Home / Umum / Pola Pikir / Bagaiamana Melakukan Perubahan Pola Pikir

Bagaiamana Melakukan Perubahan Pola Pikir

Bagaimana melakukan perubahan pola pikir seseorang? Apakah pola pikir seseorang bisa berubah? Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang misterius jawabannya. Tidak terlalu banyak yang bisa diketahui bagaimana proses perubahan pola pikir dari manusia itu sendiri. Yang bisa terlihat hanyalah dari sisi efek dari perubahan tersebut. Istilah lainnya bahwa bagaimana orang bertindak serta berkata-kata di dalam kehidupan sehari-hari ini adalah sebagai bentuk dari proses perubahan mindset yang terjadi. Akan tetapi, Bagaimana perubahan pola pikir terjadi tetap menjadi sebuah misteri tersendiri.

Bagaiamana Melakukan Perubahan Pola Pikir

Bagaiamana Melakukan Perubahan Pola Pikir

Sementara itu, perubahan mindset dibagi menjadi dua, yaitu deformatif atau buruk dan reformatif atau baik. Perubahan pola pikir reformatif atau perubahan pola pikir yang baik merupakan sebuah mindset yang menunjukkan tren reformatif, di mana semakin lama, akan semakin kelihatan hasil yang baik dari kehidupan masing-masing orang.

Sebagai contohnya, seseorang yang awalnya mudah tersinggung, sekarang ini sudah tidak mudah lagi untuk tersinggung. Seseorang yang awalnya suka sekali marah, sekarang ini jarang sekali marah. Seseorang yang tadinya terlalu banyak bicara namun tidak ada tindakan, sekarang ini ada keseimbangan antara tindakan dengan ucapan. Seseorang yang tadinya suka iri hati,nya sekarang ini sudah tidak lagi.

Seseorang yang awalnya suka berbicara kasar, sekarang ini bisa Sekarang ini bisa berbicara dengan sopan dan lemah lembut. Seseorang yang tadinya sering datang terlambat, sekarang ini sudah bisa datang tepat pada waktunya. Seseorang yang tadinya takut untuk dipecat, sekarang ini sudah tidak takut lagi untuk dipecat. Seseorang yang tadinya bersifat pengecut, sekarang ini sudah memiliki sifat pemberani.

Baca Juga:   Inilah 15 Pola Pikir Orang Kaya

Seseorang yang tadinya malas untuk bekerja, sekarang ini sudah bisa rajin untuk bekerja. Seseorang yang tadinya selalu ingin mengejar jabatan, sekarang ini malah berubah menjadi orang yang ingin melayani. Seseorang yang tadinya hanya ingin mencari untung, sekarang ini sudah bisa berbagi dan tentunya tidak takut mengalami kerugian.

Begitu juga sebaliknya, perubahan deformatif yaitu sebuah perubahan yang mana perubahan tersebut mengarah ke hal yang lebih buruk. Sebuah tren perubahan menuju proses pembusukan baik dari sisi ucapan, pemikiran maupun tindakan. Salah satu contohnya adalah seseorang yang awalnya suka berbicara lengkap dengan tindakannya, sekarang ini semakin suka berbicara namun tidak diikuti dengan tindakan nyata.

Contoh lainnya adalah yang awalnya senang untuk berdebat, sekarang ini cenderung lebih senang berteman dengan diimbangi dengan emosi yang berlebihan. Seseorang yang awalnya semangat bekerja, sekarang ini motivasi bekerja nya berkurang. Seseorang yang awalnya rajin bekerja, sekarang ini menjadi malas bekerja. Seseorang yang awalnya sering bersyukur, sekarang ini Justru malah sering mengeluh.

Adanya fenomena perubahan pola pikir deformatif tersebut juga tentunya dapat mengambil sebuah bentuk seperti sulit menerima nasehat, suka membantah, sulit berkomunikasi, sulit mendengarkan orang lain, memilih sikap dan inginnya menang sendiri, selalu menyalahkan orang lain serta tidak bisa menahan serta mendengar kritikan-kritikan yang masuk ke dalam dirinya.

Baca Juga:   Cara Membuka Pola Pikir Orang Lain Dengan Memahami Ciri Orang Sukses

Lantas, Apa prasarat perubahan pola pikir yang reformatif?

Terdapat cukup banyak prasarat supaya terjadi perubahan reformasi. Prasyarat reformatif merupakan proses masuknya sejumlah informasi yang baik ke dalam pikiran seseorang. Kesimpulannya adalah proses masuknya pemikiran yang baik ke dalam pikiran manusia. Informasi-informasi yang baik tentunya belum tentu bisa memperoleh sambutan yang hangat dari penghuni pikiran yang sudah ada sejak lama. Adanya sejumlah persaingan diantara pemikiran yang lama dengan pemikiran yang baru. Tentunya akan terjadi saling Aduh diantara kedua belah pihak dan masing-masing akan selalu berusaha untuk bisa memasuki ruangan ruangan kosong yang ada di dalam pikiran. Ketika ada sebuah ruangan yang ternyata sudah dikuasai oleh pikiran Lama Maka tentunya pemikiran yang baru bisa memakai segenap kekuatannya untuk bisa mengusir penghuni yang lama.

Demikian juga sebaliknya, ketika penghuni lama terusik dengan kedatangan penghuni baru, maka ia juga akan berupaya sebisa mungkin guna mempertahankan wilayahnya untuk bisa selama mungkin di dalam pikirannya, dia tidak akan menyerah wilayahnya kepada penghuni baru.

Ketika sudah masuk kedalam waktunya, maka mau tidak mau memikiran buruk dapat digantikan oleh pemikiran yang baik. Ketika sejumlah informasi yang baik terus masuk ke dalam pikiran, matang pemikiran yang buruk lama-kelamaan dapat tersingkir. Apabila pemikiran buruk tersebut sudah tersingkir, maka ia akan selalu mengintai serta mengintip Kapan waktu yang paling baik untuk dapat masuk kembali ke dalam pikiran. Akan tetapi, tahapan perubahan reformatif tidak akan selalu bisa terjadi. Dapat pulang pemikiran lama bisa bertahan dan pemikiran baru tertolak. Kondisi benteng pemikiran buruk sudah cukup tokoh yang mana pemikiran baik mau tidak mau harus menunggu waktu yang cukup lama supaya dapat menyelinap dengan cara perlahan maupun tiba-tiba masuk karena adanya sebuah keajaiban. Kesimpulannya adalah pemikiran yang baik belum tentu bisa diterima oleh pikiran manusia.

Baca Juga:   Pola Pikir Yang Baik Yang Perlu Terus Dikembangkan

Kita tidak bisa heran Ketika kita melihat adanya sebuah perubahan yang ada pada seseorang yang awalnya baik di mana anda memiliki kekaguman kepadanya, sekarang ini Justru Anda geleng-geleng kepala dengan melihat pola kehidupannya yang menyedihkan. Begitu sebaliknya mungkin saja Anda memiliki kekaguman kepada orang yang awalnya Anda pikir tidak berguna apa ya justru Sekarang Anda kagum terhadap adanya perubahan yang baik yang terjadi di dalam dirinya. Tentunya banyak terdapat misteri di balik sejumlah perubahan pola pikir manusia.

Itulah sejumlah penjabaran mengenai bagaimana melakukan perubahan pola pikir yang baik dan benar. Proses mengubah pola pikir tidaklah bisa dilakukan dengan mudah dan dalam waktu yang singkat. Dibutuhkan waktu cukup lama supaya proses pemikiran yang baik bisa mengalahkan proses pemikiran yang buruk. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Inilah 15 Pola Pikir Orang Kaya

Inilah 15 Pola Pikir Orang Kaya

Di negara Australia, terdapat wanita yang cukup memiliki kekayaan melimpah di dunia, yakni Gina rinehart …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *