Home / Umum / Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem

Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem

Rata-rata diantara kita pastinya sudah sering mendengar kata sistem. Atas sistem tersebut biasanya diikuti dengan kata lain yang nantinya akan membentuk sebuah kata kerja. Namun, apabila atas sistem tersebut berdiri sendiri, Apakah anda mengetahui apa yang dimaksud dengan sistem? Apabila sekarang ini anda penasaran mengenai pengertian dari sistem, maka anda berada pada artikel yang tepat karena anda akan mendapatkan jawaban mengenai sistem tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem

Apa yang dimaksud dengan sistem?

Sistem merupakan sejumlah ataupun sekelompok elemen dan komponen yang bergabung menjadi sebuah kesatuan guna mendapatkan serta mencapai tujuan tertentu. Tentunya, seiring dengan perkembangan zaman banyak sekali pendapat serta pengertian dan juga definisi dari kata sistem yang dilontarkan oleh para ahli. Di bawah ini adalah sejumlah pengertian dan definisi dari kata sistem yang sudah dibuat oleh sejumlah ahli.

1. Pengertian sistem menurut jogiyanto di tahun 2005

Sistem merupakan kumpulan dari banyak elemen yang saling berinteraksi guna mendapatkan sebuah tujuan tertentu. Sistem tersebut mampu memberikan gambaran sebuah kejadian serta kesatuan yang nyata, contohnya adalah tempat, sejumlah benda serta sejumlah orang yang benar-benar riil dan terjadi.

Baca Juga:   Definisi Sistem Kerja Menurut Beberapa Ahli

2. Pengertian sistem menurut indrajit di tahun 2001

Sistem merupakan sejumlah kumpulan dari banyak komponen yang mempunyai sejumlah unsur keterkaitan antara komponen yang satu dengan komponen yang lainnya.

3. Pengertian sistem menurut Lani Sidharta di tahun 1995

Sistem merupakan sebuah himpunan yang berasal dari sejumlah bagian yang memiliki saling keterkaitan yang mana secara bersama-sama dapat mencapai sejumlah tujuan yang sama pula.

4. Pengertian sistem menurut Murdick, R. G di tahun 1991

Sistem merupakan sejumlah perangkat elemen yang dapat membentuk sebuah kumpulan maupun bagan-bagan pengelolaan maupun prosedur-prosedur di dalam mencari sebuah tujuan dari bagian maupun tujuan bersama dengan cara mengoperasikan data maupun sejumlah barang sesuai dengan waktu rujukan yang sudah ditentukan guna mendapatkan informasi maupun energi maupun barang.

5. Pengertian sistem menurut Davis, G. B di tahun 1991

Sistem merupakan sebuah perkumpulan yang berasal dari sejumlah elemen yang beroperasi secara bersama-sama guna melakukan penyelesaian pada sebuah sasaran.

Karakteristik dan komponen sistem

Karakteristik maupun komponen dari sistem merupakan bagian pembentuk pada sebuah sistem diantaranya adalah:

  1. Atribut adalah Sesuatu hal yang mampu untuk menentukan adanya sifat kepemilikan atau kualitas sistem dan objeknya.
  2. Objek adalah elemen, bagian maupun variabel. Objek bisa berupa benda abstrak, benda fisik maupun keduanya.
  3. Hubungan internal adalah media penghubung yang dipakai antara objek-objek yang ada pada sistem tersebut.
  4. Lingkungan adalah sebuah tempat dimana sebuah sistem berjalan atau berada.
  5. Tujuan adalah salah satu bagian yang akan menjadi motivasi yang bisa mengalahkan sebuah sistem. Tujuan yang tidak jelas akan membuat sistem tidak terkendali. Bisa dipastikan pula bahwa tujuan antara sistem yang satu dengan sistem yang lainnya akan berbeda.
  6. Masukkan merupakan Sesuatu hal yang bisa diinput kepada sebuah sistem yang nantinya akan dilanjutkan menjadi sebuah bahan guna dilakukan pemrosesan. Bentuk dari masukan bisa berupa objek yang tampak atau bahan mentah maupun objek yang tidak tampak ataupun jasa.
  7. Proses merupakan sebuah bagian yang mengerjakan sejumlah perubahan yang berasal dari masukan yang nantinya akan menjadi sebuah keluaran yang bermanfaat serta memiliki nilai dan informasi maupun yang berupa limbah dan tidak berguna.
  8. Output atau keluaran merupakan hasil pengolahan dari proses. Apabila terjadi pada sebuah sistem informasi maka dapat berupa laporan maupun informasi.
  9. Batas merupakan bagian pemisah antara daerah luar sistem dengan sistem. Batas memiliki fungsi guna menentukan sebuah ruang lingkup, konfigurasi serta kemampuan dari sistem itu sendiri. Batas tentunya bisa dimodifikasi dan diubah sehingga bisa mengubah perilaku dari sebuah sistem.
  10. Sebuah mekanisme di dalam pengendalian serta umpan balik yang mana dipakai guna melakukan pengendalian terhadap masukan maupun proses. Langkah tersebut memiliki tujuan guna melakukan pengaturan supaya sebuah sistem bisa berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Makna

Apakah anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan sistem? Harapan penulis, setelah anda membaca ulasan di atas maka kata sistem yang selama ini Anda dengar sudah sedikit Anda pahami maknanya sehingga pelan-pelan nantinya anda akan memahami secara umum pengertian dari sistem. Dengan demikian, semakin banyak arti kata yang anda kuasai dan tentunya ilmu pengetahuan anda akan semakin luas. Apabila ada hal-hal yang perlu dikoreksi atau kurang pas, silahkan anda tinggalkan di kotak komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Definisi Sistem Kerja Menurut Beberapa Ahli

Definisi Sistem Kerja Menurut Beberapa Ahli

Sistem kerja memiliki banyak makna. Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *