Home / Jaringan / Apa Yang Dimaksud Dengan Server

Apa Yang Dimaksud Dengan Server

Di dunia internet sekarang ini, makna dari kata server haruslah dipahami bersama. Hal tersebut tentunya tidak bisa terlepas dari fungsi dan manfaat server yang tidak bisa dipisahkan di kehidupan yang berkaitan dengan internet maupun jaringan. Lalu, apa yang dimaksud dengan server? Untuk membantu anda di dalam mengenali serta mengetahui pengertian dari server, maka ijinkan saya untuk berbagi wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai server kali ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Server

Apa yang dimaksud dengan server?

Server memiliki pengertian yaitu sebagai sebuah sistem komputer yang mampu untuk memberikan sejumlah layanan maupun service tertentu pada sebuah jaringan komputer. Tentunya, komputer yang dipakai untuk server memiliki dukungan perangkat keras atau hardware yang mumpuni. Prosesor yang digunakan untuk komputer server memiliki sifat yang scalable. Selain itu, kapasitas dari RAM untuk server juga haruslah besar sehingga mampu untuk memenuhi banyak permintaan data besar dalam satu kali waktu.

Tidak ketinggalan pula sistem operasi yang digunakan untuk komputer server haruslah benar-benar sistem operasi khusus, spesial untuk jaringan atau server. Contoh sistem operasi spesial yang bisa digunakan untuk komputer server adalah Windows Server maupun Linux yang berbasis server.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan MAN

Komputer server nantinya harus mampu untuk menjalankan berbagai macam perangkat lunak administratif yang digunakan sebagai pengontrol terhadap sejumlah akses di dalam jaringan yang mana akan melakukan manajemen terhadap sumberdaya pada jaringan tersebut. Salah satunya adalah dari sisi printer atau alat pencetak maupun fasilitas untuk berbagi data dan file.

Jenis atau macam-macam server

Berdasarkan fungsi yang dimilikinya, server dibagi menjadi beberapa macam. Berikut ini adalah pembagian server.

  1. Proxy server atau server proxy
  2. Data server atau server data
  3. Application server atau server aplikasi

Manfaat atau fungsi server

Secara umum komputer server memang memiliki fungsi utama yaitu untuk memberikan pelayanan kepada semua komputer client. Namun, selain fungsi utama tersebut tentunya masih terdapat beberapa fungsi yang mana fungsi tersebut dibagi berdasarkan jenis server yang digunakan. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Server proxy atau proxy server

Server proxy merupakan server yang memiliki fungsi guna melakukan pengaturan terhadap lalu lintas data pada jaringan dengan melakukan pengaturan proxy. Banyak orang yang mengenal sebutan proxy server ini dipakai guna mengkoneksikan komputer client ke jaringan internet.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Domain

2. Server data

Server data merupakan komputer server yang dipakai guna menyimpan berbagai macam data baik data mentah yang belum diolah maupun data matang yang sudah siap untuk disajikanbuah informasi. Tentunya, sejumlah data tersebut bisa diakses oleh setiap klien dengan memakai bantuan aplikasi yang berada pada komputer server.

3. Server aplikasi

Server aplikasi merupakan server yang dipakai guna menyimpan sejumlah aplikasi yang bisa diakses oleh client dari komputer yang digunakan. Dengan adanya server aplikasi, maka komputer client tidak membutuhkan spesifikasi terlalu tinggi karena aplikasi-aplikasi yang dijalankan sebagian besar menggunakan sumber daya yang ada pada komputer server.

Sudah Cukup jelas bukan Apa yang dimaksud dengan server. Pernyataan server memiliki fungsi dan manfaat yang sangat besar di kehidupan sekarang ini, terutama di bidang jaringan komputer sehingga bisamendapatkan fungsi dan penghematan yang luar biasa. Mudah-mudahan, sekelumit informasi mengenai pengertian server di atas bisa bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Kabel

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Apa Yang Dimaksud Dengan File Server

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan file server? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *