Home / Otomotif / Mobil / Bagaimana Cara Mengendarai Mobil Matic

Bagaimana Cara Mengendarai Mobil Matic

Apakah anda mengetahui bagaimana cara mengendarai mobil matic? Sebelum kita membahas Bagaimana cara mengendarai mobil matic, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu Seperti apa sebenarnya mobil matic. Sebenarnya, secara umum jenis mobil ada dua, yaitu mobil yang menggunakan transmisi matic dan mobil yang menggunakan transmisi manual. Secara umum, antara mobil bertransmisi matic dan mobil bertransmisi manual sama-sama mempunyai pedal dan kemudi. Letak perbedaannya yaitu mobil matic hanya mempunyai dua pedal, yaitu pedal rem dan pedal gas. Sementara itu, mobil manual memiliki 3 pedal, yaitu pedal rem, pedal kopling dan pedal gas.

Bagaimana Cara Mengendarai Mobil Matic

Secara umum, mengendarai mobil manual hampir sama dengan mengendarai mobil matic. Bagian paling dasar yang membedakan antara mengendarai mobil matic dengan mengendarai mobil manual adalah pada bagian kopling dan juga pada bagian perseneleng dimana pengendara mobil matik tidak perlu memindah posisi persneling karena perpindahannya dilakukan secara otomatis.

Pada jenis mobil matic, proses penyesuaian kecepatan pada putaran tinggi akan dilakukan secara otomatis. Hal tersebut terjadi karena munculnya gaya dorong yang berasal dari berat mobil sehingga akan berakibat pada percepatan yang serba otomatis .

Baca Juga:   Cara Mengendarai Agya Matic Dengan Mudah

Bagaimana cara mengendarai mobil matic?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut Berikut ini akan saya sampaikan beberapa langkah yang bisa anda praktekan di dalam mengendarai mobil matic khusus untuk para pemula.

  1. Pada saat Anda hendak memulai menggunakan mobil matic, langkah pertama silahkan anda injak bagian pedal rem, Lalu lanjutkan dengan menggeser bagian tuas transmisi ke posisi D supaya mobil bisa bergerak maju. Sementara itu, apabila anda menginginkan mobil matic bergerak mundur, maka anda bisa memindah tuas transmisi ke posisi R. Anda cukup menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.
  2. Begitu Anda selesai di dalam memindah tuas transmisi, silahkan anda lepas bagian pedal rem yang sebelumnya sudah anda injak tadi, lalu diikuti dengan melepaskan bagian rem tangan atau hand rem.
  3. Setelah anda memastikan bahwa posisi hand rem atau rem tangan sudah dalam kondisi terbuka, secara perlahan-lahan silahkan anda injak pedal gas. Injak lah secara perlahan saja, jangan lakukan terlalu dalam atau secara mendadak. Menginjak pedal gas yang terlalu dalam atau dilakukan secara mendadak akan sangat membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.
  4. Di depan Anda ada tanjakan? Anda tidak perlu panik, cukup memindah tuas transmisi ke posisi L/1 saja. Posisi tuas tersebut merupakan posisi transmisi yang paling bawah Sehingga nantinya mobil bisa menanjak dengan cukup mudah.
  5. Apabila anda hendak memarkir mobil matic, silahkan anda pindah posisi tuas transmisi yang semula dari posisi D ke posisi P. Fungsi memindah posisi transmisi ke posisi P pada saat Anda parkir adalah supaya Anda bisa mencabut kunci kontak mobil anda.
  6. Sebagai pemula, belajar mengendarai mobil yang memakai transmisi matic tentunya lebih mudah dibandingkan dengan belajar mengendarai mobil yang menggunakan transmisi manual. Hal tersebut dikarenakan kaki kiri tidak digunakan, namun hanya memakai kaki kanan saja yang berguna untuk menginjak bagian pedal gas dan bagian badan.
  7. Pada beberapa jenis mobil matic, walaupun posisi pedal gas tidak dalam keadaan diinjak rata-rata gas sudah cukup besar. Oleh sebab itulah, ketika bagian tuas persneling dipindah ke posisi D, rata-rata mobil sudah dapat mulai bergerak walaupun secara perlahan. Sebagai pengaman, mesin mobil belum bisa dihidupkan apa bilang pedal rem tidak diinjak.Pengaman yang berikutnya adalah bagian pedal rem harus tetap dalam kondisi diinjak walaupun mesin mobil matic sudah dalam keadaan hidup. Apabila hal tersebut tidak dilakukan, maka bagian tuas persneling tidak bisa digeser ke posisi D dari posisi P.
  8. Begitu mobil matic yang anda kendarai mulai bergerak, silahkan anda Konsentrasikan hanya pada proses mengemudi, gas dan rem saja. Proses mengemudi mobil matic tentunya tidak membutuhkan kopling dan juga melepas injakan kopling pada saat hendak menurunkan gigi maupun menaikkan gigi seperti yang dilakukan pada proses mengemudi mobil bertransmisi manual.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil

Demikianlah tutorial singkat bagaimana cara mengendarai mobil matic yang baik dan benar serta aman. Anda bisa mulai belajar mengemudi mobil matic karena prosesnya jauh lebih sederhana dibandingkan dengan mengendarai mobil manual. Namun demikian, apabila anda memulai belajar menggunakan mobil bertransmisi manual, Ketika anda beralih ke mobil matic maka anda tidak akan mengalami kesulitan. Terima kasih dan selamat belajar semoga sukses .

Artikel menarik lainnya

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Pada artikel yang lain Saya sudah pernah membahas tentang komponen motor DC dan juga komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *