Home / Jaringan / Internet / Apa Yang Dimaksud Dengan Web Server

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Server

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba mengulas Apa yang dimaksud dengan web server. Salah satu hal yang mendasari Keinginan saya untuk membahas mengenai definisi serta pengertian dari web server karena web server merupakan salah satu bagian dari website yang sangat dibutuhkan di saat sekarang ini. Apalagi, mengingat di saat sekarang ini pertumbuhan dan perkembangan dari dunia blog serta website sangatlah pesat yang mana salah satu komponen penting untuk membangun blog maupun website adalah webserver.

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Server

Apa yang dimaksud dengan web server?

Web server merupakan salah satu software yang bertugas untuk memberikan sejumlah layanan khusus berbasis data serta memiliki fungsi guna menerima berbagai macam permintaan yang berasal dari http maupun https pada komputer pengakses atau client dan sering dikenal dengan istilah web browser Selain itu, web server juga nantinya akan bertugas untuk melakukan Pengiriman kembali hasil dari permintaan http maupun https tersebut dalam bentuk halaman website secara umum yang memiliki format html. Secara sederhana, web server memiliki fungsi untuk mengirimkan data html kepada peminta di halaman web browser Sehingga nantinya akan terlihat seperti yang setiap hari anda temukan ketika sedang Browsing di internet.

Fungsi dan manfaat web server

Adapun manfaat serta fungsi utama dari web server yaitu untuk melakukan transfer sejumlah bekas sesuai dengan permintaan pemakai yang dilewatkan melalui protokol komunikasi yang sudah ditentukan sesuai dengan prosedur. Sejumlah halaman web yang diminta biasanya terdiri dari teks, gambar, file, video, dan sejumlah berkas lainnya. Webserver juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan transfer pada seluruh aspek pemberkasan di dalam sebuah halaman website yang didalamnya termasuk berkas video, teks, gambar dan berkas-berkas yang lainnya.

Baca Juga:   Cara Mempercepat Internet Tri Dijamin Ngebut

Jenis-jenis web server

Berdasarkan perkembangan software web server, sekarang ini sudah banyak sekali software web server yang bisa digunakan untuk membangun server website. Tentunya, web server yang dipilih bisa disesuaikan dengan kebutuhan sekaligus karakteristik yang diharapkan.

Berikut ini adalah beberapa jenis web server yang sering digunakan oleh para Webmaster.

  1. The http web server atau Apache web server
  2. Microsoft Windows Server 2008 versi internet information service atau 2008 IIS
  3. Apache Tomcat
  4. Lighttpd
  5. Van Java system web server
  6. Zeus web server

Dari sejumlah contoh jenis web server yang ada di atas, software yang paling banyak digunakan saat ini adalah apa aja dan Microsoft Windows Server.

Cara kerja web server

Setelah kita memahami beberapa contoh webserver seperti yang sudah disampaikan di atas, marilah kita lanjutkan dengan mempelajari bagaimana cara kerja dari web server.

  1. Web server adalah salah satu mesin di mana software serta aplikasi bisa berjalan di dalam proses pendistribusian berbagai macam halaman website ke pengguna atau user. Proses ini Tentunya dapat ditentukan sesuai dengan permintaan dari masing-masing pengguna komputer.
  2. Proses mengkomunikasikan antara web browser Internet dengan web server adalah salah satu proses penggabungan yang dilakukan pada jaringan komputer yang terdapat di seluruh dunia. Apabila keseluruhan dari komputer sudah terhubung secara fisik, protokol TCP IP serta networking protokol akan melakukan komunikasi antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya.
  3. Pada saat software browser meminta sejumlah data halaman web kepada server, maka perintah serta instruksi yang berasal dari software browser akan dikemas pada PCP yang mana hal tersebut merupakan salah satu protokol transport yang nantinya akan dikirim ke alamat. Proses ini terjadi pada http yang memiliki kepanjangan dari hypertext Transfer Protocol. Secara umum, http adalah salah satu protokol yang nantinya dipakai di dalam word with web atau www antara komputer yang satu dengan komputer yang lain Yang sudah saling terhubung di dalam jaringan internet seluruh dunia.
  4. Guna bisa mengenali protokol-protokol yang ada, anda bisa mengetik http:// yang nantinya akan membawa anda masuk ke dalam jaringan internet yang ada di seluruh dunia.
  5. Data yang ada kemudian akan di passing dari software browser ke web server yang biasanya dikenal dengan istilah http Request yang nantinya akan meminta halaman web sehingga webserver akan berusaha mencarikan sejumlah data html yang ada dan kemudian akan mengemasnya dalam bentuk TCP Protocol dan melanjutkan mengirim ulang ke software Browser.
  6. Apabila data-data halaman web yang diminta oleh software browser tidak ditemukan di dalam server oleh webserver, maka tentunya akan menimbulkan sebuah error yang secara umum disebut dengan page not found atau error 404.
Baca Juga:   Cara Mempercepat Koneksi Internet XL

Dari Penjelasan diatas, maka bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa user atau pengguna internet bisa dengan mudah dan cepat membaca sejumlah dokumen hanya dengan cara mengklik beberapa halaman pada dokumen website yang sudah tampil. Sejumlah proses yang ada dimulai dari permintaan yang berasal dari komputer client melalui software Browser yang nantinya akan diterima oleh webserver. Setelah itu, proses berikutnya akan dilanjutkan dengan mencarikan halaman website yang diminta dan dilanjutkan dengan proses pengiriman halaman-halaman website yang diminta tersebut ke komputer client kembali.

Demikianlah tutorial singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan web server. Mudah-mudahan, tutorial singkat Pada kesempatan kali ini yang membahas seputar definisi dan pengertian dari web server bisa bermanfaat dan berguna untuk anda di dalam menambah ilmu, wawasan dan pengetahuan tentang web server secara khusus. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Google Lengkap Dengan Beberapa Contoh Produknya

Arti Dari Google Lengkap Dengan Beberapa Contoh Produknya

Dari sekian banyak pengguna internet, ada yang sudah memahami arti dari Google, namun ada juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *