Home / Jaringan / Internet / Apa Yang Dimaksud Dengan Website

Apa Yang Dimaksud Dengan Website

Website adalah salah satu kata yang pastinya sudah cukup familiar di telinga kita sekarang ini karena hampir setiap hari kita selalu berinteraksi dengan website. Hanya saja, walaupun setiap hari kita selalu berinteraksi dengan website apa belum tentu kita memahami apa yang dimaksud dengan website. Oleh sebab itulah perkenankan saya Pada kesempatan kali ini untuk sedikit mencoba mengulas pengertian dan definisi dari website sehingga bisa membantu anda di dalam mengenali lebih lanjut apa sebenarnya yang dimaksud dengan website tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Website

Apa yang dimaksud dengan website?

Website adalah kata yang berasal dari sebutan web. Website merupakan sebuah kumpulan dari sejumlah halaman yang berguna untuk menampilkan sejumlah informasi berupa gambar, data, text baik yang bergerak maupun yang diam. Beberapa berkas yang ditampilkan dalam bentuk bergerak cukup banyak ragam dan contohnya, mulai dari video sampai dengan Animasi.

Tidak ketinggalan pula berkas dalam bentuk suara juga mampu ditampilkan pada halaman website. Halaman-halaman yang ditampilkan pada website juga ada yang memiliki sifat statis ada juga yang memiliki sifat dinamis. Masing-masing halaman pada website akan membentuk satu rangkaian yang mana antara halaman yang satu dengan halaman yang lainnya akan selalu terkait dengan memanfaatkan fasilitas yang namanya hyperlink.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hyperlink

Selain pengertian diatas, website juga memiliki pengertian lain yaitu kumpulan dari sejumlah halaman website yang sudah terangkum pada salah satu domain maupun subdomain yang mana memiliki tempat di dalam word Wide Web atau www yang mana sudah terhubung ke jaringan internet. Rata-rata, halaman website berisi sejumlah dokumen yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML atau hypertext markup language.

Halaman-halaman seperti itu tentunya dapat diakses menggunakan HTTP. HTTP itu sendiri merupakan salah satu protokol yang berfungsi untuk menyampaikan sejumlah informasi yang berasal dari server website untuk bisa ditampilkan atau dimunculkan di komputer client melalui software web browser.

Jenis-jenis website

Berdasarkan perkembangannya, website dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah:

  1. Website statis yaitu sebuah website yang memiliki halaman yang tetap dan tidak berubah-ubah. Maksudnya adalah bahwa untuk bisa melakukan sejumlah perubahan pada suatu halaman website maka harus dilakukan secara manual yaitu dengan cara melakukan pengeditan sejumlah kode-kode bahasa pemrograman yang merupakan struktur dari website itu sendiri.
  2. Website dinamis yaitu sebuah website yang cukup mudah untuk dilakukan update artikel sesuai dengan kebutuhan. Rata-rata, website model dinamis ini memiliki backend yang cukup mudah digunakan untuk mengupdate konten atau artikel. Berbagai macam contoh website dinamis adalah website website berita dan sejumlah blog personal yang menggunakan mesin CMS atau content management system
  3. Website interaktif adalah sebuah website yang didalamnya berisi interaksi dari masing-masing pengguna untuk bisa saling berargumen atau berpendapat. Contoh dari website interaktif adalah forum.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Internet Dan Intranet

Manfaat website

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari website. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Promosi bisa menjangkau area yang lebih luas dan tentunya dengan mempunyai website maka promosi dari sebuah produk bisa lebih cepat dikenal oleh masyarakat, khususnya adalah para pemakai internet
  2. Website bisa yang menjadi sebuah media Tanpa Batas karena internet mampu untuk menyala dan berpromosi tanpa mengenal waktu, 24 jam nonstop. Dengan memiliki website, maka tentunya kita seakan-akan memiliki karyawan yang mampu untuk bekerja selama sehari penuh 24 jam. Dengan demikian, maka tentunya calon dari konsumen kita juga berpotensi selama 24 jam tersebut.
  3. Website bisa menjadi media promosi yang sangat luas. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa internet merupakan sebuah media promosi yang sangat luas, bukan hanya di wilayah negara Indonesia namun di seluruh dunia.
  4. Jika kita memiliki website perusahaan, maka hal tersebut merupakan salah satu hal yang mempermudah di dalam mengenalkan perusahaan. Dengan memanfaatkan website, maka profil dari perusahaan bisa dengan mudah ditampilkan di halaman website yang bisa diakses oleh setiap pengguna internet. Apalagi, sekarang ini pengguna internet sangatlah banyak sehingga sebuah perusahaan bisa lebih mudah dan lebih cepat terkenal
Baca Juga:   Cara Menampilkan Mozilla Firefox Pada Bagian Menu Bar nya

Jenis-jenis domain website

  1. Sesuai dengan perkembangan zaman, domain atau alamat dari website juga dikategorikan berdasarkan penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa contoh domain yang sering kita temukan saat Berselancar Di Internet
  2. .go.id merupakan domain yang spesial dipakai oleh lembaga pemerintahan Republik Indonesia
  3. .co.id merupakan domain yang biasanya dipakai oleh lembaga usaha yang sudah mempunyai badan hukum yang sah
  4. .or.id merupakan domain yang dipakai pada organisasi
  5. .ac.id merupakan domain yang dipakai di lembaga pendidikan, khususnya adalah perguruan tinggi
  6. .sch.id merupakan domain yang bisa digunakan di lembaga pendidikan, khususnya adalah tingkat dasar dan menengah seperti SD, SMP, SMK dan SMA
  7. .web.id merupakan domain yang dapat dipakai untuk badan usaha, organisasi maupun perorangan yang memiliki kegiatan di www

Sekian informasi singkat mengenai Apa yang dimaksud dengan website. Mudah-mudahan, walaupun ulasan diatas cukup singkat namun dapat memberikan gambaran sekaligus wacana baru mengenai dunia website sehingga kita semua bisa terus mengembangkan website supaya memiliki nilai informasi yang lebih baik dari hari ke hari. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Server

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Server

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba mengulas Apa yang dimaksud dengan web server. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *