Home / Pendidikan / Aturan dalam lingkungan sekolah

Aturan dalam lingkungan sekolah

Sekolah merupakan salah satu tempat belajar di mana peserta didik bisa menuntut ilmu dengan beragam mata pelajaran. Sekolah yang baik tentunya memiliki aturan yang baik pula. Semakin berkualitas sekolah, biasanya aturan-aturan yang dimiliki oleh sekolah juga akan semakin berkualitas. tujuan adanya aturan dalam lingkungan sekolah tentunya bertujuan untuk mengatur seluruh warga sekolah supaya memiliki tindakan dan tingkah laku yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

Aturan dalam lingkungan sekolah

Dengan adanya aturan dalam lingkungan sekolah, maka seluruh warga sekolah baik guru, karyawan, siswa, serta warga sekolah yang lainnya akan selalu mengikuti aturan-aturan yang ada Sehingga nantinya tercipta sebuah kondisi yang tetap terjaga sehingga pada akhirnya akan membuat kegiatan pembelajaran secara umum bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Secara umum, segala macam peraturan dan tata tertib yang ada pada lingkungan sekolah tentunya dibuat secara tertulis dan disusun oleh sekolah. Di dalam proses penyusunan aturan dalam lingkungan sekolah juga kadangkala dilakukan dengan cara dirapatkan dengan beberapa pihak sekolah, mulai dari kepala sekolah sampai wakil kepala sekolah, hingga bagian bimbingan konseling. Dengan adanya banyak unsur penyusun aturan dalam lingkungan sekolah maka akan membuat aturan tersebut semakin berkualitas dan bisa mengikat pada semua bagian.

Baca Juga:   Cara Diskusi Yang Baik dan benar

Bahkan sebenarnya apa aturan dalam lingkungan sekolah bukan hanya mencakup aturan aturan yang Harus dipatuhi oleh siswa namun juga oleh guru dan karyawan yang ada. Tentunya, siapa pun yang melanggar aturan dalam lingkungan sekolah tersebut baik dari siswa maupun dari guru dan karyawan akan tetap dikenakan sanksi. Walaupun sebenarnya aturan-aturan dalam lingkungan sekolah tersebut lebih mengikat ke siswa dibandingkan dengan ke guru.

sejumlah sanksi juga tentunya bisa diberikan kepada siswa yang melanggar aturan aturan yang sudah diperlakukan. Salah satu contohnya ketika seorang siswa membawa senjata tajam ke sekolahan atau melakukan sejumlah tindakan kekerasan di sekolahan terhadap siswa yang lainnya tentu bisa mengakibatkan siswa tersebut dikembalikan ke orang tua atau dengan bahasa lain dikeluarkan dari sekolah.

Contoh aturan dalam lingkungan sekolah

Lalu, Seperti apa contoh aturan dalam lingkungan sekolah? di bawah ini adalah beberapa contoh Aturan dalam lingkungan sekolah yang bisa Anda coba cermati dan pahami, barangkali bisa diambil dan dimodifikasi untuk diterapkan pada sekolah di mana anda bekerja.

  1. Setiap hari Senin sampai dengan hari Sabtu, siswa Wajib hadir ke sekolahan
  2. sebelum jam pembelajaran dimulai, siswa harus datang paling lambat 5 menit
  3. mengerjakan seluruh tugas piket berdasarkan jadwal yang sudah dibuat oleh wali kelas
  4. wajib untuk meminta izin terlebih dahulu kepada guru yang sedang mengajar apabila hendak izin ke WC atau ke tempat lainnya
  5. wajib untuk menjaga kebersihan dinding dan tidak boleh mencorat-coret nya
  6. tidak diperkenankan untuk menggunakan perhiasan yang berlebihan pada saat ke sekolah
Baca Juga:   Cara Menjadi Orang Pintar Di Sekolah

seperti yang kita ketahui bersama bahwa sebuah sistem pendidikan di sekolahan akan berjalan dengan baik manakala aturan-aturan yang ada juga dilaksanakan dengan baik. Oleh sebab itulah, Mari kita melaksanakan segala aturan dalam lingkungan sekolah supaya kondusifitas kegiatan di sekolah baik dari sisi kurikulum kesiswaan maupun humas bisa berjalan dengan baik dan lancar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Contoh Peraturan Akademik SD

Contoh Peraturan Akademik SD

Contoh peraturan akademik SD yang akan saya ulas Pada kesempatan kali ini merupakan peraturan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *