Home / Umum / Kesehatan / Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Halo pengunjung setia inanesia.com. Apa kabar semuanya ? Semoga saja anda sekalian selalu dalam kondisi Fit dan selalu bisa beraktivitas seperti biasanya. Pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi ilmu serta wawasan baru mengenai Apa yang dimaksud dengan sel. Artikel ini sebenarnya bukanlah artikel yang stres karena tentu saja diantara anda sekalian sudah pernah mendapatkan materi mengenai sel terutama yang pernah sekolah di SMA jurusan IPA.

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Apa yang dimaksud dengan sel?

Sebelum kita membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan sel, Mari kita kenali dahulu sejumlah makhluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar kita. Keseluruhan makhluk hidup tersebut tentunya tersusun oleh sel yang memiliki jumlah amat sangat banyak. Lalu, apa itu sel?

Sel merupakan satuan maupun unit struktural serta fungsional yang paling kecil pada makhluk hidup. Sel disusun dari sitoplasma, membran sel serta sejumlah organel. Apabila dilihat secara umur, sel disusun dari membran sel serta sejumlah protoplasma yang disusun atas cairan sel atau sitopkista serta sejumlah organel yang berupa sejumlah alat pada sel yang memiliki fungsi tertentu. Salah satu contohnya adalah inti sel, mitokondria, dan retikulum endoplasma.

Baca Juga:   Cara Menanggulangi Merokok Yang digalakan Pemerintah

Nantinya, sejumlah Sel akan bergabung pada sel-sel yang lainnya guna mengerjakan sejumlah fungsi yang tidak bisa dikerjakan secara mandiri. Salah satu contohnya yaitu sel saraf yang dengan begitu cepatnya akan meneruskan adanya Sinar listrik pada tubuh namun sangat bergantung keseluruhan pada sejumlah sel darah merah guna mendapatkan kadar Oksigen yang tentunya sangat diperlukan olehnya. Walaupun sel memiliki tipe yang beraneka ragam, ada pula sejumlah persamaan spesial pada sejumlah sifat baik itu dari sisi bentuk maupun fungsi yang lazim pada kebanyakan sel.

Lalu, siapa penemu dari sel untuk pertama kalinya? Kapan pulang pertama kali ditemukan? Sejarah sudah menuliskan bahwa ada seorang ilmuwan yang memiliki nama Robert Hooke ketika tahun 1665 melakukan pengamatan terhadap sayatan gabus yang berasal dari batang Quercus suber memakai alat mikroskop. Robert Hooke berhasil menemukan banyak ruangan ruangan kosong pada bagian sayatan gabus tersebut yang keseluruhannya dibatasi oleh dinding-dinding tebal pada proses pengamatannya.

Selanjutnya, dia memberikan sebutan terhadap sejumlah ruang kosong tersebut dengan istilah cellulae dimana artinya adalah Sel. Sel yang ditemukan pada masa itu adalah sel-sel gabus Yang sudah dalam kondisi mati. Semenjak ditemukannya penemuan dari Robert Hooke, sejumlah ilmuwan lain melakukan perlombaan guna mengetahui hal-hal lebih banyak lagi mengenai sel. Salah satu contohnya adalah ilmuwan yang berasal dari Belanda yang bernama Antonie van Leeuwenhoek.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Alkohol

Bagaimana? Apakah anda sudah paham apa yang dimaksud dengan sel tersebut? Mudah-mudahan, setelah anda membaca ulasan di atas maka anda akan mendapatkan sedikit gambaran mengenai pengertian dari sel secara umum Sehingga anda mampu memaknai sebuah sel yang berada pada setiap makhluk hidup. Sekian dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Hipertensi Inilah Penjelasan Lengkapnya

Arti Dari Hipertensi ? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Apakah anda memahami apadari hipertensi? Istilah hipertensi merupakan istilah lain dari darah tinggi. Hipertensi ataupun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *