Home / Jaringan / Internet / Arti Dari WWW Dalam Dunia Website

Arti Dari WWW Dalam Dunia Website

Apakah anda memahami arti dari WWW pada sebuah website? Mungkin saja, istilah WWW cukup menggelitik bagi kita yang baru saja mengenal teknologi internet. Memang, kata WWW pastinya sudah sering kita temukan pada saat kita Berselancar Di Internet. Hal tersebut dikarenakan pada saat kita hendak membuka salah satu alamat website, misalnya adalah Google, maka tentunya kita perlu untuk mengetikkan WWW, lalu diikuti dengan mengetikkan google.com.

Arti Dari WWW Dalam Dunia Website

Walaupun kita dapat mengetikkan pula google.com dengan cara langsung serta mendapatkan halaman yang sama ketika kita memakai WWW. Akan tetapi, barangkali kita juga tetap untuk belajar memahami arti dari WWW itu sendiri. Jadi, Apakah yang dimaksud dengan WWW tersebut? Ada beberapa pengertian atau definisi dari WWW. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulasnya untuk anda.

Arti Dari WWW Dalam Dunia Website

Kita awali dari pendapat yang pertama di mana arti dari WWW merupakan sebuah ruang data atau informasi yang digunakan sebagai proses pengenal Global guna bisa mengidentifikasi sejumlah sumber daya yang bermanfaat. Proses pengenalan dari sumber daya global tersebut dinamakan url atau uniform resource identifier.

Pada pendapat tersebut, tentunya kita juga dapat menemukan bahwa yang dimaksud dengan WWW seringkali dianggap sama dengan teknologi internet secara umum. Walaupun sebenarnya WWW adalah salah satu bagian dari internet tersebut. Pendapat yang pertama tentang pengertian dari WWW diatas mungkin terlalu sulit atau berat untuk dipahami. Oleh sebab itu, maka Mari kita bahas pendapat yang kedua tentang arti dari WWW.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Internet dan Manfaatnya

Pendapat yang kedua tentang arti dari WWW Yaitu sebagai salah satu bagian dan fasilitas di internet yang mana menawarkan sejumlah kemudahan dan kecanggihan. Pendapat yang kedua ini Tentunya lebih mudah untuk dipahami, akan tetapi memiliki identifikasi yang dangkal di dalam proses menjabarkan arti dari WWW. Guna memperoleh pemahaman yang jauh lebih luas tentang arti dari WWW., maka tentunya kita bisa mempelajari dari singkatan WWW tersebut.

Kepanjangan dari WWW

Mungkin, diantara kita memang bertanya-tanya, Apakah kepanjangan dari WWW tersebut? Kepanjangan dari WWW yaitu World Wide Web. Tentunya kita sudah paham bahwa kata World Wide Web merupakan kata dari bahasa Inggris. Apabila kita Terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka kata tersebut memiliki arti jaringan dunia maya.

Sejarah dari WWW

Dari sejumlah sumber yang ada di internet maka kita dapat memperoleh informasi bahwa sejarah dari WWW berasal dari sebuah program yang dibuat oleh tim berners-lee di tahun 1991. Berdasarkan artikel yang pernah saya baca, bahwa diawal berners-lee sebenarnya hanya memiliki keinginan guna mendapatkan teknik atau metode untuk menyusun sejumlah arsip risetnya. Untuk mengerjakan hal tersebut, maka dia mencoba untuk melakukan pengembangan kepada sebuah sistem guna melengkapi kebutuhan pribadinya.

Sistem tersebut merupakan sebuah piranti lunak atau software yang diberikan nama Equire. Tentunya, dengan menggunakan piranti lunak tersebut, berners-lee berhasil membuat jaringan yang berhubungan di antara sejumlah arsip yang mana hal tersebut akan memberikan kemudahan informasi yang diperlukan. Hal inilah yang selanjutnya dijadikan sebagai pedoman dan dasar pada sebuah revolusi yang lebih dikenal dengan istilah web.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

WWW itu sendiri mulai dikembangkan pertama kalinya di CERN atau pusat penelitian fisika partikel yang ada di Eropa, Swiss dan Jenewa. Selanjutnya, di tahun 1989, berners-lee kembali membuat proposal guna pembuatan proyek hypertext yang memiliki sifat Global. Selanjutnya, di tahun 1990 di bulan Oktober, WWW atau word Wide Web sudah dapat dijalankan di dalam lingkungan CERN. Pada tahap berikutnya, di tahun 1991 tepatnya di musim panas, WWW secara resmi dipakai secara luas di jaringan internet.

Manfaat atau fungsi WWW

Fungsi atau manfaat dari WWW yakni menyediakan informasi dan data guna bisa dipakai secara bersama-sama. WWW dibuat dengan tujuan guna menyediakan sebuah bentuk proses penyediaan informasi yang ada di internet yang mana memungkinkan setiap pengguna internet memperoleh serta menampilkan informasi dan data tersebut di mana saja pada jaringan internet dengan cepat dan mudah.

Apabila kita bisa mempelajari dengan lebih lanjut, WWW adalah sebuah kumpulan dokumen yang sudah tersimpan di dalam sebuah server web. Sebagai tambahan informasi bahwa server website tentunya tersebar di seluruh penjuru dunia. Di negara Indonesia juga sudah memiliki server internet. Sejumlah dokumen tentunya dibuat dan disimpan dengan menggunakan format hypertext markup language atau html. Sebuah dokumen informasi tentunya bisa terdiri dari teks dan tentunya saling dikaitkan dengan teks yang lainnya atau dengan dokumen yang lainnya, misalnya adalah gambar, video dan juga suara.

Baca Juga:   Arti Dari Google Lengkap Dengan Beberapa Contoh Produknya

Hubungan atau keterkaitan antar halaman menggunakan teks tersebut dikenal dengan istilah link atau hyperlink atau tautan. Bahkan, ada pula yang yang menyebutkan dengan istilah peran Allah di dalam bahasa Indonesia.

Dokumen dari word Wide Web atau WWW

Sebagaimana yang sudah dibahas di bagian depan bahwa sebuah dokumen yang disusun dengan menggunakan HTML adalah dokumen di WWW. Bisa menampilkan dan mengakses dokumen WWW tersebut, maka pengguna internet wajib memakai aplikasi atau program yang dikenal dengan sebutan web browser. Tentunya, materi tentang web browser Bukanlah materi yang terlalu sulit untuk dipahami.

Kesimpulan dari arti kata WWW

Tentunya, kita tidak bisa memungkiri bahwa WWW merupakan bagian yang sangat menarik di dunia Internet. Dengan menggunakan web atau website, maka setiap pemakai bisa mengakses sejumlah data dan informasi yang mana bisa berupa video, gambar, teks, suara, dan sejumlah informasi yang lainnya. Jadi, maka bisa disimpulkan bahwa arti dari WWW merupakan sekelompok dokumen yang mana saling berkaitan atau bertautan. Setiap pemakai atau pengguna tentunya dapat berpindah dari dokumen yang satu ke dokumen yang lainnya dengan cukup mudah hanya memanfaatkan link atau hyperlink atau tautan.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai arti dari WWW yang sebenarnya. Mudah-mudahan, sedikit informasi di atas mengenai penjabaran dari WWW bisa berguna dan bermanfaat bagi pengunjung sekalian di dalam menambah informasi dan pengetahuan umum tentang WWW di dunia Internet. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Internet dan Perkembangannya

Arti Dari Internet dan Perkembangannya

Kadangkala kita masih dibingungkan dengan arti dari internet serta perkembangan dari internet itu sendiri walaupun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *