Home / Jaringan / Internet / Arti Dari HTTP Lengkap Dengan Penjabarannya

Arti Dari HTTP Lengkap Dengan Penjabarannya

Mungkin sajaanda memiliki pertanyaan kenapa pada bagian depan nama domain mempunyai simbol yang berupa HTTP lantas Apa arti dari HTTP tersebut? Guna bisa menjawab pertanyaan tersebut, maka ijinkan saya untuk menjabarkannya pada sebuah artikel berikut inijabarkan Apa maksud dari HTTP atau arti dari HTTP secara umum.

Arti Dari HTTP Lengkap Dengan Penjabarannya

Siapa penemu HTTP

Pada awalnya, HTTP ditemukan oleh seorang ilmuwan komputer yang bernama Sir Timothy John berners-lee yang sebelumnya sudah berhasil di dalam menemukan World Wide Web atau WWW. Tentunya,dia sudah berhasil di dalam membuat keseimbangan pada koneksi antara server dengan client HTTP lewat jaringan internet. Dia merupakan seorang lulusan yang berasal dari Universitas Oxford.

Sir Timothy adalah seorang direktur World Wide Web consortium. Selain itu, dia juga merupakan tokoh yang berasal dari MIT Computer Science serta lab artificial intelligence. Dia mendapat Anugerah gelar kebangsawanan dari Ratu Elizabeth 2 karena kontribusinya yang sudah berhasil di dalam menyelesaikan sejumlah permasalahan pada bidang internet.

Fungsi dan pengertian dari HTTP

Istilah HTTP merupakan sebuah istilah yang tentunya sudah tidak asing lagi untuk sejumlah pemakai internet yang ada di dunia ini. Tentunya, kita akan terus menemukan istilah HTTP tersebut pada setiap kegiatan kita Browsing di internet di mana posisi dari HTTP adalah pada bagian awal penulisan alamat atau domain dari website di kolom address bar pada web browser.

Lalu, Apakah anda sudah memahami serta paham Apa fungsi dari fitur HTTP tersebut? Sebenarnya HTTP memiliki kepanjangan dari hypertext Transfer Protocol. HTTP merupakan salah satu protokol yang dibuat guna memberikan sejumlah perintah pada aktivitas komunikasi yang terjadi antar jaringan.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Mozilla Firefox Pada Bagian Menu Bar nya

Proses komunikasi yang terjadi antar jaringan tersebut yaitu proses komunikasi di antara jaringan server komputer dengan jaringan client atau browser komputer. Apabila dilihat secara garis besarmaka aktivitas komunikasi yang berjalan menggunakan pola yaitu komputer browser akan request atau meminta kepada komputer server dengan teknik mengirimkan url atau alamat situs lewat kolom address bar di software browser.

Selanjutnya, komputer server akan melakukan pengolahan terhadap sejumlah permintaan dari client atau browser tersebut dengan didasari pada protokol kode yang sudah diterima oleh komputer server tersebut. Selanjutnya, protokol tersebut akan dikerjakan dengan memakai jaringan yang terkoneksi dengan jaringan WWW atau World Wide Web. Jika komputer server atau web server sudah memberikan respon yang sesuai berdasarkan request dari browser itu, maka secara otomatis koneksi antara komputer client atau Browser dengan komputer server akan disconnect sepertiga. Pada proses tersebut biasa disebut dengan istilah stateless Protocol.

Pada saat kita memakai protokol HTTP di dalam proses pencarian data, maka tentunya kita akan mengerjakan konektivitas lewati TCP IP yang secara umum memakai port 80. Request yang kita Tuliskan pada software Browser terdiri dari sejumlah informasi data, yaitu WWW atau World Wide Web dan kode HTTP serta lengkapdengan alamat url atau situs yang diminta kepada komputer server.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Teleconference

Selanjutnya, komputer server tentunya akan memberikan sebuah respon yang ditandai dengan mengirimkan kembali sejumlah data atau informasi kepada komputer client atau browser di mana hal tersebut merupakan jawaban atau tanggapan akan permintaan dari software browser tersebut. Sejumlah data yang bisa dikirimkan oleh komputer server ke client tentunya berisi pulang tanggal dan jam atau waktu komunikasi serta versi HTTP yang dipakai, sejumlah file yang diminta, nama server serta ukuran dari file yang dikirim dengan satuan byte.

Seiring dengan Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi serta komunikasi, terutama di jaringan internet maka fungsi atau manfaat dari HTTP juga sangat berperan penting sebagai salahsistem protokol yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap aktivitas di dalam berkomunikasi serta memperoleh informasi yang bisa dikerjakan di internet.

Tentunya, ketika di dalam jaringan internet tidakapa fungsi HTTP sejumlah fasilitas internet juga tidak akan mengalami perkembangan pesat seperti sekarang ini. Keberadaan dari sistem protokol HTTP ini Tentunyasudah membawa sejumlah aktivitas di dalam kehidupan manusia menjadi serba mudah dan jauh lebih modern.

Masyarakat tentunya sudah tidak perlu lagi untuk merasa kesulitan dengan adanya perbedaan waktu dan jarak di antara mereka sehingga mereka dapat dengan mudah untuk salingdihubungi atau menghubungi walaupun jaraknya yang sudah sangat jauh serta mereka akan mendapatkan sejumlah fasilitas yang sangat baik, mulai dari chatting secara online, email, fasilitas website maupun kegiatan komunikasi secara tertulis dan juga adanya fasilitas video call atau video web yang mana proses komunikasi akandengan lebih mudah menggunakan tatapan muka. Tentunya sejumlah fasilitas tersebut ada karena dukungan dari fungsi HTTP tersebut.

Baca Juga:   Arti Dari Internet dan Perkembangannya

Demikianlah pembahasan dariartikel saya di kesempatan kali ini tentang pentingnya fitur HTTP terhadap beroperasinya sejumlah fasilitas jaringan internet yang ada. Fungsi dari HTTP tentunya sudah menjadi sebuah jantung jaringan internet yang tidak bisa tergantikan lagi untuk sistem protokoler saat ini.

Dari dasar Begitu pentingnya peranan yang dimiliki oleh protokol HTTP tersebut, maka muncullah sejumlah pemikiran sejalan yang dimiliki oleh sejumlah ahli IT di mana mereka akan sangat mendukung dan mengharapkan kepada sejumlah pihak penyedia serta pengelola sistem jaringan internet yang ada di seluruh dunia supaya selalu mengembangkan sistem protokol HTTP dimana nantinya bisa menjadikan sistem jaringan internet di seluruh dunia menjadi lebih maju dan lebih modern.

Demikian artikel yang bisa saya tulis mengenai pembahasan arti dari HTTP lengkap dengan fungsi dan peranannya di dalam sebuah sistem internet yang kini sudah begitu banyak pemakainya. Diharapkan kepada setiap pembacauntuk selalu menjadi sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi modern, khususnya dalam internet sehingga pada akhirnya kita bisa menjadi masyarakat modern yang tidak ketinggalan zaman. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Internet dan Perkembangannya

Arti Dari Internet dan Perkembangannya

Kadangkala kita masih dibingungkan dengan arti dari internet serta perkembangan dari internet itu sendiri walaupun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *