Home / Software / Bahasa Pemrograman / Apa Yang Dimaksud Dengan PHP

Apa Yang Dimaksud Dengan PHP

PHP merupakan sebuah kata yang cukup terkenal di bidang bahasa pemrograman. Namun, tidak semua programmer memahami apa yang dimaksud dengan PHP karena memang rata-rata seorang programmer hanya fokus pada satu bahasa pemrograman tertentu saja. Bagi yang kebetulan belum memahami pengertian PHP, maka ijinkan saya untuk sedikit memberi penjelasan mengenai Apa yang dimaksud dengan PHP sehingga Anda bisa mendapatkan gambaran umum tentang pengertian dari PHP tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan PHP

Apa yang dimaksud dengan PHP

PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berbasis server client yang dibuat pada proses perancangan dan juga pengembangan website. Disamping itu, PHP juga dapat dipakai sebagai salah satu bahasa pemrograman yang bersifat umum. Bahasa pemrograman PHP mulai dikembangkan oleh Rasmus lerdorf pada tahun 1995. Sementara itu, di saat sekarang ini bahasa pemrograman PHP sudah dikelola oleh The PHP grup. Untuk Anda yang ingin mendalami lebih jauh mengenai bahasa pemrograman PHP bisa mengunjungi situs resminya yang beralamat di PHP.net.

Seperti yang sudah disebutkan pada bagian depan bahwa bahasa pemrograman PHP dikenal dengan istilah bahasa pemrograman client server disebabkan karena PHP diproses pada sisi komputer server. Kondisi tersebut cukup berbeda jauh Apabila dibandingkan dengan bahasa pemrograman berbasis client server yang lain seperti javascript dimana pemrosesan dilakukan pada klien melalui web browser.

Baca Juga:   Cara Menjalankan PHP menggunakan XAMPP

Lalu, Apa kepanjangan dari PHP? PHP memiliki kepanjangan personal homepage. Berdasarkan nama yang dimilikinya, PHP dipakai guna merancang sekaligus membuat website yang memiliki sifat pribadi atau personal. Di dalam perkembangannya, bahasa pemrograman PHP dijadikan sebagai salah satu bahasa pemrograman berbasis web yang cukup powerful serta tidak hanya dipakai guna merancang halaman website atau blog sederhana, namun juga digunakan untuk merancang website website besar yang dipakai oleh jutaan pengguna internet, seperti WordPress, Wikipedia, jumlah dan lain sebagainya.

Pada saat sekarang ini, bahasa pemrograman memiliki kepanjangan hypertext preprocessor. Kepanjangan tersebut merupakan sebuah kepanjangan yang rekursif dimana hal tersebut adalah sebuah permainan kata saja. Bahasa pemrograman PHP secara umum dipakai Secara free atau gratis dan memiliki sifat open source. Bahasa pemrograman PHP itu sendiri dibuat dibawah lisensi PHP license Yang secara umum memiliki sedikit perbedaan dengan lisensi GPL atau general public license yang rata-rata dipakai untuk pengerjaan proyek open source.

Kepopuleran serta kemudahan didalam menggunakan bahasa pemrograman PHP sudah dijadikan sebagai standar bagi setiap programmer atau perancang halaman website di seluruh penjuru dunia. Berdasarkan Wikipedia di bulan Februari tahun 2014, ada sekitar 82% website dibuat dan dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP. Bahasa pemrograman PHP juga dijadikan sebagai dasar pada pembuatan aplikasi berbasis CMS atau content management System yang cukup populer Sampai dengan saat ini seperti WordPress, drupal dan Joomla.

Baca Juga:   Cara Menjalankan XAMPP Di Windows 7

Demikianlah ulasan singkat Pada kesempatan kali ini mengenai Apa yang dimaksud dengan PHP di mana PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis client-server yang sangat banyak digunakan Sampai dengan saat ini. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari kemudahan didalam menggunakan bahasa pemrograman PHP sekaligus fleksibilitas dan kompatibilitas pada sejumlah web browser sehingga bisa dinikmati oleh setiap pengguna internet secara umum. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Programmer

Apa Yang Dimaksud Dengan Programmer

Apa kabar semuanya? Selamat datang kembali di blog inanesia.com. Pada kesempatan yang baik ini saya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *