Home / Umum / Alam / Apa Yang Dimaksud Dengan Planet

Apa Yang Dimaksud Dengan Planet

Pada saat kita masih belajar di bangku sekolah, khususnya di mata pelajaran IPA Kita pernah mendapatkan materi mengenai planet. Hanya saja, seiring dengan waktu dan seiring bertambahnya usia, maka pengetahuan mengenai planet semakin dilupakan dan memudar. Oleh sebab itulah maka tidak ada salahnya apabila kita mencoba untuk mengulas kembali Apa yang dimaksud dengan planet sebagai salah satu bentuk refresh otak kita sehingga kita bisa kembali mengingat sejumlah hal yang berkaitan dengan planet.

Apa Yang Dimaksud Dengan Planet

Apa Yang Dimaksud Dengan Planet

Pengertian dari planet merupakan salah satu bagian dari benda langit yang bergerak mengelilingi bintang yang berperan sebagai Inti atau pusat tata surya. Sebuah planet tidak bisa menghasilkan atau membuat cahaya sendiri, namun hanya bisa memantulkan cahaya Yang Berasal Dari Bintang yang cahayanya sampai pada planet tersebut.

Secara umum, planet yang memiliki posisi cukup berdekatan dengan bumi bisa kita lihat dengan mata telanjang setiap hari. Salah satu contohnya adalah planet Venus yang disebut juga oleh orang sebagai planet bintang Fajar. Lalu, Apakah anda memahami asal kata dari planet? Kata planet berasal dari kata planetai di mana kata tersebut merupakan bahasa Yunani yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia adalah pengembara. Kondisi tersebut tentunya dikarenakan kedudukan dari planet Apabila dibandingkan dengan bintang adalah selalu berubah atau tidak tetap. Sebuah planet merupakan salah satu benda angkasa yang tidak memiliki dan tidak bisa memancarkan cahaya sendiri.

Baca Juga:   Fungsi Medan Magnet Pada Kegiatan Perpindahan Hewan

Planet memiliki bentuk bundar atau bulatan dan bergerak serta beredar mengelilingi matahari yang dalam hal ini adalah sebagai bintang. Sejumlah besar dari planet-planet yang ada tentunya memiliki pengikut atau pengiring yang dinamakan dengan istilah satelit yang bertugas mengelilingi atau beredar pada planet-planet yang diindukinya.

Pada sistem tata surya kita planet dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok pertama yang dipunyai oleh jenis planet terestrial. Kelompok tersebut merupakan planet yang mempunyai kondisi seperti bumi baik dari sisi masa, ukuran, komposisi kimianya, sampai dengan massa jenisnya. Planet-planet tersebut mempunyai permukaan yang cukup padat.

Beberapa contoh planet yang masuk ke dalam kategori teresterial diantaranya adalah planet Venus, planet Merkurius, planet Mars dan planet bumi.

Sementara itu, kelompok planet yang masuk kedalam kategori kedua disebut dengan istilah kelompok planet jovian. Tentunya, sifat dari planet tersebut sangatlah berbeda dengan sifat dari planet bumi. Yang termasuk kelompok dari planet jovian terdiri dari kumpulan gas. Berbagai macam gas yang ada pada planet jovian memiliki ukuran yang sangat besar namun permukaan yang dimilikinya tidak padat sehingga tidak bisa dipijak.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Atom

Sejumlah planet yang masuk ke dalam kategori planet jovian mempunyai tekanan yang sangat besar sehingga dapat menghancurkan apa saja yang berhasil masuk pada atmosfer miliknya. Beberapa contoh planet yang masuk ke dalam kategori planet jovian adalah planet Saturnus, planet Jupiter, planet Neptunus dan planet Uranus.

Disamping itu, sejumlah planet yang berada di dalam tata surya bisa dibagi atau diklasifikasikan dengan menggunakan dasar pada beberapa kriteria, diantaranya adalah:

Dilihat berdasarkan massa, maka planet bisa dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu planet yang memiliki masa cukup besar atau Superior planet di mana planet tersebut terdiri dari planet Neptunus planet Uranus, planet Saturnus dan planet Jupiter. Jenis planet yang kedua adalah planet bermassa kecil atau inferior planet dimana kategori tersebut terdiri atas planet Mars, planet bumi, planet Venus dan planet Merkurius. Apabila dilihat dari jauhnya jarak ke arah matahari, maka planet bisa dibedakan menjadi dua yaitu planet luar dan planet dalam.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan planet di mana pengetahuan umum ini bisa anda gunakan sebagai bahan untuk mengingat kembali sejumlah mata pelajaran IPA yang dulu sudah pernah didapat di bangku SMP. Di samping itu, pengetahuan sederhana pada artikel ini juga bisa anda gunakan untuk memenuhi segala macam kebutuhan di dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan rumah yang diberikan di Bangku sekolah khusus untuk para siswa atau peserta didik. Terima kasih dan selamat semoga sukses.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Banjir Oleh Pemerintah DKI Jakarta

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Curah Hujan

Cara Menghitung Curah Hujan Dengan Cepat Dan Mudah

Di kesempatan yang baik ini, Izinkan saya untuk mengulas tentang cara menghitung curah hujan. Tentunya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *