Home / Jaringan / Internet / Apa Yang Dimaksud Dengan Teleconference

Apa Yang Dimaksud Dengan Teleconference

Di dalam jaringan komputer, kita sering mendengar istilah teleconference. Mungkin saja, sebagian dari mereka yang sudah Mahir di bidang jaringan baik jaringan lokal maupun internet sudah tidak asing lagi dan tentunya mampu memahami apa yang dimaksud dengan teleconference. Namun berbeda halnya bagi mereka yang baru saja berkecimpung di dunia jaringan tentunya mereka masih meraba-raba dan masih mencari sejumlah informasi pengertian dan juga definisi mengenai teleconference. Marilah kita bahas apa itu telekonfren sehingga kita benar-benar memahami arti kata dari teleconfrence tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Teleconference

Apa yang dimaksud dengan teleconference?

Teleconfrence dalam bahasa Indonesia diartikan dengan kata telekonferensi. Telekonferensi dalam bidang telekomunikasi adalah jenis pertemuan yang memiliki basis Elektronika yang dilaksanakan secara live atau langsung yang dilakukan oleh minimal dua orang dan juga lebih mesin maupun manusia yang saling berkomunikasi dan dihubungkan dengan menggunakan sebuah sistem telekomunikasi yang rata-rata menggunakan saluran telepon. Tentunya, pemakaian dari telekonferens mempunyai sejumlah kelebihan dari sisi efektivitas waktu dan juga biaya. Telekonferens bisa berbentuk teleconference video maupun telekonferensi audio.

Baca Juga:   Cara Membuat Forum Diskusi Dengan Mudah Dan Gratis

Apa itu teleconference audio? Yang dimaksud dengan teleconference audio adalah salah satu jenis percakapan atau teleconference yang dilakukan oleh beberapa orang yang berupa percakapan secara interaktif di dalamnya. Tentunya, dengan adanya model audio konferensi tersebut maka setiap orang bisa berbicara dan tentunya bisa didengar oleh orang lain yang berada pada jaringan telekonferensi audio tersebut.

Begitu juga dengan teleconfrence video dimana para partisipan yang tergabung pada teleconference video tersebut bisa saling melihat video maupun gambar serta bisa pula mendengar dari suara mereka masing-masing. Gambar-gambar yang ada pada teleconference video bisa dilihat melalui monitor atau layar sementara itu suara suara yang bisa didengar berasal dari speaker yang terpasang. Teleconfrence audio hanya membutuhkan mikrofon, sementara teleconfrence video membutuhkan kamera.

Dapat dikatakan bahwa teleconference merupakan salah satu jenis implementasi yang sangat penting dari penggunaan video streaming yang terjadi di dalam dunia bisnis. Teleconfrence tentunya akan memfasilitasi sejumlah orang untuk bisa saling berkomunikasi baik secara visual maupun secara audio. Tentunya, sejumlah teknologi bisa diaplikasikan sebagai pengganti peran dari adanya panca indra di dalam proses teleconference. Salah satu contohnya adalah pemakaian kamera yang dipakai untuk menangkap gambar sekaligus nantinya akan menampilkan gambar tersebut pada layar dan monitor sebagai pengganti dari peran mata yang digunakan untuk menerima sinyal-sinyal visual di dalam berkomunikasi.

Baca Juga:   Inilah Situs File Sharing Gratis Yang Harus Diketahui

Selanjutnya, terdapat pula microphone yang digunakan sebagai penangkap suara sekaligus nantinya akan mengolah dan menyalurkannya ke dalam perangkat lainnya yang pada akhirnya akan dikeluarkan sebagai output di speaker dengan kekuatan yang lebih keras sehingga bisa didengar oleh banyak orang. Tentunya, fungsi tersebut akan menggantikan peranan dari mulut serta telinga di dalam menangkap serta membuat berbagai macam sinyal suara.

Dengan adanya teleconference tentunya akan memberikan sebuah efisiensi serta efektivitas yang tinggi di dalam berkomunikasi dengan jarak yang cukup jauh. Dengan menggunakan aplikasi teleconference maka komunikasi bisa tetap dilaksanakan walaupun jaraknya yang sangat jauh antara komunikan dengan komunikator.

Hanya saja, perlu digarisbawahi bahwa lancar atau tidaknya komunikasi dalam teleconference tentunya amat sangat tergantung dari kecepatan transmisi data yang digunakan baik dari sisi penerima maupun dari sisi pengirim. Untuk itulah, apabila kita hendak melakukan teleconference menggunakan jaringan internet, maka pastikan kecepatan internet yang kita miliki sudah mumpuni dan memadai serta mampu untuk mendukung kegiatan teleconference baik itu teleconference video maupun telekonferensi audio.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan ISP

Itulah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan teleconference. Setelah anda memahami apa yang dimaksud dengan teleconference di atas, maka setidaknya Anda bisa untuk mencoba atau menggali informasi lebih lanjut mengenai teleconference. Bahkan Anda juga bisa mencoba untuk mempraktekkan kegiatan teleconfrence baik dalam ruang lingkup yang kecil misalnya adalah pada jaringan lokal di kantor maupun di sekolah. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Istilah Google Drive bukanlah merupakan istilah baru, karena bagi pecinta internet terutama yang sering berkirim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *