Home / Tips dan Trik / Bagaimana Cara Mengukur Tinggi Badan Dan Berat Badan

Bagaimana Cara Mengukur Tinggi Badan Dan Berat Badan

Berat badan dan tinggi badan adalah salah satu variabel yang cukup banyak dipakai pada proses penentuan status kesehatan dan status gizi masing-masing orang. Dengan mengerjakan proses pengukuran variabel yang dimaksud dengan benar, maka bisa meminimalisir error atau bias yang di dapat. Kadangkala, seorang manusia dapat melakukan suatu kesalahan interpretasi dan diagnosa Jika data yang dipakai tidak didapat dengan teknik yang sesuai. Untuk itulah, Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengulas bagaimana melakukan pengukuran sejumlah variabel, khususnya adalah bagaimana cara mengukur tinggi badan dan berat badan.

Bagaimana Cara Mengukur Tinggi Badan Dan Berat Badan

Bagaimana cara mengukur tinggi badan dan berat badan?

Sebenarnya, Tidaklah terlalu sulit untuk melaksanakan pengukuran tinggi badan dan berat badan. Hanya saja, sebagian orang masih merasa bingung untuk mendapatkan kedua variabel tersebut dengan valid dan tepat. Silakan anda Simak langkah demi langkah mengukur tinggi badan dan berat badan.

1. Cara mengukur tinggi badan

Teknik berdiri yang benar serta pemakaian alat ukur yang sesuai dengan rangka tubuh merupakan sejumlah hal yang wajib mendapat perhatian pada saat melakukan pengukuran tinggi badan. Tentunya, sejumlah anak sudah bisa berdiri dengan tegak dan orang dewasa secara umum diukur memakai stature meter atau microtoise Dan juga Shortboard. Di bawah ini adalah cara mengukur tinggi badan dengan benar:

Baca Juga:   Cara Mempercepat Booting Windows 7 Dalam 3 Langkah
  • Tahap pertama, silakan Anda memilih bidang vertikal yang cukup datar, contohnya adalah tembok atau bidang pengukuran yang lainnya yang digunakan untuk tempat meletakkan Alat.
  • Langkah berikutnya, pasanglah microtoise pada tempat tersebut dengan cukup kuat, yakni dengan Cara meletakkan pada bagian dasar lantai atau bidang, lalu silahkan anda tarik bagian dari ujung meteran sampai dengan 2 meter ke bagian atas secara tegak lurus atau vertikal sampai dengan alat Microsoft tersebut menunjukkan pada angka 0.
  • Lanjutkan dengan memasang penguat, misalnya adalah lakban atau paku di bagian ujung microtoise supaya posisi dari alat terpasang kuat dan tidak mudah bergeser. Kondisi tersebut hanya bisa diberlakukan pada Microsoft Office Portable.
  • Silakan Anda minta subjek yang hendak diukur supaya melepas alas kakinya, misalnya adalah kaos kaki dan sepatu, kemudian melonggarkan bagian ikat rambut jika ada.
  • Silakan Anda persilahkan subjek yang hendak diukur untuk bisa berdiri tepat di bagian bawah microtoise.
  • Pastikan pula bahwa subjek sudah berdiri dengan tegak, pandangan subjek sudah lurus ke arah depan, kedua bagian lengan berada di samping, posisi lutut subjek tidak menekuk atau tegak, serta bagian telapak tangan menghadap ke bagian paha/ posisi siap.
  • Berikutnya, Silakan anda Pastikan juga bagian tumit, betis, bokong, punggung dan kepala menempel pada bidang tembok atau bidang vertikal atau bidang dinding serta subjek dalam kondisi relaks.
  • Mulailah untuk menurunkan microtoise sampai menyentuh atau mengenai rambut subjek, akan tetapi dalam posisi tidak terlalu menekan dan tepat dengan kepala serta posisi dari Microsoft Office adalah tegak lurus.
  • Silakan lakukan pencatatan hasil proses pengukuran
Baca Juga:   Cara Menampilkan Foto Di Google Pada Hasil Pencarian

2. Cara mengukur berat badan

Bisa dikatakan bahwasanya berat badan adalah Jumlah mineral tulang, otot, lemak, serta Cairan yang berada pada tubuh manusia. Tentunya, berat badan manusia bisa diketahui dengan sejumlah cara, akan tetapi cara yang cukup sederhana yaitu dengan melakukan proses penimbangan memakai timbangan berat badan yang menggunakan satuan kg atau kg. Alat timbangan berat badan yang dipakai bisa berupa timbangan jarum ataupun timbangan digital. Selanjutnya, kegiatan penimbangan berat badan pada orang dewasa bisa dikerjakan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Taruhlah alat timbangan berat badan pada tempat yang datar. Sebelum memulai proses penimbangan, diharuskan timbangan jarum atau digital dikalibrasi lebih dahulu memakai berat yang standar. Apabila hasil yang didapat sudah sesuai, maka alat timbangan tersebut bisa dipakai. Berat standar bisa memakai air mineral yang ada pada botol kemasan 1,5 liter sejumlah 4 buah di mana berat jenis air yaitu 1 gram setiap ML, sehingga hasil dari proses pengukuran yang didapat akan menunjukkan angka 6 kg. Tentunya Anda bisa memakai benda yang lainnya yang mempunyai berat standar, misalnya adalah dumbell 5 kg.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Kenari Panjang

Setelah kondisi alat siap, silakan Anda minta kepada subjek untuk melepas alas kaki baik berupa kaos kaki maupun sepatu, beberapa aksesoris yang dipakai misalnya adalah kacamata, kalung, gelang, cincin, jam dan lain sebagainya yang mempunyai berat maupun sejumlah barang yang dibuat dari bahan logam, serta pakaian luar misalnya adalah jaket. Ketika melakukan proses penimbangan, alangkah baiknya subjek memakai pakaian yang seringan ringannya guna mengurangi eror atau bias ketika pengukuran sedang dilakukan.

Tahap berikutnya, silakan Anda minta kepada subjek untuk menaiki alat timbangan berat badan, lalu berdiri Dengan posisi yang tegak di bagian tengah timbangan, dan pandangan lurus ke arah depan. Pastikanlah bahwa subjek dalam kondisi tidak bergerak-gerak dan se rileks mungkin. Di bagian akhir, lakukan proses pencatatan hasil pengukuran berat badan dengan menggunakan satuan kg atau kg.

Demikianlah Uraian singkat tentang bagaimana cara mengukur tinggi badan dan berat badan yang dapat saya Uraikan pada kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan, Uraian singkat diatas bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita sekalian pada saat hendak melakukan pengukuran tinggi badan dan berat badan sehingga mendapatkan hasil yang valid. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Tinggi Badan

Cara Mengukur Tinggi Badan Tanpa Alat Ukur Pada Wanita Dan Pria

Masing-masing wanita tentang mengharapkan untuk bisa tumbuh lebih tinggi secara maksimal. Seorang wanita yang mempunyai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *