Home / Jaringan / Internet / Apa Yang Dimaksud Dengan SSL

Apa Yang Dimaksud Dengan SSL

Artikel Pada kesempatan kali ini akan membahas Apa yang dimaksud dengan SSL. SSL ini merupakan pembahasan lanjutan yang mengarah kepada sebuah perbedaan antara https dengan http . SSL memiliki kepanjangan dari Secure socket layer . Lalu Apa pengertian dari SSL tersebut? Silahkan anda ikuti terus ulasan berikut ini dan anda akan mendapatkan jawaban mengenai Apa yang dimaksud dengan SSL tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan SSL

Apa Yang Dimaksud Dengan SSL

Sudah sejak lama, pihak Yahoo, Apple dan juga Google menyampaikan bahwa website ataupun blog yang tidak memakai https atau SSL tidaklah aman dan sudah mengirim sejumlah notifikasi. Kondisi tersebut tentunya dikerjakan supaya setiap pemakai internet bisa lebih aman di dalam pertukaran data maupun informasi melewati sebuah blog maupun website. Oleh sebab itulah, bagi sejumlah pemilik website ataupun blog yang masih memakai http maka diharapkan untuk bisa segera pindah atau migrasi ke https.Untuk Anda yang hendak berpindah ke https namun belum mengetahui seluk beluk Apa yang dimaksud dengan SSL https tersebut, maka silakan Anda simak terus penjabaran berikut ini .

Pemakaian dari SSL tentunya memiliki alasan inti ataupun alasan utama. Alasan memakai SSL yaitu guna menjaga sejumlah informasi yang bersifat sensitif selama terjadi proses pengiriman yang melewati media internet dan dilakukan dengan cara di enkripsi. Dengan metode seperti itu yang mampu untuk menerima pesan adalah yang bisa memahami proses dekripsi data. Jadi Walaupun informasi penting bisa diterima oleh orang lain, apabila orang tersebut tidak memiliki kemampuan dekript, maka tentunya data tersebut masih tetap aman .

Baca Juga:   Cara Mempercepat Akses Internet Wifi Paling Ampuh

Sebagai informasi saja bahwa komputer lain yang terletak antara komputer client dengan komputer server bisa dengan mudah mendapatkan nomor kartu kredit yang anda miliki, lengkap dengan password dan username nya serta sejumlah informasi yang cukup sensitif lainnya. Namun tentunya ketika ada SSL maka, sejumlah informasi tersebut bisa di enkripsi dengan baik . Pada saat sertifikat SSL dipakai, sejumlah informasi tersebut tidak akan bisa dibaca oleh siapapun, kecuali oleh komputer yang digunakan untuk proses pengiriman informasi tersebut.

Tentunya, hal tersebut bisa melindungi sejumlah informasi sensitif dari incaran para peretas di dalam mencuri identitas. Pada saat sekarang ini, di mana perkembangan dunia Internet serta sejumlah aplikasi berbasis online yang terus mengalami perkembangan, khususnya di wilayah Indonesia maka tentunya pemakaian dari sertifikat SSL sangatlah penting untuk diterapkan .

Jenis-jenis sertifikat SSL

Berdasarkan tipe website yang digunakan, sertifikat SSL dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah:

1. Domain validation

Yang dimaksud dengan validation SSL yaitu sejenis SSL yang cukup mudah untuk dipakai serta memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Untuk bisa menggunakan sertifikat SSL jenis ini, kita cukup melakukan verifikasi lewat email . Rata-rata, SSL jenis ini bisa digunakan pada domain yang rata-rata digunakan pada Blog pribadi sehingga tentunya Blog pribadi tersebut mempunyai private SSL atau sertifikat sendiri.

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Lagu Online dan Gratis

2. Organization atau bussines validation

SSL jenis ini Tentunya membutuhkan sejumlah dokumen yang bisa berupa data perusahaan ataupun data organisasi untuk proses verifikasi nya.SLTP ini Tentunya bisa digunakan pada website di sebuah perusahaan maupun organisasi yang skalanya sudah cukup besar.

3. Extended validation

SSL yang terakhir adalah jenis Extended validation. Bisa dikatakan bahwa SSL model ini merupakan SSL kelas premium . Hal tersebut disebabkan karena sudah mempunyai nilai prestise yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi Apabila dibandingkan dengan SSL yang lainnya . Untuk bisa menggunakan Extended validation SSL Ini Membutuhkan sejumlah dokumen bisnis dan tentunya membutuhkan biaya yang besar supaya Anda bisa memakainya. Namun demikian, tentunya tingkat pengamanan yang didapatkan dari Extended validation SSL ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan SSL biasa. Selain itu, status biru atau green bar pada address bar browser juga bisa anda dapatkan ketika menggunakan Extended validation SSL tersebut.

Sebagai informasi tambahan bahwa ketika model SSL di atas tentunya mempunyai wildcard SSL di mana hal tersebut memiliki fungsi di dalam mengamankan domain peserta keseluruhan subdomain yang ada pada domain utama. Sementara itu sertifikat SSL rata-rata hanya memiliki pengamanan untuk www.domain.com saja. Sekarang ini sudah banyak sekali sertifikat SSL yang disediakan oleh sejumlah vendor, seperti Comodo PositiveSSL, RapidSSL, Verisign Secure Site dan sejumlah penyedia Sertifikat SSL lainnya.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Tentunya banyak perbedaan yang dimiliki oleh setiap certificate authority atau vendor dari masing-masing SSL tersebut. Termasuk di dalamnya adalah perbedaan di dalam penerbitan SSL serta tingkat kepercayaan dari masing-masing pengguna terhadap printing dari sertifikat SSL yang digunakan. Mudah-mudahan, tutorial singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan SSL di atas berguna dan bermanfaat bagi anda di dalam memahami serta mengenali maksud dan pengertian dari SSL secara umum . Terima kasih .

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Istilah Google Drive bukanlah merupakan istilah baru, karena bagi pecinta internet terutama yang sering berkirim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *