Home / Umum / Kesehatan / Arti Dari Hipertensi ? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Arti Dari Hipertensi ? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Apakah anda memahami apadari hipertensi? Istilah hipertensi merupakan istilah lain dari darah tinggi. Hipertensi ataupun darah tinggi merupakan salah satu jenis penyakit dari adanya kelainan pembuluh darah ataupun kelainan jantung yang memiliki tanda dengan adanya peningkatan tekanan darah.

Arti Dari Hipertensi  Inilah Penjelasan Lengkapnya

Hipertensi sekarang ini merupakan salah satu tanda dari penyebab utama penyakit jantung dan penyakit stroke. Lalu, bagaimana kita memahami terjadinya adanya peningkatan tekanan darah pada tubuh? Salah satu metode yang bisa kita lakukan yaitu dengan cara melakukan pemeriksaan pada tekanan darah. Sementara itu, tekanan darah yang ada di dalam tubuh manusia terbagi menjadi dua jenis, yaitu diastolik dan sistolik.

Tekanan darah sistolik merupakan tekanan darah yang berada di dalam alteri yang mana terjadi ketika dipompa nya Darah yang berasal dari jantung ke seluruh bagian tubuh manusia. Sementara itu tekanan darah diastolik merupakan sisa dari tekanan di dalam Arteri ketika jantung sedang beristirahat. Tekanan darah tersebut dinyatakan di dalam bentuk angka pecahan. Penulisan untuk tekanan darah sistolik ditulis di bagian atas, sementara itu tekanan darah diastolik ditulis di bagian bawah. Contohnya, apabila didapat hasil pengukuran tekanan darah 130/90 mmhg, maka memiliki arti bahwa tekanan sistolik darah adalah 130 dan tekanan darah diastolik adalah 90.

Apa saja yang menjadi penyebab hipertensi?

Penyebab utama di mana hampir 90% teori hipertensi sebenarnya belum diketahui. Namun umumnya hal tersebut berhubungan dengan gaya hidup, keadaan lingkungan, jenis kelamin dan genetika. Selain itu, faktor gizi juga cukup erat kaitanya dengan terjadinya hipertensi lewat sejumlah mekanisme.

Aterosklerosis adalah salah satu penyebab inti terjadinya hipertensi yang berkaitan dengan proses diet seseorang, walaupun sebenarnya usia dari seseorang juga ikut mempengaruhi. Hal tersebut disebabkan karena seseorang yang berada pada usia lanjut kondisi pembuluh darah cenderung lebih kaku dan mengalami pengurangan dari sisi elastisitas. Sementara itu, kurang lebih 5% orang yang terkena kasus hipertensi sudah diketahui penyebabnya, yakni adanya masalah di penyakit endokrin, penyakit pada pembuluh darah dan penyakit ginjal.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hemoglobin

Bahaya Dari Hipertensi

Tekanan darah tinggi yang secara terus-menerus tentunya bisa mengakibatkan sejumlah komplikasi pada beberapa organ tubuh manusia. Sejumlah organ tubuh manusia yang kerap menjadi target kerusakan yang disebabkan oleh hipertensi diantaranya adalah:

1. Organ tubuh otak

Hipertensi yang terjadi secara terus-menerus akan menimbulkan kerusakan pada bagian dinding di pembuluh darah yang lebih dikenal dengan istilah disfungsi endotel. Akibatnya akan menimbulkan proses pembentukan plak aterosklerosis serta trombosit Atau pembekuan darah yang berlebihan. Akibat dari hal tersebut adalah tersumbatnya pembuluh darah yang mana apabila penyumbatan pembuluh darah tersebut terjadi dibagian pembuluh darah otak maka bisa mengakibatkan stroke.

2. Organ tubuh mata

Hipertensi yang berlebihan akan menimbulkan masalah retinopati hipertensi serta bisa menimbulkan masalah kebutaan

3. Organ tubuh jantung

Hipertensi bisa menimbulkan adanya gagal jantung, penyakit jantung koroner. Di samping masalah pada otak, adanya penyumbatan di pembuluh darah bisa terjadi di pembuluh darah koroner serta bisa menimbulkan penyakit jantung koroner Serta adanya kerusakan otot jantung atau infark jantung.

Pada sejumlah Penderita hipertensi, kerja jantung akan semakin meningkat, sehingga otot jantung akan berusaha keras untuk menyesuaikan. Akibatnya akan terjadi proses pembesaran jantung yang mana semakin lama akan menimbulkan pengendoran dari otot jantung dan pengurangan elastisitasnya yang disebut dengan istilah decompensasi.

Akibat dari hal tersebut adalah jantung sudah tidak lagi memiliki kemampuan untuk menampung sekaligus memompa darah yang berasal dari paru-paru sehingga pada akhirnya akan terdapat banyak cairan yang tertahan di paru-paru maupun pada jaringan tubuh yang lainnya sehingga bisa mengakibatkan oedema atau sesak nafas. Kondisi tersebutlah yang disebut dengan istilah gagal jantung.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Air Raksa

4. Organ ginjal

Hipertensi akan mengakibatkan penyakit gagal ginjal Terminal atau gagal ginjal kronik. Hipertensi tersebut bisa mengakibatkan kondisi Pembuluh darah yang ada pada ginjal mengkerut atau vasokonstriksi yang mana akan menimbulkan aliran nutrisi yang menuju ke ginjal mengalami gangguan serta Menimbulkan terjadinya kerusakan sejumlah sel ginjal yang mana akan berakhir pada gangguan fungsi ginjal.

Ketika tidak mendapatkan penanganan dengan segera, maka bisa mengakibatkan gagal ginjal kronik, bahkan bisa mengakibatkan gagal ginjal terminal yang mana kondisi tersebut hanya bisa ditangani dengan proses hemodialisis atau cuci darah dan juga proses cangkok ginjal.

Cara Mencegah Terjadinya Hipertensi

  1. Asupan garam yang dibatasi. Kondisi ini bisa dilakukan dengan proses diet rendah lemak serta kolesterol. Selain itu, bisa pula dilakukan diet tinggi serat yang berguna untuk mengurangi berat badan serta membantu proses melancarkan metabolisme di dalam tubuh.
  2. Melakukan aktivitas fisik yang cukup. Dengan melaksanakan aktivitas tersebut, maka kondisi tekanan darah juga akan terpengaruh.
  3. Menurunkan berat badan
  4. Membatasi konsumsi rokok dan alkohol. Hal tersebut disebabkan karena pada rokok terkandung nikotin yang bisa melepaskan katekolamin
  5. Mengatur kondisi stress

Pengaturan gizi seimbang pada hipertensi

Terdapat sejumlah prinsip diet yang bisa dilakukan oleh penderita hipertensi, yaitu:

  1. Mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang mengandung gizi seimbang. Langkahnya bisa dilakukan dengan cara mengatur berbagai macam pola makanan sebagai berikut
  2. Komposisi serta jenis makanan harus disesuaikan dengan kondisi pasien
  3. Kadar garam harus dibatasi berdasarkan tingkat kesehatan dari pasien serta beragam makanan yang berada di dalam daftar diet untuk dikonsumsi. Kadar garam dapur tidak boleh lebih dari seperempat hingga setengah sendok teh setiap harinya
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Termometer Digital Dibandingkan Termometer Analog

Proses pengaturan menu makanan yang sangat dianjurkan untuk pasien hipertensi

Adapun jenis-jenis makanan yang harus dibatasi atau dihindari oleh pasien hipertensi yaitu:

  1. Segala macam jenis makanan yang memiliki kadar lemak jenuh cukup tinggi, misalnya adalah gajih, minyak kelapa, paru-paru, ginjal, otak.
  2. Segala macam jenis makanan yang proses pengolahannya memakai garam natrium seperti makanan kering yang asin, keripik, Craker, biskuit.
  3. Segala macam jenis minuman dan makanan yang ada di dalam kaleng seperti softdrink, buah dalam kaleng, sayuran dalam kaleng, kornet, yang sosis, sarden.
  4. Segala macam makanan yang sudah diawetkan seperti selai kacang, telur asin, udang kering, pindang, ikan asin, abon, asinan dari buah maupun sayur, serta dendeng.
  5. Berbagai macam jenis margarin mentega, Susu full cream, keju mayonnaise, serta sejumlah sumber protein hewani yang sangat tinggi kolesterol seperti daging yang berwarna merah, kulit ayam, kuning telur.
  6. Sejumlah bumbu makanan seperti saus tomat, terasi, di, kecap, tauco, saos sambal, serta sejumlah penyedap rasa lainnya yang didalamnya terkandung garam natrium
  7. Makanan maupun minuman yang di dalamnya terkandung alkohol seperti tape dan durian

Demikianlah penjabaran singkat mengenai Apa itu hipertensi, bagaimana cara mengatasinya serta makanan-makanan apa saja yang harus dihindari supaya penderita maupun pasien dari hipertensi bisa lekas sembuh serta pulih kembali seperti awal. Mudah-mudahan, informasi singkat Pada kesempatan kali ini berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Halo pengunjung setia inanesia.com. Apa kabar semuanya ? Semoga saja anda sekalian selalu dalam kondisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *