Home / Jaringan / Apa Yang Dimaksud Dengan Port

Apa Yang Dimaksud Dengan Port

Pada saat kita mendengar istilah port maka biasanya pikiran kita akan langsung tertuju kepada sebuah slot atau soket spesial yang berada pada sebuah komputer yang memiliki fungsi guna mengkoneksikan antara device yang satu dengan divisi yang lainnya dengan menggunakan kabel ataupun sinyal Wifi. Pemikiran tersebut memang ada benarnya. Namun, secara umum port pada komputer dikategorikan menjadi banyak bentuk. Oleh sebab itulah maka setiap pengguna komputer yang wajib untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan port.

Apa Yang Dimaksud Dengan Port

Apa Yang Dimaksud Dengan Port

Secara umum, pada sebuah komputer minimal terdapat dua jenis port yang sering dikenal dengan istilah terminologi komputer. Kedua macam port tersebut merupakan port Logika dan port fisik. Secara umum, manfaat dari port pada sebuah komputer adalah untuk menghubungkan antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lain dan tentunya menjadi media penghubung yang mempunyai peranan sangat penting.

Port fisik pada komputer merupakan salah satu port yang harus kita pelajari secara luas. Sesuai dengan namanya bahwa port fisik merupakan port yang bisadirasakan secara fisik dan bisa terlihat. Kegunaan inti dari Sport Fishing yaitu untuk mempermudah menghubungkan minimal dua atau lebih sejumlah komponen nyata yang terlihat secara fisik. Contohnya adalah sebagai penghubung antara komputer server dengan komputer client dengan menggunakan kabel maupun penghubung yang lainnya.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Cloud Computing

Sementara itu, port Logic tentunya cukup berbeda dengan port fisik. Port logika adalah salah satu jenis port yang tidak bisa dilihat secara fisik dan tentunya kita juga Tidak bisa memegang ataupun merabanya. Namun demikian, tentunya juga mempunyai fungsi dan kegunaan yang sama dengan port fisik di mana bisa dimanfaatkan sebagai penghubung antara perangkat yang satu dengan perangkat yang lain melewati protokol maupun berbagai macam jenis media yang lainnya.

Port yang dipakai di jaringan komputer

Di dalam sebuah jaringan komputer, baik port logic maupun port fisik keduanya tentu termasuk kedalam jenis port yang dipakai dengan cara bersamaan. Tentunya, manfaat dari port fisik dan port Logic pada jaringan komputer saling berkaitan. Ketika pada jaringan komputer tidak tersedia salah satu port, maka bisa dipastikan bahwa koneksi pada sebuah jaringan tidak bisa dibangun.

1. Port fisik di jaringan komputer

Ketika kita memperhatikan secara seksama port fisik di komputer, maka ada sebuah port yang dipakai di dalam jaringan komputer yaitu port pada lancar dan juga port pada ethernet. Tugas dari port fisik tersebut adalah guna membantu bagian kabel supaya bisa saling terhubung di dalam jaringan maupun terhubung dengan sejumlah perangkat lain yang ada pada jaringan tersebut.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

2. Port logic di jaringan komputer

Di dalam sebuah jaringan komputer terdapat banyak sekali port logic yang bisa digunakan dan dimanfaatkan, baik itu dalam jaringan WAN, jaringan internet, jaringan LAN, serta sejumlah jaringan yang memakai protokol-protokol tertentu serta jaringan lainnya. Secara umum, bagian port logic pada sebuah jaringan komputer serta pada komputer itu sendiri jumlahnya sangat banyak dan memiliki fungsi yang beraneka ragam. Ketika kita coba mengurutkan, maka pada port logic di komputer serta di dalam jaringan dibagi menjadi 10.000 Yaitu dimulai dari port 0 sampai dengan port 10.000.

Port pada komputer adalah salah satu bagian penting yang dipakai untuk bisa mengakses internet dan menjadi salah satu bagian perangkat keras dalam jaringan komputer yang harus ada. Namun demikian, ada sejumlah port logic yang sangat umum dipakai di dalam jaringan komputer, baik yang digunakan untuk mengkoneksikan protokol maupun yang digunakan untuk melakukan beberapa fitur sharing serta sejumlah fungsi yang lainnya.

Demikianlah panduan dan tutorial singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan port yang ada pada komputer dimana secara umum pada komputer disediakan dua kategori port yaitu port fisik dan port logic. Setelah anda membaca ulasan di atas maka semoga ilmu pengetahuan anda di dalam mengenali beberapa jenis port bisa meningkat. Terima kasih semoga bermanfaat.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan FTP

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *