Home / Multimedia / Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver ? Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver ? Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Akhir-akhir ini, kata receiver mpeg4 cukup sering didengar di telinga kita. Untuk itulah, pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas detaile dari Apa yang dimaksud dengan receiver MP4 sekaligus perbedaan dari receiver MPEG4 dengan MPEG2 yang tentunya sudah cukup banyak beredar sebagai salah satu peralatan pendukung siaran televisi berbasis parabola.

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver  Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Di negara Indonesia, bisa dipastikan bahwa proses penerimaan sinyal UHF belumlah bisa terjangkau di seluruh wilayah, terutama di pelosok-pelosok. Oleh sebab itulah, guna mendapatkan siaran televisi yang tidak bisa menggunakan antena UHF maka masyarakat bisa membeli perangkat parabola dimana jangkauan dari perangkat parabola tersebut lebih luas karena berbasis satelit.

Baru tahun 1990 an, penggunaan receiver untuk parabola yang awalnya berbasis analog sudah mulai digantikan dengan receiver digital. Tentunya, proses penerimaan receiver digital memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan receiver analog. Hanya saja, receiver digital pada tahun 1996 tersebut masih memiliki kualitas MPEG2.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi di bidang parabola, khususnya adalah pada teknologi receiver yang digunakan, pada tahun 2000an receiver digital sudah mendukung MPEG4. Tentunya, teknologi yang diusung oleh receiver MPEG4 jauh lebih tinggi dibandingkan dengan receiver digital MPEG2. Hanya saja, memang pada tahun 2000an tersebut unit dari receiver MPEG4 masih cukup terbatas dan sulit ditemukan.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Gambar Bitmap

Pada tahun 2013 dapat dikatakan sebagai salah satu tahun dimana perkembangan receiver MPEG4 begitu pesatnya. Hal tersebut dilatarbelakangi karena pada receiver MPEG4 sudah mendukung sejumlah fitur, misalnya adalah bisa merekam siaran televisi, dapat membuka siaran yang diacak menggunakan Biss Key, fitur cccam, fasilitas multimedia, fasilitas untuk membuka acakan tanberg yang cukup terkenal tingkat kesulitan di dalam membuka acakan, fasilitas untuk membuka acakan powerVu.Selain itu, pada sejumlah receiver MPEG4 juga sudah dibenamkan sistem operasi berbasis Android dan berbasis Linux.

Apabila kita lihat beberapa ulasan diatas maka bisa sedikit kita tarik kesimpulan bahwa pada saat sekarang ini, receiver yang memiliki format MPEG adalah salah satu pilihan yang paling baik untuk masyarakat Indonesia, disamping harga receiver MPEG4 juga cukup terjangkau dengan sejumlah fitur yang sangat menarik.

Perkembangan receiver MPEG4 yang memiliki segudang fitur tentunya membuat Para produsen pay TV harus memiliki terbaru tidak kehilangan pelanggannya. Salah satunya adalah yang ditempuh oleh Topas TV di mana Pay TV tersebut memberikan gratis siaran Selama 2 tahun dengan menggunakan set top box miliknya.Demikian juga Skynindo yang dapat membuka Bisskey. Tidak ketinggalan pula k-vision, powerVu, Orange TV, matrix garuda yang kesemuanya bisa diisi ulang.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Fotografi

Apabila kita lihat dari sisi yang sangat sederhana bahwa Letak perbedaan antara receiver MPEG4 dengan receiver MPEG2 terletak pada format yang dimilikinya. Hal tersebut bisa kita analogikan layaknya perkembangan teknologi DVD dan VCD di mana teknologi DVD player bisa digunakan untuk memainkan VCD dan DVD, namun teknologi VCD player hanya bisa digunakan untuk membaca VCD dan tidak bisa membaca DVD.

Begitu juga untuk receiver MPEG4 dan MPEG2 di mana channel-channel yang memiliki format MPEG2 pastinya dapat diterima dengan mudah di receiver mpg2 dan MPEG4. Sementara itu, channel-channel yang berformat MPEG4 hanya bisa diterima oleh receiver MPEG4 dan tidak bisa diterima oleh receiver MPEG2. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa receiver MPEG4 bisa menerima siaran dari channel-channel stasiun televisi dengan jumlah jauh lebih banyak dibandingkan dengan receiver MPEG2. Sebagai contoh, misalnya receiver MPEG2 hanya mampu menangkap 50 channel, maka ketika kita memakai receiver MPEG4 bisa mendapatkan 100 channel.

Di dalam pemilihan receiver MPEG4 alangkah baiknya apabilayang sudah mensupport High Definition atau HD. Hal tersebut disebabkan karena hampir seluruh channel dari stasiun televisi yang memiliki format MPEG4 rata-rata sudah memiliki resolusi HD atau High Definition. Anda tidak perlu khawatir masalah harga karena receiver MPEG4 plus HD memiliki harga yang cukup murah, dimulai dari harga 200ribuan saja. Beberapa receiver MPEG4 plus hdyang memiliki kualitas cukup baik diantaranya adalah Getmecom, Skybox, Matrix, Kaosat, dan Manhatan.

Baca Juga:   Apa yang dimaksud dengan iklan

Demikianlah sekilas penjabaran mengenai Apa yang dimaksud dengan receiver serta perbedaan masing-masing antara receiver MPEG4 dengan receiver MPEG2. Mudah-mudahan, setelah anda membaca ulasan di atas, maka anda sudah bisa memahami apa yang dimaksud dengan receiver sehingga ketika anda nantinya membeli unit parabola maka anda sudah bisa dengan mudah menentukan receiver mana yang cocok untuk dibeli. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa yang dimaksud dengan iklan

Apa yang dimaksud dengan iklan

Apakah anda paham apa yang dimaksud dengan iklan? Iklan secara hakekat merupakan sebuah berita ataupun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *