Home / Umum / Sosial / Apa Yang Dimaksud Dengan Referendum

Apa Yang Dimaksud Dengan Referendum

Di dunia politik, kata referendum bukanlah sebuah istilah yang asing bagi mereka. Namun berbeda tentunya dengan masyarakat umum yang buta akan dunia politik, pastinya mereka tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan referendum. Referendum sebenarnya bukanlah konsumsi hanya untuk mereka yang ada di dunia politik namun juga boleh untuk dipahami oleh setiap masyarakat umum sehingga masing-masing mengetahui pengertian dari referendum. Untuk membantu anda di dalam mengenali Apa yang dimaksud dengan referendum, maka ijinkan saya untuk berbagi wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai Apa yang dimaksud dengan referendum tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Referendum

Asal kata referendum

Kata referendum memiliki persamaan kata dengan plebisit. Kata referendum itu sendiri berasal dari kata plebiscita Yang mana kata tersebut berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti pemilihan secara langsung. Artinya adalah pihak pemilik akan diberikan kesempatan guna menolak maupun memilih sebuah usulan maupun tawaran. Di negara Indonesia, kata referendum sering pula disebut sebagai jajak pendapat. Sementara itu, PBB atau perserikatan bangsa-bangsa menyebut istilah referendum dengan sebutan self determination atau penentuan nasib sendiri.

Baca Juga:   Contoh Peraturan Lalu Lintas

Di wilayah negara Indonesia, kata referendum yang disebut pula dengan istilah jajak pendapat rakyat selalu berkaitan dengan adanya pilihan dari sikap, yang mana kondisi tersebut wajib didasari oleh hati nurani serta tidak adanya sebuah tekanan dari pihak manapun. Proses pemilihan ataupun jajak pendapat harus berlangsung dengan bebas, umum, jurdil serta sangat rahasia.

Kata referendum yang berasal dari bahasa latin apabila dialihbahasakan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti yaitu pemungutan suara guna melakukan pengambilan keputusan dengan cara Intan. Di dalam sebuah referendum, rata-rata orang yang mempunyai hak untuk memilih akan dimintai pendapatnya masing-masing. Proses pencapaian dari hasil referendum dapat dianggap tidak mengikat atau mengikat.

Arti referendum berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI

Adapun arti referendum berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebuah proses penyerahan sebuah masalah pada pihak lain dalam hal ini adalah orang banyak agar mereka yang bertindak sebagai penentu nya. Artinya, keputusan tidak dilakukan dalam hal rapat atau dilakukan oleh sebuah parlemen. Proses pengambilan keputusan diserahkan sepenuhnya dengan cara pemungutan suara secara umum yaitu Keseluruhan dari anggota sebuah perkumpulan maupun sejumlah masyarakat.

Baca Juga:   Arti Dari Modus ? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Memang, secara fakultatif tidak adanya sebuah kewajiban di dalam meminta sebuah pendapat kepada rakyat secara langsung. Hal tersebut tentunya sangat bergantung pada keputusan yang diambil oleh Sang Penguasa, dalam hal ini Tentunya sudah ditetapkan dalam sebuah undang-undang.

Sebuah obligator yang menyatakan adanya keharusan di dalam meminta pendapat secara langsung kepada rakyat di dalam hal mengubah sesuatu terhadap adanya perubahan konstitusi. Apabila kita lihat berdasarkan pengertian yang diambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, maka tentunya bisa diambil kesimpulan bahwa maksud dari referendum yaitu sebuah kegiatan pemungutan suara orang banyak atau semesta guna mengambil suatu keputusan.

Demikianlah informasi singkat tentang apa yang dimaksud dengan referendum yang bertujuan supaya kita semua memahami pengertian dari referendum. Dengan demikian maka tentunya kita akan sedikit mengetahui istilah yang kadangkala digunakan di dunia politik. Apabila suatu saat nanti kita mendengar istilah tersebut, maka kita sudah tidak Bingung lagi mengenai makna kata tersebut. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:   Arti Dari Hope dan Wish

Artikel menarik lainnya

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Arti dari angka dari sisi “Fengshui”

Di dalam kehidupan sehari-hari maka tentunya kombinasi dari angka-angka tidak akan bisa terlepas. Kumpulan dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *