Home / Umum / Sosial / Arti Dari Makar Menurut Sejumlah Ahli

Arti Dari Makar Menurut Sejumlah Ahli

Kadangkala, di televisi kita mendengar kata makar. Pantas, apa arti dari negara tersebut? Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk berbagi ilmu pengetahuan tentang pengertian dari makar. Tentunya, arti kata dari makar yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini bersumber dari sejumlah ahli yang mana mereka tentunya memiliki kompetensi di dalam mengemukakan pendapat mereka tentangarti kata makar.

Arti Dari Makar Menurut Sejumlah Ahli

Apa Arti Dari Makar?

Makar memiliki pengertian yakni sebuah tindakan dimana bisa membuat sistem pemerintahan tidak bisa menjalankan tugas dan fungsinya berdasarkan undang-undang yang berlaku. Tindakan dari makar tersebut berdasarkan pasal 107 ku, terdiri dari empat jenis, yakni makar terhadap presiden maupun kepala negara, makar terhadap wilayah makar ideologi, serta tindakan makar terhadap pemerintahan. Hal tersebut dijelaskan oleh dr muzakkir sh mh.

Sementara itu, definisi makar yakni sebuah tindakan pidana dimana sudah masuk ke dalam kategori tindakan kejahatan yang mana ketika dilihat dari perspektif hukum islam dianggap sebagai sebuah jinayat atau jarimah, yakni sebuah sejumlah larangan hukum yang sudah ditetapkan oleh allah subhanahu wa ta’ala di mana bagian pelanggarannya tersebut akan membawa hukuman yang sudah ditentukan oleh nya. Kesimpulannya adalah bahwa makar merupakan sebuah perbuatan yang masuk ke dalam kategori jahatyang sudah dilarang di dalam syariat. Pengertian tersebut merupakan pengertian makar menurut islam.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Integritas

Sementara itu, kata makar juga sering disamakan dengan kata kudeta yang memiliki arti sebagai sebuah tindakan pemberontakan guna menggulingkan sebuah kekuasaan yang masih sah seperti yang terjadi di myanmar, thailand, mesir serta sejumlah negara yang lainnya. Apabila kita tengok di dalam kamus besar bahasa indonesia atau kbbi, atau makar tersebut memiliki arti yang cukup luas. Terdapat dua versi tentang istilah makar tersebut.

Dua Jenis Makar

Jenis makar yang pertama memiliki arti sebagai bagian dari tipu muslihat atau akal busuk yang dimiliki oleh seseorang dimana memiliki niat jahat kepada orang yang lainnya. Sebagai contohnya adalah seseorang yang melakukan fitnah kepada rekan kerjanya yang mencuri serta menaruh barang orang lain di dalam tas milik rekan kerjanya tersebut. Perbuatan tersebut adalah contoh kegiatan tipu muslihatguna menjatuhkan rekan kerja serta tindakan tersebut bisa disebut sebagai sebuah tindakan makar.

Maka tentunya juga memiliki arti yakni sebuah perbuatan guna menghilangkan nyawa orang lain. Kelompok maupun seseorang yang melakukan sebuah usaha untuk menghilangkan orang lain baik yang didengan teknik menyerang maupun teknik yang lainnya bisa pula disebut melakukan makar. Disamping itu, kata makar juga memiliki arti sebagai sebuah tindakan untuk menggulingkan pemerintahan yang masih diakui dan sah.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Internasional

Jenis makar yang kedua diarahkan kepada makanan yang keras atau buah-buahan yang memiliki sifat kaku atau yang disebut dengan istilah bangkar. Rata-rata, buah-buahan yang masih dalam kondisi muda memiliki rasa yang belum manis serta masih keras. Bisa pula berarti makanan yang masih mentah dan belum sempurna sehingga tentu belum empuk dan sulit untuk dikonsumsi.

Apabila dilihat dari sudut pandang sisi hukum pidana, makar memiliki arti sebuah bentuk kejahatan yang bisa mengganggu kondisi keamanan sebuah negara yang mana makar tersebut meliputi makar kepada presiden dan wakilnya, pemerintahan, serta wilayah negara yang kesemuanya sudah diatur di dalam ku, pasal 107, 106 dan 104.

Sebuah tindakan bisa disebut sebagai makar apabila kejahatan yang dilakukan ditujukan kepada pemimpin sebuah negara, yakni kepada presiden maupun wakil presiden. Ketika si pelaku kejahatan tidak mengetahui maupun tidak sengaja melakukan penyerangan kepada seorang pimpinan negara,maka segala macam tindakan tersebut tidak bisa disebut sebagai kegiatan makalah, namun dianggap sebagai kejahatan biasa.

Baca Juga:   Biografi Tentang Teman Terbaik di SMA

Di dalam pasal 106 sudah dijelaskan tentang makalah yang berkaitan dengan wilayah sebuah negara. Sebuah usaha melakukan pengambilalihan baik seluruh wilayah sebuah negara maupun sebagian dan dijadikannya negaradi bawah pemerintah asing maupun proses pemisahan dari sebagian wilayah yang sudah diatur termasuk kedalam perbuatan makar.

Sementara itu, di dalam pasal 107 sudah diterangkan tentang makar yang dilakukan dengan teknik menggulingkan sebuah pemerintahan yang masih sah. Tindakan-tindakan tersebut tentunya bisa dijerat sanksi hukuman penjara paling lama adalah 15 tahun. Sementara itu seorang pimpinan yang melakukan makar, tentunya bisa dijatuhi dengan hukum pidana seumur hidup selama-lamanya sekitar 20 tahun.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa arti dari makarmenurut sejumlah ahli sekaligus pengertian-pengertian umum dari kata makar berdasarkan sejumlah pasal yang sudah ditetapkan di dalam undang-undang. Mudah-mudahan, setelah anda membaca ulasan diatas tentang pengertian dari makar, maka anda sudah memahami dengan sebenar-benarnya makna kata makar tersebut sekaligus mampu untuk menghindari sejumlah perbuatan yang mengarah kepada tindakan makar.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari LDR Yang Mungkin Belum Diketahui

Arti Dari LDR Yang Mungkin Belum Diketahui

Apakah anda mengetahui pengertian atau arti dari LDR yang sebenarnya? Kadangkala, kita sering mendengar kata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *