yaitu membuat setiap warga negara memiliki kualitas serta karakter yang baik Sehingga nantinya mempunyai pola pandang yang cukup luas kedepan guna menggapai cita-cita yang diinginkan serta memiliki kemampuan di dalam beradaptasi dengan cukup cepat serta tepat pada sejumlah lingkungannya. Hal tersebut tentunya disebabkan karena pendidikan selalu memotivasi diri kita supaya bisa lebih baik dari segala macam aspek yang ada.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pembelajaran

Pendidikan dapat dilaksanakan lebih dini, bahkan sebelum bayi lahir. Cara yang dikerjakannya pun cukup unik di mana sebagian orang akan membacakan berbagai macam hal yang diharapkan kepada bayi, bermain alat musik, serta mengajarkan sejumlah cara kepada bayi mereka sebelum dilahirkan ke dunia.

Sejumlah orang tentunya juga memiliki berbagai macam pengalaman di dalam kehidupan sehari-hari yang memiliki peran serta fungsi lebih dibandingkan dengan pendidikan formal di sekolah. Hal tersebut Senada yang diungkapkan oleh Mark Twain yang mengatakan bahwa dia tidak akan pernah membiarkan bangku sekolah mengganggu pendidikan yang dia tempuh.

Apa yang dimaksud dengan pendidikan

Pada ulasan berikutnya, saya akan mencoba menjabarkan sejumlah pengertian pendidikan yang saya ambil dari sejumlah sumber. Tujuannya adalah supaya anda benar-benar memahami makna dari kata pendidikan tersebut.

1. Pengertian pendidikan berdasarkan undang-undang sisdiknas nomor 20 tahun 2003

Pendidikan merupakan salah satu upaya yang dilakukan secara sadar serta terencana guna mewujudkan sebuah suasana belajar serta proses pembelajaran supaya setiap siswa atau peserta didik bisa secara aktif melakukan pengembangan pada potensi dirinya guna mendapatkan kekuatan di bidang pengendali diri, spiritual keagamaan, kecerdasan, kepribadian, keterampilan, serta akhlak mulia yang dibutuhkan oleh dirinya serta masyarakat.

2. Pengertian pendidikan berdasarkan kamus bahasa Indonesia

Kata pendidikan adalah sebuah kata yang berasal dari kata “didik” dan memperoleh sebuah awalan yaitu “pe” dan akhiran yaitu “an”. Arti kata pendidikan adalah sebuah cara atau proses ataupun pembuatan untuk mendidik. Dengan kata lain, kata pendidikan bisa didefinisikan sebagai sebuah proses di dalam merubah Tata laku ataupun sikap pada individu maupun kelompok dalam upaya proses pendewasaan manusia melewati pelajaran serta pelatihan.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pembelajaran

3. Pengertian pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara yang merupakan bapak pendidikan nasional di Indonesia

Pendidikan merupakan sebuah tuntunan pada kehidupan pada proses tumbuh kembangnya anak-anak. Maksudnya adalah pendidikan akan menuntun semua kekuatan kodrat yang dimiliki oleh anak-anak supaya mereka bisa berperan sebagai manusia dan juga sebagai anggota masyarakat yang mana akhirnya sebuah kebahagiaan dan keselamatan bisa tercapai dengan sebaik-baiknya.

Bisa dikatakan pula bahwa pendidikan merupakan usaha yang dilakukan secara sadar guna mempersiapkan setiap siswa atau peserta didik melewati berbagai macam proses pembelajaran, kegiatan bimbingan ataupun latihan yang dilakukan oleh setiap orang sesuai dengan peranannya.

4. Pengertian pendidikan menurut undang-undang nomor 20 tahun 2003

Pendidikan memiliki arti yaitu sebagai usaha yang dilakukan secara sadar serta direncanakan guna memperoleh dan mendapatkan sebuah suasana belajar serta proses pembelajaran supaya setiap siswa dan peserta didik bisa dengan aktif melakukan pengembangan pada potensi yang dimiliki serta mempunyai kekuatan bagian spiritual keagamaan, kepribadian, pengendalian diri, akhlak mulia, kecerdasan, serta sejumlah keterampilan yang dibutuhkan oleh dirinya sendiri, bangsa, masyarakat dan juga negara.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pembelajaran

5. Pengertian pendidikan menurut H horne

Pendidikan merupakan sebuah proses yang dilakukan secara abadi dan terus-menerus yang dilakukan dengan melakukan penyesuaian yang memiliki posisi lebih tinggi bagi setiap makhluk hidup yang sudah mengalami perkembangan baik secara mental maupun fisik, yang memiliki kebebasan serta kesadaran kepada Tuhan serta dalam kondisi termanifestasi di dalam alam serta memiliki sifat emosional, intelektual serta kemanusiaan di dalam dirinya

Kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pendidikan

Dari sejumlah pengertian di atas, maka bisa disimpulkan bahwa pendidikan merupakan sebuah pertolongan ataupun bimbingan yang diberikan oleh orang yang sudah dewasa kepada manusia yang masih dalam kategori anak-anak guna mendapatkan kedewasaannya serta memiliki tujuan supaya setiap anak memiliki kecakapan di dalam melakukan sejumlah tugas hidupnya secara mandiri serta tidak tergantung pada bantuan orang lain.

Mudah-mudahan, artikel singkat Pada kesempatan kali ini yang membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan pendidikan mampu menjadi sebuah wawasan baru bagi anda sekalian sehingga Anda benar-benar paham makna dibalik kata pendidikan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *