Home / Hardware / Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Istilah storage device merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi bagi para pengguna komputer, terutama bagi mereka yang sudah terjun di dunia komputer cukup lama, spesifikasinya adalah pada hardware komputer. Namun tentunya berbeda jauh dengan mereka yang baru saja berkecimpung di dunia komputer pada perangkat keras di mana tentunya istilah storage device masih asing bagi mereka. Untuk membantu para pemula yang masih asing mengenai istilah dari storage device maka pada ulasan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai Apa yang dimaksud dengan storage device sehingga Anda bisa lebih mudah mengenali komponen yang satu ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Storage Device

Apa yang dimaksud dengan storage device?

Storage device pada komputer atau PC merupakan salah satu media penyimpanan. Storage device memiliki nama lain dari secondary storage. Manfaat atau kegunaan dari storage device pada komputer adalah digunakan sebagai media penyimpanan data dan juga media penyimpanan untuk sistem operasi. Salah satu contoh storage device adalah hardisk. Hardisk adalah salah satu jenis media penyimpanan untuk data dan informasi pada sebuah komputer yang didalamnya terdapat banyak kumpulan piringan yang bersifat magnetis serta cukup keras dan juga berputar pada saat bekerja. Selain itu, habis tentunya juga ditopang oleh banyak komponen-komponen elektronika lainnya.

Beberapa contoh dari storage device

1. Floppy disk drive

Floppy disk drive adalah salah satu media penyimpanan yang berada pada komputer yang berguna sebagai aksesoris serta juga pelengkap yang bisa digunakan untuk menyimpan data. Floppy disk drive sering disebut pula dengan disket. Kapasitas penyimpanan dari disket sangatlah rendah. Selain digunakan sebagai media penyimpan data, disket atau floppy disk drive juga biasanya digunakan untuk booting komputer. Rata-rata, pada komputer hanya terdapat satu floppy disk drive yaitu floppy disk drive “A” walaupun secara maksimal kita bisa memasang 2 floppy disk drive pada satu komputer. Hal tersebut disebabkan karena floppy disk drive memiliki kemampuan yang sangat terbatas.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Canon MG2570

2. Zip drive

Zip drive adalah salah satu jenis media penyimpanan yang bisa dikatakan mampu menggantikan keberadaan dari floppy disk drive guna menyimpan data dan informasi karena kapasitasnya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan floppy disk drive.Kapasitas maksimal dari zip drive adalah 100 mb dan memiliki sifat yang removable atau bisa ditulis dan juga bisa dihapus. Namun demikian, tidak bisa digunakan untuk membaca tipe floppy disk drive versi sebelumnya.

3. Magnetic tape

Magnetic tape adalah salah satu jenis media penyimpanan yang didalamnya terdiri dari pita atau tape yang sangat tipis serta memiliki lapisan dari bahan magnetis yang cukup berkualitas bagus. Magnetic tape tersebut dipakai untuk melakukan perekaman data analog maupun data digital. Data-data yang ada disimpan dalam bentuk frame. Selanjutnya, frame dikelompokkan pada record atau blog secara terpisah. Magnetic tape adalah salah satu jenis media akses serial, yang tentunya sangat mirip dengan kaset audio zaman dahulu. Model penyimpanan dari magnetic tape adalah mirip dengan proses penyimpanan Sebuah Nyanyian pada, musik yang tentunya bisa ditempatkan dengan sangat cepat.

4. Hardisk drive

Hard disk drive adalah salah satu jenis media penyimpanan yang ada pada PC atau komputer yang didalamnya terbentuk dari sejumlah piringan magnetis yang tentunya cukup keras dan berputar pada saat bekerja. Selain itu, hardisk juga tentunya didukung oleh banyak komponen elektronika lainnya supaya bisa bekerja dengan sempurna. Hardisk memakaipiringan piringan datar yang disebut dengan platter. Platter pada kedua Sisinya memiliki lapisan yang dibuat supaya dapat menyimpan data secara magnetik. Keseluruhan platter yang ada pada harddisk tersusun dengan dilubangi pada bagian tengahnya dan dipasang pada sebuah spidle.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Jaringan Komputer

Selanjutnya, platter akan berputar yang tentunya Kecepatannya sangat tinggi serta dikendalikan oleh spidle motor yang berada pada bagian tengah-tengahnya.Bagian apa alat untuk membaca tulis yang bekerja secara elektromagnetik pada harddisk disebut dengan heard yang dipasang dibagian slider serta bisa dipakai untuk menyimpan sejumlah informasi dan data pada piringan dan juga bisa digunakan untuk membacanya

5. Compact disk atau CD ROM

CD ROM memiliki kepanjangan dari compact disk read Only Memory. CD ROM merupakan salah satu jenis media penyimpanan yang berupa piringan kompak atau sering disebut dengan optical disk. Kapasitas maksimal yang bisa disimpan pada compact disk read Only Memory atau CD ROM adalah 700 mb atau sekitar 700 juta bit. Selain itu, CD ROM memiliki sifat yaitu tidak dapat ditulisi, namun hanya dapat dibaca atau sering dikenal dengan istilah red only. Alat yang digunakan untuk membaca isi data dari CD ROM adalah CD drive. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi CD ROM, maka sekarang ini cd sudah bisa ditulis dan dibaca atau sering dikenal dengan istilah CD-RW.

6. Flash disk

Flashdisk sering pula dikenal dengan istilah flash drive merupakan salah satu jenis alat penyimpanan data berupa memori flash tipe NAND yang tentunya mempunyai konektor berupa USB yang langsung terintegrasi. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa flashdisk tentunya memiliki bobot yang sangat ringan, berukuran kecil serta Dapat dibaca dan ditulis dengan sangat mudah. USB flashdisk mempunyai sejumlah kelebihan Apabila dibandingkan dengan media penyimpanan yang lainnya, khususnya adalah pada disket maupun harddisk. Flash disk merupakan alat yang kecil, ringan serta cepat dan tentunya memiliki kualitas yang cukup baik. Kapasitas yang dimiliki oleh flash disk juga cukup besar untuk sekarang ini. Flashdisk bisa bekerja lebih cepat di dalam pembacaan dan penulisan data karena tidak ada bagian yang bergerak.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Speaker Komputer Dengan Cepat

7. SD card

SD card sering dikenal pula dengan sebutan sdhc atau SD high-capacity. SD card merupakan salah satu jenis kartu yang digunakan untuk media penyimpanan dengan jumlah data yang jauh lebih besar dibandingkan dengan media penyimpanan standar. SD CARD juga memiliki kelebihan yaitu bisa dilepas. Kapasitas yang dimiliki oleh SD card berkisar antara 4 GB sampai dengan 32GB. Dengan demikian tentunya kita bisa lebih leluasa di dalam menyimpan sejumlah data yang kita miliki untuk bisa dipindah atau digunakan.

Itulah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan storage device, lengkap dengan pengertian, definisi serta sejumlah contoh dari storage device yang sekarang ini banyak digunakan oleh para pengguna komputer. Mudah-mudahan, apa yang saya sampaikan pada ulasan kali ini mampu memberikan manfaat, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi Pembaca sekalian. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Fungsi Tombol Power Pada Komputer

Fungsi Tombol Power Pada Komputer

Secara umum, tombol power pada komputer terdapat di dua bagian, yaitu pada bagian CPU dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *