Home / Elektronika / Apakah Pengaruh Arah Arus Listrik Terhadap Arah Medan Magnet

Apakah Pengaruh Arah Arus Listrik Terhadap Arah Medan Magnet

Di artikel sebelumnya sudah banyak pembahasan tentang elektromagnetik. Pada ulasan kali ini adalah mengenai Apakah pengaruh arah arus listrik terhadap medan magnet. Maksudnya adalah mengenai medan magnet yang ada pada sekitar kawat lurus yang memiliki aluran listrik beserta medan magnet di sebuah kumparan.

Apakah Pengaruh Arah Arus Listrik Terhadap Arah Medan Magnet

Adanya medan magnet disekitar kawat lurus yang memiliki aliran listrik

Seseorang yang bernama Hans Christian oersted di mana beliau adalah seorang ahli pada bidang ilmu pengetahuan alam yang mana juga merupakan salah satu guru besar di Universitas Kopenhagen, pada tahun 1777 sampai dengan 1851 pada penelitiannya berhasil menemukan bahwasanya di sekeliling arus listrik pastinya akan ditemukan medan magnet.

Kesimpulan dari Hans Christian oersted adalah sebagai berikut:

  1. Di sekeliling arus listrik bisa ditemukan adanya medan magnet. Hal tersebut bisa dideteksi dengan cara memakai serbuk besi yang membutuhkan arus listrik cukup tinggi, sehingga tidak dapat dengan hanya menggunakan baterai berukuran kecil
  2. Arah dari medan magnet atau garis-garis gaya magnet sangat bergantung kepada arah aliran arus listrik. Apabila arah arus listrik diubah, maka akan berubah pula arah medan magnet
  3. Besar kecilnya medan magnet sangat dipengaruhi oleh besarnya kuat arus serta jarak terhadap kawat
  4. Guna menentukan arah dari garis-garis gaya magnet yang ada di sekitar sekeliling penghantar lurus yang telah dialiri arus listrik supaya lebih mudah dipakai kaidah tangan. Prinsipnya adalah apabila posisi ibu jari menunjukkan arah arus listrik, maka gaya dari garis gaya magnet ditunjukkan oleh jari-jari yang sedang dalam posisi menggenggam. Cara tersebut juga bisa digunakan guna menentukan arah dari garis-garis gaya di sekeliling penghantar yang berbeda bentuk.
Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Paralel Sederhana

Prinsip medan magnet pada sebuah kumparan

Adanya pengaruh medan magnet yang dihasilkan pada sebuah penghantar arus listrik terhadap benda yang ada di sekelilingnya amatlah kecil. Kondisi tersebut dikarenakan medan magnet yang didapat sangat lemah atau sangat kecil.

Supaya bisa memperoleh pengaruh medan magnet yang cukup kuat, maka penghantar wajib untuk digulung menjadi sebuah kumparan. Di dalam kumparan, medan magnet yang dihasilkan oleh lilitan yang satu akan diperkuat oleh lilitan yang satunya lagi. Jika kumparan tersebut berukuran cukup panjang, maka disebut dengan istilah selonoida.

Jika pada kumparan diberikan inti besi lunak, maka tentunya akan mempengaruhi kemagnetan menjadi sangat besar. Hal tersebut disebabkan karena kumparan yang diberikan lilitan pada inti besi lunak tersebut akan membuat sebuah medan magnet yang sangat kuat. Adanya pengaruh hubungan di antara kuat arus serta medan magnet dikenal dengan istilah magnet listrik atau elektromagnet.

Adapun medan electromagnet atau magnet listrik tentunya sudah banyak dipakai pada berbagai macam bidang teknik, misalnya adalah kunci pintu listrik, pembuatan bel listrik, bahan bakar pada mobil di bagian fuel level, detektor logam, telepon yang menggunakan uang logam, serta kereta cepat tanpa roda.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Sederhana

Keuntungan menggunakan elektromagnet atau magnet listrik adalah sebagai berikut:

1. Sifat kemagnetan yang ditimbulkan sangat kuat

Kekuatan dari magnet yang dihasilkan bisa diubah-ubah dengan cara mengubah besarnya arus listrik yang masuk

2. Sifat kemagnetan bisa dihilangkan dengan cara memutuskan aliran arus listrik

Magnet listrik yang ada sekarang ini bisa diciptakan dalam berbagai macam variasi bentuk, misalnya adalah berbentuk lingkaran, berbentuk silinder, berbentuk batang, dan berbentuk huruf U.Adapun diantara sejumlah bentuk magnet listrik tersebut, elektromagnet atau magnet listrik yang memiliki kekuatan paling besar adalah magnet listrik yang berbentuk huruf U.

Itulah penjabaran singkat tentang Apakah pengaruh arus listrik terhadap arah medan magnet dan bisa saya ulas pada posting kali ini. Semoga saja, artikel ini bisa bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktivitas, sukses untuk anda.

Artikel menarik lainnya

Aplikasi Medan Magnet

Aplikasi Medan Magnet

Apakah anda sudah mengetahui contoh dari aplikasi medan magnet? Rata-rata, bagi pecinta di dunia fisika …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *