Home / Gadget / Apa Yang Dimaksud Dengan SMS

Apa Yang Dimaksud Dengan SMS

Popularitas dari penggunaan SMS atau Short Message Service sekarang ini memang sudah mulai memudar. Hal tersebut dilatarbelakangi Karena munculnya berbagai macam Messenger lain yang mampu menggantikan fungsi dan fitur dari SMS dan tentunya memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan fitur yang dimiliki oleh SMS itu sendiri. Salah satu yang membuat Messenger lain memiliki banyak peminat dibandingkan dengan sms standar yang dimiliki oleh masing-masing smartphone adalah karena biaya yang dikeluarkan untuk saling berkirim pesan jauh lebih murah.

Apa Yang Dimaksud Dengan SMS

Berbagai macam Messenger pengganti dari SMS yang sekarang ini cukup populer adalah whatsapp, line , wechat dan lain sebagainya. Tentunya, messenger messenger tersebut memiliki banyak fasilitas dan fungsi dibandingkan dengan sms standar. Salah satu contohnya adalah whatsapp dimana selain bisa digunakan untuk saling berkomunikasi dengan memakai pesan teks, Kita juga bisa memanfaatkan whatsapp untuk menelpon baik menggunakan suara bahkan video call. Tentunya, fitur-fitur seperti itu yang menjadi daya tarik tersendiri dari setiap pengguna di samping biaya pengiriman untuk jenis Pesan yang disampaikan sangatlah terjangkau.

Namun demikian, walaupun penggunaan SMS sudah tidak begitu populer kita tentunya tidak boleh melupakan sejarah dari SMS. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk tetap menghargai adanya SMS adalah dengan memahami apa yang dimaksud dengan SMS tersebut. Apakah anda tahu pengertian dari SMS? Apabila belum, maka silahkan anda Simak terus ulasan berikut ini Sehingga nantinya anda benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan SMS tersebut.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan IPad Air 2

Apa yang dimaksud dengan SMS?

SMS memiliki kepanjangan dari short message service dimana SMS adalah salah satu layanan yang sekarang ini banyak digunakan pada berbagai macam sistem komunikasi tanpa menggunakan kabel atau berbasis wireless. Memang, sebutan SMS cenderung mengarah ke sebuah fasilitas yang dimiliki oleh sebuah handphone atau smartphone untuk saling berkirim pesan secara standar.

Tentunya, dengan adanya fasilitas SMS pada sebuah smartphone akan membuat penggunanya bisa saling berkirim pesan Standar dalam bentuk teks yaitu alphanumerik yang bisa dilakukan antar Terminal masing-masing pelanggan maupun antar Terminal pelanggan dengan sistem eksternal yang bisa saling berkomunikasi, seperti paging, email, Voice Mail dan lain sebagainya.

Sekarang ini, bisa dikatakan bahwa berbagai macam aplikasi SMS sangat digemari dan tentunya sangat banyak pemakai dan penggunanya. Kondisi tersebut bisa dibuktikan dengan munculnya berbagai macam jenis aplikasi berbasis SMS yang sudah saya Sebutkan di atas seperti whatsapp, wechat, Line dan lain sebagainya.

Adapun sifat dari transmisi SMS yang dalam hal ini adalah short burst membuat sejumlah aplikasi yang menggunakan fasilitas SMS rata-rata memakai sistem Pengiriman data yang pendek dan ringkas. Adapun sifat dari perangkat SMS yang memiliki mobilitas serta bisa melakukan pengiriman sejumlah informasi yang bisa dilakukan dari mana saja selama masih di dalam cakupan kata other coverage oleh layanan operator.Transmisi SMS tentunya mampu memunculkan aplikasi pada lapangan dimana sejumlah informasi yang berhasil dikumpulkan di lapangan akan dilakukan pengiriman secara berurutan dan berkala kepada bagian pusat pengelolaan informasi.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Macbook Air

Adapun pemanfaatan aplikasi sms pada bidang Entertainment yaitu bisa dipakai sebagai media untuk bisa saling berkirim pesan, bermain game, mengirim karakter-karakter lucu atau humor, mengirimkan sejumlah gambar-gambar lucu. Aplikasi SMS juga memiliki banyak variasi diantaranya adalah sejumlah aplikasi yang ada di internet yang bisa digunakan untuk berkirim SMS, seperti SMS to mail dan Mail to SMS. Aplikasi tersebut tentunya bisa digunakan pengguna untuk menerima email ataupun Menerima email melihat lewat smartphone yang dimilikinya.

Secara umum, fasilitas SMS tentunya Memiliki proses penerimaan yang cukup terbatas, terutama dari sisi jumlah karakter. Selain itu, pada sejumlah aplikasi SMS juga sudah mendukung adanya body email, file lampiran atau attachment. Pada dasarnya, layanan pada proses penerimaan email melalui SMS hanya berupa pemberitahuan atau notifikasi. Layanan tersebut bisa membuat penggunanya bisa dengan cukup mudah melakukan pengiriman e-mail dari berbagai macam tempat, jadi tidak perlu repot-repot lagi untuk melakukan dial-up ISP maupun mencari warnet.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan SMS. Sekarang ini Tentunya anda sudah memahami bahwa fasilitas SMS bukanlah fasilitas sederhana yang sekarang ini sudah mulai ditinggalkan. Fasilitas SMS yang sekarang ini mulai ditinggalkan adalah fasilitas SMS yang berupa aplikasi dimana pada saat kita ber kirim pesan menggunakan pulsa yang disediakan oleh operator seluler. Aplikasi aplikasi SMS yang sekarang ini sudah menggunakan kuota data internet Justru malah semakin populer karena kemudahan dan murahnya biaya yang dibutuhkan untuk saling berkomunikasi menggunakan aplikasi SMS tersebut. Mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih.

Baca Juga:   Fungsi Tombol Power Pada Smartphone Android

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Power Pada Smartphone Android

Fungsi Tombol Power Pada Smartphone Android

Bisa dikatakan, tombol power memegang peranan yang sangat penting pada semua perangkat smartphone berbasis Android. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *