Home / Pendidikan / Bagaimana Cara Menjadi Pintar Di Sekolah

Bagaimana Cara Menjadi Pintar Di Sekolah

Bagaimana cara menjadi pintar di sekolah merupakan sebuah cara yang banyak dipikirkan oleh orangtua untuk bisa diterapkan kepada anak-anaknya. Tentunya, rahasia supaya anak bisa cerdas serta berprestasi di bangku sekolah menjadi salah satu poin utama yang sering sekali masuk ke dalam pembahasan para orangtua, terutama bagi mereka yang kebetulan putra-putrinya tidak terlalu cerdas. Sejumlah kegiatan tentunya dilakukan oleh setiap orang tua dengan tujuan supaya putra-putri yang mereka sekolah kan bisa mendapatkan sebuah prestasi yang membanggakan baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Bagaimana Cara Menjadi Pintar Di Sekolah

Tentunya, akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri apabila cita-cita orang tua memiliki anak pintar terlaksana. Berbagai macam dukungan tentunya dilakukan oleh orang tua kepada anaknya supaya anak-anak mereka bisa lebih rajin di dalam menuntut ilmu. Ada berbagai macam hal yang perlu dipelajari ketika orangtua mendidik anak supaya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Berbagai macam hal sebagai bagian dari Bagaimana cara menjadi pintar di sekolah akan saya bahas Pada kesempatan kali ini sebagai bagian dari sumbangsih saya berbagi ilmu dan pengalaman Bagaimana cara menjadi pintar di sekolah.

Bagaimana cara menjadi pintar di sekolah

Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa Anda coba praktekkan kepada anak anda bisa memiliki prestasi di sekolah:

Baca Juga:   Cara Menjadi Orang Pintar Di Sekolah

1. Gemar membaca buku

Salah satu sumber terbaik di dalam memperoleh ilmu adalah rajin membaca buku. Bahkan, ada pepatah mengatakan bahwa membaca adalah jendela dunia. Hampir seluruh ilmu pengetahuan ada di dalam buku, sehingga apabila anda rajin di dalam membaca buku, maka tentunya berbagai macam ilmu akan anda dapatkan. Buku-buku yang perlu anda pelajari bukanlah sebatas hanya buku pelajaran saja, namun juga buku yang membahas tentang hubungan sosial dan ilmu pengetahuan.

2. Rajin mengikuti kegiatan menulis dan menggambar

Apakah anak Anda sering melakukan corat-coret di tembok rumah? Janganlah dilarang, namun fasilitasi anak anda dengan media lain supaya kemampuan di dalam menggambar semakin terasa. Sediakan media gambar yang cukup luas sehingga tembok yang sebelumnya digunakan sebagai media gambar bisa tergantikan dengan media lainnya.

Selalu Arahkan anak anda untuk bisa menuangkan kreativitas menggambar pada buku gambar yang anda sediakan. Berikan larangan kepada Anda Anda pada saat benda melakukan corat-coret kembali di tembok, namun tentunya dengan langsung mengarahkan supaya bisa menuangkan bakat dan kreativitas yang dimiliki ke media yang sudah anda sediakan. Tentunya, apa bilang kemampuan menggambar serta menulis anak Anda semakin terlatih maka segudang prestasi sudah siap untuk diraihnya.

Baca Juga:   Cara Diskusi Yang Baik dan benar

3. Menambah intensitas belajar

Untuk meningkatkan perkembangan otak anak,-nya salah satu cara yang bisa dilakukan adalah selalu mengarahkan anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh sekolah. Selain itu, sebenarnya pekerjaan sekolah juga bisa diberikan oleh orang tua, jadi tidak harus dari sekolah. Tentunya, PR yang diberikan oleh orang tua haruslah berisi materi yang mengacu pada mata pelajaran yang diberikan di bangku sekolah. Selain mengerjakan PR, belajar kelompok atau belajar bersama dengan teman sebaya juga merupakan salah satu bagian penting yang mampu menumbuhkan semangat di dalam belajar.

4. Lebih awal pada saat berangkat ke sekolah

Salah satu bentuk melatih kedisiplinan siswa adalah dengan berangkat lebih awal ke sekolah dan membiasakan untuk selalu melaksanakan hal tersebut. Jadi, tidak hanya dilakukan sekali dua kali dalam seminggu. Pada saat pulang sekolah pun demikian, berikan saran kepada anak Anda supaya bisa pulang tepat pada waktunya setelah jam kegiatan belajar mengajar selesai. Dengan menerapkan hal tersebut maka tingkat kedisiplinan anak Anda akan semakin baik.

5. Bersama di dalam belajar

Salah satu bagian yang mampu untuk mengeluarkan ide dari masing-masing anak adalah belajar bersama. Selain itu, perkembangan otak juga akan semakin terasah apabila dilakukan belajar bersama. Latihan yang bisa didapat ketika belajar bersama adalah kemampuan di dalam memberikan kritik dan saran serta kemampuan di dalam menerima kritik dan saran tersebut. Belajar bersama ini bisa dilakukan antara orang tua dengan anak atau anak dengan teman sekolahnya.

Baca Juga:   Download Perangkat dan Soal UPK/UKK SMK tahun 2017

6. Belajar bertanya

Berikan saran kepada anak anda untuk bertanya baik kepada guru maupun orang tua ketika mendapatkan sesuatu yang sulit untuk dipecahkan. Apabila di sekolah, tentunya mata pelajaran yang sulit wajib Untuk ditanyakan oleh anak Anda kepada guru pengajar nya. Begitu juga apabila di lingkungan rumah, maka ketika anak mendapatkan sebuah masalah, maka sarankan untuk bisa bertanya secara langsung kepada orang tua. Tanamkan di dalam pola pikir anak anda bahwa Bertanya merupakan salah satu hal yang penting sebagai bagian dari proses belajar.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai bagaimana cara menjadi pintar di sekolah dimana hal tersebut sangat dipengaruhi oleh aktivitas aktivitas harian yang dilakukan baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Dengan mendisiplinkan berbagai macam kegiatan diatas, maka secara pelan namun pasti akan berimbas positif pada anak Anda di mana kemampuan belajar serta kemampuan di dalam mengatasi berbagai masalah akan meningkat. Terima kasih dan selamat mencoba Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Aturan dalam lingkungan sekolah

Aturan dalam lingkungan sekolah

Sekolah merupakan salah satu tempat belajar di mana peserta didik bisa menuntut ilmu dengan beragam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *