Home / Jaringan / Internet / Arti Dari Website Dan beberapa Contoh serta Jenisnya

Arti Dari Website Dan beberapa Contoh serta Jenisnya

Kata website seringkali kita sebut dengan istilah web. Lantas, apa arti dari website tersebut? Website merupakan sejumlah kumpulan dari halaman yang berisi sejumlah informasi berupa gambar diam maupun bergerak, data, data animasi, teks, video maupun suara, bahkan gabungan di antara semuanya, baik itu yang memiliki sifat dinamis maupun statis dimana halaman tersebut membentuk sebuah rangkaian bangunan yang didalamnya saling berhubungan dimana masing-masing dari halaman tersebut dikaitkan dengan hyperlink atau jaringan halaman.

Arti Dari Website Dan beberapa Contoh serta Jenisnya

Arti Dari Website

Website juga bisa diartikan sebagai sebuah kumpulan dari sejumlah halaman situs yang mana sudah dirangkum pada sebuah domain maupun subdomain, di mana lebih pastinya ada pada World Wide Web atau WWW yang tentunya sudah ada di dalam internet.

Halaman pada website rata-rata adalah dokumen yang dibuat dengan menggunakan format html atau hypertext markup language dan dapat diakses lewat http. Http itu sendiri merupakan sebuah protokol yang berfungsi guna menyampaikan sejumlah informasi yang berasal dari server web guna bisa ditampilkan oleh user maupun pengguna lewat web browser.

Macam-Macam Atau Jenis Website

Macam-macam atau jenis website terbagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Radio Streaming

1. Website statis

Website statis merupakan sebuah website yang memiliki halaman yang tetap serta tidak bisa diubah-ubah. Artinya yakni, guna merubah bagian dari sebuah halaman maka hanya dapat dikerjakan dengan cara manual, yaitu dengan melakukan pengeditan sejumlah kode yang menjadi kode sumber dari website itu sendiri.

2. Website dinamis

Website dinamis merupakan sebuah website yang mana strukturnya memang ditujukan untuk bisa di-update sesering mungkin. Rata-rata, selain bisa dengan mudah diakses oleh setiap user atau penggunanya, juga sudah Tersedia halaman backend yang digunakan untuk melakukan pengeditan dari isi atau konten website tersebut. Salah satu contoh dari website dinamis yaitu website berita yang mana didalamnya Sudah ada fasilitas berita serta bagian yang dipakai untuk mengedit konten berita tersebut.

3. Website interaktif

Website interaktif merupakan sebuah website yang sekarang ini memang sangat terkenal. Salah satu contoh dari website interaktif yaitu blog dan forum. Pada jenis website tersebut, maka setiap pengguna dapat bisa saling berinteraksi dan juga bisa saling berargumen tentang apa yang menjadi pikiran masing-masing.

Manfaat adanya website

Sejumlah manfaat dari website tentunya bisa dinikmati oleh setiap penggunanya. Dengan adanya website, maka akan didapatkan beberapa manfaat, diantaranya adalah:

  1. Mampu untuk memperluas area jangkauan promosi sebuah produk dimana, dengan mempunyai website maka tentunya produk barang maupun jasa yang kita miliki dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas, khususnya adalah para pemakai internet.
  2. Dapat dijadikan sebagai media Tanpa Batas. Hal tersebut dikarenakan internet merupakan salah satu media informasi yang memiliki sifat Tanpa Batas. Dengan mempunyai website, maka artinya kita memiliki karyawan dengan jumlah banyak guna mempromosikan produk barang dan jasa kita selama 24 jam nonstop. Artinya pula bahwa website tersebut akan selalu memberikan informasi untuk calon konsumen dalam durasi 24 jam nonstop juga.
  3. Promosi yang sangat luas karena internet merupakan salah satu media promosi paling luas di seluruh dunia apabila dilihat dari jangkauan area yang dimilikinya.
  4. Sebagai salah satu media untuk mengenalkan perusahaan. Apabila kita mempunyai sebuah perusahaan, maka tentunya akan lebih mudah bagi kita untuk mengenalkan perusahaan tersebut menggunakan website. Hal tersebut dilatarbelakangi karena area jangkauan dari internet yang cukup luas serta penggunanya yang sangat banyak sehingga pada akhirnya perusahaan yang kita miliki akan lebih dikenal oleh banyak orang dan pada akhirnya bisa mendatangkan calon konsumen yang banyak pula lewat website tersebut.
Baca Juga:   Cara Menjalankan Web Browser

Beberapa macam alamat atau domain website

Berikut ini adalah sejumlah domain dari website yang sering kita temukan di internet, yakni:

  1. .web.id dimana domain tersebut rata-rata dipakai untuk badan usaha, organisasi maupun perseorangan yang beraktivitas di Word Wide Web
  2. .sch.id merupakan sebuah domain dimana pemain tersebut digunakan spesial untuk lembaga pendidikan baik itu SMK,SMA, SMP serta SD
  3. .war.net.id merupakan domain yang digunakan oleh industri warnet atau warung internet yang ada di wilayah Indonesia
  4. .or.id merupakan domain yang digunakan oleh seluruh organisasi, namun tidak termasuk beberapa domain seperti.ac.id,.co.id,.co.id,.co.id.
  5. .ac.id digunakan oleh lembaga pendidikan perguruan tinggi
  6. .go.id digunakan oleh lembaga pemerintahan Republik Indonesia
  7. .co.id rata-rata dipakai oleh Badan Usaha yang mempunyai badan usaha secara sah

Demikianlah ulasan singkat mengenai arti dari website secara umum yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda membaca ulasan diatas maka tentunya anda lebih mengenal dengan istilah website sehingga pada akhirnya Anda bisa berkreasi untuk membuat Website sendiri dengan domain sendiri. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Radio Online

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Google Lengkap Dengan Beberapa Contoh Produknya

Arti Dari Google Lengkap Dengan Beberapa Contoh Produknya

Dari sekian banyak pengguna internet, ada yang sudah memahami arti dari Google, namun ada juga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *