Home / Software / Apa Yang Dimaksud Dengan Program

Apa Yang Dimaksud Dengan Program

Istilah program bukanlah merupakan istilah yang asing bagi pengguna komputer. Istilah program memang hampir sama dengan aplikasi. Untuk mempermudah anda di dalam mengenali Apa yang dimaksud dengan program, maka ijinkan Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas pengertian dari program komputer. Tujuan dari ulasan yang akan saya sampaikan adalah untuk memberikan pemahaman secara dasar kepada setiap pengguna komputer mengenai program-program yang berjalan pada komputer sehingga bisa mendalaminya secara berkelanjutan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Program

Apa yang dimaksud dengan program?

Program merupakan sebuah kumpulan dari instruksi instruksi yang dipakai guna melakukan pengaturan pada komputer supaya bisa mengerjakan sebuah tindakan tertentu. Tanpa adanya sebuah program, maka komputer sebenarnya tidak bisa melakukan apapun juga. Oleh sebab itulah, program bisa dikatakan sebagai salah satu bagian yang sangat penting di komputer yang berperan guna mengatur jalannya komputer supaya bisa mengerjakan sejumlah tindakan yang sesuai dan pas dengan yang dikehendaki oleh penggunanya. Orang yang bertugas untuk menciptakan program biasanya dikenal dengan istilah programmer.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan File

Sebuah program dibuat dan ditulis dengan mengikuti petunjuk-petunjuk serta kaidah penulisan pada bahasa pemrograman tertentu. Komputer tentunya bekerja seperti layaknya switching atau saklar yang mana hanya mengenal angka 0 dan 1 saja. Sementara itu manusia bisa mengerjakan sebuah instruksi atau perintah dari kalimat kalimat perintah. Oleh sebab itulah, maka kita membutuhkan adanya sebuah bahasa pengantar dan penghubung supaya komputer bisa mengenali segala macam perintah yang diberikan oleh manusia yang dalam hal ini disebut dengan istilah bahasa pemrograman.

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang diubah pada sebuah bahasa tertentu dan khusus yang mudah dikenali oleh komputer. Metodenya adalah dengan memakai compiler atau interpreter. Interpreter akan melakukan penterjemahan sejumlah perintah atau instruksi pada saat program dieksekusi atau diminta. Apabila pengguna komputer yang bermaksud untuk menjalankan program supaya bisa dijalankan oleh komputer, maka awal pertama source kode atau kode sumber akan diterjemahkan terlebih dahulu pada bentuk kode mesin setiap baris perintah atau instruksi.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Manajemen File

Tahap selanjutnya, setelah masing-masing baris kode atau source kode instruksi atau perintah dikenali oleh komputer, maka perintah tersebut akan dijalankan. Pada tahapan berikutnya, interpreter akan kembali melakukan pemrosesan kode sumber atau baris instruksi berikutnya.

Selain itu, compiler juga akan melakukan peran di dalam menterjemahkan sejumlah perintah dan instruksi ke dalam kode objek secara lengkap, setelah keseluruhan dari perintah diterjemahkan, maka perintah atau instruksi yang sudah dikenali oleh komputer akan dijalankan. Tahapan tersebut dikenal dengan istilah kombinasi.

Di dalam bahasa pemrograman, tentunya dikenal banyak sekali bahasa pemrograman. Namun, secara umum bahasa pemrograman yang berbasis desktop dan cukup populer digunakan oleh para programmer sekarang ini adalah bahasa pemrograman java, bahasa pemrograman Pascal, bahasa pemrograman C, bahasa pemrograman basic dan bahasa pemrograman C ++.

Disamping itu, bahasa pemrograman juga dikategorikan menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah:

  1. Bahasa pemrograman beraras tinggi atau dikenal dengan sebutan High Level language contohnya adalah assembler
  2. Bahasa pemrograman beraras menengah atau dikenal dengan sebutan medium level language contohnya adalah Pascal, C, dan fortran
  3. Bahasa pemrograman beraras rendah atau dikenal dengan sebutan low level language contohnya adalah C++, Java dan C#
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan File Attachment

Tentunya, bahasa pemrograman yang memiliki tingkatan semakin tinggi akan semakin mudah dipahami oleh manusia yang berperan sebagai programmer. Demikian pula berlaku bahwa, semakin rendah bahasa pemrograman, maka komputer akan semakin mudah di dalam memahami serta mengerti instruksi-instruksi yang diberikan

Demikianlah ulasan singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan program yang ada pada komputer. Mudah-mudahan, ulasan singkat Pada kesempatan kali ini mampu memberikan pemahaman bagi anda khususnya adalah para programmer pemula yang masih berkenalan dengan sejumlah bahasa pemrograman yang ada pada komputer sehingga pada akhirnya mampu untuk mengetahui basic dari bahasa pemrograman secara umum. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File

Apa Yang Dimaksud Dengan File

Kata file bukanlah kata yang asing bagi kita. Setiap kali kita bekerja menggunakan komputer pastinya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *