Home / Umum / Sosial / Apa Yang Dimaksud Dengan Voting

Apa Yang Dimaksud Dengan Voting

Kata voting tentunya sering kita dengar pada saat kita sedang rapat atau sedang mencari sebuah solusi dari permasalahan yang sulit untuk didapatkan Jalan pemecahannya secara musyawarah mufakat. Lalu, apa yang dimaksud dengan voting itu sendiri? Apakah setiap masyarakat sudah memahami mengenai pengertian dan definisi dari kata voting tersebut? Sebagai bentuk sharing ilmu dan pengetahuan maka ijinkan saya Pada kesempatan kali ini untuk mengulas Apa yang dimaksud dengan voting sehingga kita bisa bersama-sama memahami makna kata dari voting.

Apa Yang Dimaksud Dengan Voting

Apa yang dimaksud dengan voting?

Istilah voting sebenarnya merujuk kepada sebuah proses pengambilan keputusan secara bersama-sama tanpa melihat isi dari keputusan yang hendak diambil. Salah satu jenis voting yang cukup populer saat ini adalah voting terbuka. Voting terbuka itu sendiri merupakan proses pengambilan suara yang dilakukan dengan cara perhitungan yang mana proses perhitungan suara dilakukan dan diketahui oleh setiap peserta voting atau peserta di dalam musyawarah tersebut. Contoh voting terbuka biasanya dilakukan pada saat agenda rapat.

Sementara itu, ada juga jenis voting tertutup dimana voting jenis tertutup tersebut tentunya tidak diketahui oleh setiap peserta voting dalam kegiatan musyawarah yang sedang dilakukan. Salah satu contoh dari voting tertutup adalah dengan memakai lembaran kertas yang dilipat atau digulung dan nantinya dikumpulkan dalam sebuah kotak dan pada akhirnya nanti akan dibacakan satu persatu dari hasil voting tersebut.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Belajar

Apabila kita lihat berdasarkan sila keempat dari Pancasila, bahwa negara Indonesia merupakan negara yang sangat mengedepankan prinsip pelaksanaan musyawarah untuk mufakat. Namun demikian, seringkali proses mendapatkan kesepakatan di dalam musyawarah untuk mufakat sangat sulit untuk dicapai sehingga mau tidak mau proses penyelesaian dan pengambilan keputusan harus dilakukan dengan mekanisme voting.

Memang, voting merupakan salah satu bentuk konsekuensi yang berasal dari paham demokrasi yang masih tetap diterapkan dan digunakan di negara Indonesia. Oleh sebab itulah maka hukum voting merupakan hukum yang cukup sah untuk dikerjakan. Voting merupakan metode pengambilan keputusan yang dilakukan dengan cara menghitung total jumlah suara yang paling banyak dalam sebuah forum. Mungkin yang menjadi permasalahan berikutnya adalah Apakah voting yang hendak dilakukan dikerjakan secara terbuka atau tertutup? Berikut ini adalah ulasan perbedaan antara voting terbuka dengan voting tertutup secara detail. Di atas memang sudah sedikit diangkat mengenai kedua pengertian dari voting baik voting terbuka maupun voting tertutup.

1. Pengertian voting terbuka

Voting terbuka merupakan salah satu jenis voting yang mana masing-masing pihak pemilih mempunyai kesempatan yang sama untuk melihat hasil dari pilihan pihak lain secara langsung. Voting terbuka rata-rata dikerjakan dengan menggunakan teknik mengacungkan jari secara bersama-sama atau dengan metode berdiri secara bersamaan pula. Keuntungan yang didapat dari model voting terbuka yaitu setiap pihak bisa langsung melihat Siapa saja yang menolak dan siapa saja yang mendukung di dalam proses voting.

Baca Juga:   Biografi Tentang Ibu Sebagai Seorang Panutan

Adanya keterbukaan memang sangat terlihat jelas sehingga setiap pihak yang terlibat pada proses voting akan selalu bersama-sama mengetahui referensi pilihan dari masing-masing pihak. Namun demikian, metode voting terbuka tentunya mempunyai sejumlah kekurangan karena seseorang memiliki peluang tidak dapat memberikan pendapatnya secara murni dan jernih. Voting terbuka juga sangat dimungkinkan seseorang guna memperoleh paksaan dari pihak pihak yang lainnya supaya dia mau untuk mengubah pilihannya.

2. Pengertian voting tertutup

Pengertian dari voting tertutup yakni sebuah jenis voting yang mana setiap pihak tidak akan dapat mengetahui pilihan dari pihak lain, kecuali apabila dia diberitahu secara langsung oleh pihak yang memberikan voting tersebut. Rata-rata, voting tertutup dikerjakan dengan cara melakukan pengisian pada pilihan di sebuah kertas dan langsung diserahkan kepada pihak panitia.

Salah satu keuntungan yang bisa didapat dari teknik voting tertutup yaitu kerahasiaan pilihan dari setiap pihak akan tetap terjaga sehingga ia bisa lebih bebas dan leluasa di dalam menyatakan pilihannya tanpa adanya tekanan dari pihak manapun juga.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hidup

Namun demikian, voting tertutup juga memiliki kerugian dimana kita juga tidak akan dapat mengetahui referensi pilihan yang dilakukan oleh pihak yang lainnya. Pilihan-pilihan dari pihak yang lain tentunya hanya dapat diketahui setelah proses dari perhitungan hasil voting selesai. Hal itu pun hanya sebatas mengetahui gambaran umum dari sebaran hasil voting yang sudah dilakukan.

Lalu, jenis voting mana yang Anda pilih dan mana yang paling baik? Masing-masing jenis voting tentunya sama-sama baik. Pemakainya bentuknya cukup menyesuaikan kebutuhan dari jenis spotting yang hendak diambil. Apabila dilakukan proses pemilihan yang rawan konflik, maka voting tertutup menjadi salah satu jalan yang paling aman. Namun demikian apa bila ada sebuah voting untuk menentukan ke mana tujuan dari objek wisata, maka voting terbuka adalah salah satu jenis voting yang paling tepat untuk diambil.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan voting. Setelah anda memahami pengertian dan definisi dari voting di atas, maka anda sudah bisa menentukan jenis voting mana yang hendak di ambil dan tentunya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Terima kasih dan selamat beraktivitas, semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Contoh Peraturan Di Rumah Untuk Anak

Contoh Peraturan Di Rumah Untuk Anak

Di rumah tentunya ada peraturan yang dibuat untuk seluruh anggota keluarga, ada pula aturan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *