Home / Software / Arti Dari Aplikasi Menurut Banyak Sumber

Arti Dari Aplikasi Menurut Banyak Sumber

Apakah arti dari aplikasi? Sebenarnya, apabila kita mendengar kata aplikasi, maka apa yang ada di benak anda? Kata aplikasi tersebut bukanlah merupakan katabagi kita dan tentunya sudah cukup banyak orang yang mampu menjabarkan serta mendefinisikan arti dari aplikasi dengan sejumlah pengertian. Akan tetapi, apakah anda mengetahui apa arti dari aplikasi yang sebenarnya? Marilah kita bahas bersama-sama pada artikel kali ini.

Arti Dari Aplikasi Menurut Banyak Sumber

Aplikasi merupakan sebuah kata yang berasal dari kata application di mana memiliki arti penggunaan, lamaran atau penerapan. Apabila dilihat dari sisi istilah, kata aplikasisebuah program yang siap untuk digunakan di mana dibuat guna melaksanakan sebuah fungsi untuk setiap pemakainya atau aplikasi yang lain serta bisa dipakai untuk beberapa sasaran yang dituju.

Aplikasi tentunya dapat disebut sebagai sebuah perangkat lunaksiap untuk dipakai di dalam menjalankan kumpulan instruksi yang berasal dari user atau pengguna. Aplikasi itunya banyak dibuat mempermudah serta membantu pada sejumlah keperluan, contohnya adalah kegiatan percetakan,laporan dan kegiatan lainnya.

Pengertian Aplikasi Dari Beberapa Sumber

Di bawah ini adalah sejumlah pengertian apa arti dari aplikasi yang diambil dari sejumlah sumber terpercaya.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan File Attachment
  1. Menurut Jogiyanto adalah sebuah penggunaan yang ada pada sebuah komputer, instruction atau instruksi atau statemen atau pernyataan yang dibuat sedemikian rupa yang nantinya akan membuat komputer bisa melakukan proses input menjadi output.
  2. Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan pengertian aplikasi yaitu penerapan dari adanya rancangan sebuah sistem guna melakukan pengolahan datamemakai ketentuan dan aturan bahasa pemrograman khusus.-.
  3. Menurut Wikipedia aplikasi merupakan sebuah subclass dari perangkat lunak komputer yang menggunakan kemampuan komputer secara langsung untuk mengerjakan segala macam tugas yang diinginkan oleh user atau pengguna nya
  4. Menurut Rahmat Hakim S menyampaikan bahwa aplikasi merupakan perangkat lunak yang dipakai guna bisa melaksanakan tujuan khusus, contohnya adalah game atau permainan, mengatur windows, mengolah dokumen dan lain sebagainya.
  5. Menurut Harip Santoso menyampaikan bahwa aplikasi merupakan sebuah kelompok file baik itu report, class ataupun form yang memiliki tujuan guna melaksanakan segala macam aktivitas khusus yang saling berkaitan, contohnya adalah aplikasi fixed asset, aplikasi payroll dan aplikasi lainnya.
  6. Menurut Ibisa menyampaikan bahwa aplikasi merupakan salah satu alat bantu guna mempercepat dan mempermudah segala macam proses pekerjaan serta bukan merupakan sebuah beban untuk setiap pemakai atau penggunanya.
  7. Menurut Hengky W Pramana menyampaikan bahwa aplikasi adalah sebuah unit dari perangkat lunak yang dirancang guna bisa melayani segala macam keperluan dari sejumlah aktivitas seperti pada sistem game pelayanan masyarakat, sistem perniagaan, sistem periklanan serta segala macam proses yang semuanya hampir dikerjakan oleh manusia.
  8. Menurut hENDRAYUDi menyampaikan bahwa aplikasi merupakan sejumlah kumpulan dari perintah program yang dirancang serta dibuat guna mengerjakan sejumlah pekerjaan tertentu
  9. Menurut Yuhefizar menyampaikan bahwa aplikasi adalah program yang dirancang dan dikembangkan guna memenuhi segala macam keperluan user atau pengguna nya di dalam melaksanakan segala macam pekerjaan
  10. Menurut Eko. I & Djokopran menyampaikan bahwa aplikasi adalah salah satu prosedur atau proses dari aliran data di dalam infrastruktur teknologi informasi yang bisa digunakan oleh sejumlah pengambil keputusan yang sesuai dengan adanya kebutuhan dan jenjang yang relevan
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Program

Pengertian Aplikasi Secara Umum

Apabila kita simpulkan dari sejumlah pengertian aplikasi di atas, maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa pengertian aplikasi merupakan sebuah program yang siap untuk digunakan serta bisa dimanfaatkan guna menjalankan sejumlah perintah yang berasal dari pengguna aplikasi serta memiliki tujuan untuk memperoleh hasil yang sangat akurat berdasarkan dengan tujuan dari pembuatan aplikasi tersebut. Aplikasi juga memiliki arti yakni bisa melakukan pemecahan terhadap sejumlah masalah yang memakai sebagian dari teknik pemrosesan data aplikasi yang rata-rata memiliki acuan kepada sebuah proses komputasi yang diharapkan atau diinginkan maupun sebuah proses data yang diinginkan.

Demikianlah penjabaran mengenai arti dari aplikasi menurut beberapa sumber sekaligus kesimpulan dari kata aplikasi secara umum. Mudah-mudahan, penjabaran diatas bisa memberikan tambahan pengetahuan serta wawasan baru bagi pengunjung sekalian, terutama yang sekarang ini sedang belajar di dalam mempelajari ilmu ilmu teknologi komputer. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi Utama Dari Sistem Operasi

Fungsi Utama Dari Sistem Operasi Yang Belum Banyak Diketahui

Di bangku sekolah, mungkin anda pernah mendapatkan pertanyaan ” jelaskan fungsi utama dari sistem operasi?” …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *