Home / Umum / Usaha / Bagaimana Perhitungan Gaji 13 yang benar?

Bagaimana Perhitungan Gaji 13 yang benar?

Sekarang ini, banyak sekali ragam gaji yang bisa diterima oleh karyawan. Salah satunya adalah gaji 13. Bagi yang baru bekerja di instansi, baik swasta maupun pemerintah kadangkala masih bingung Bagaimana perhitungan gaji 13 tersebut. Dengan mengetahui rincian dari perhitungan gaji 13, maka tentunya kita bisa lebih memahami dengan detil unsur-unsur apa saja yang masuk ke dalam perhitungan gaji 13 tersebut.

Bagaimana Perhitungan Gaji 13 yang benar

Untuk itulah Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas Bagaimana perhitungan gaji 13 dengan benar sebagai salah satu bentuk sumbangsih saya sebagai penulis. Informasi yang akan saya ulas Pada kesempatan kali ini bersumber dari website info Kemdikbud yang merupakan website resmi yang menginformasikan besarnya gaji ke 13 dan gaji ke 14 bagi pensiunan dan PNS. Informasi tersebut tentunya sangat baik untuk diketahui bersama.

Berdasarkan informasi yang didapat dari situs info Kemdikbud tersebut bahwa gaji ke-13 dan gaji ke-14 memiliki rencana hendak dicairkan pada bulan Juli. Tentunya, peraturan pemerintah yang berisi mengenai hal tersebut sedang dalam proses harmonisasi di Kemenpan RB.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Air Asia

Secara umum, gaji 13 memang sudah diterima oleh pensiunan dan juga oleh PNS beberapa tahun terakhir ini. Sementara itu, gaji 14 diberikan kepada PNS yang diakibatkan karena ada kenaikan gaji mulai tahun 2016. Perolehan gaji ke-13 didapat ketika anak-anak mulai masuk sekolah. Sementara itu, THR diberikan ketika menjelang hari raya Lebaran. Mungkin, yang menjadi pertanyaan di benak kita semua adalah berapa nominal dari gaji ke-13 dan gaji ke-14 atau yang sering disebut dengan istilah tunjangan hari raya tersebut?

Bagaimana Perhitungan Gaji 13 yang benar?

Berdasarkan informasi yang didapat dari website Kemenpan RB didapat didapat informasi bahwa besarnya gaji ke 13 yaitu sebesar 1 kali gaji pada bulan Juni. Komponen dari gaji ke-13 untuk anggota TNI/ Polri dan juga untuk PNS yaitu meliputi tunjangan keluarga, gaji pokok, tunjangan kinerja, tunjangan jabatan dan juga tunjangan umum. Sementara itu, untuk pejabat negara meliputi tunjangan keluarga, gaji pokok dan tunjangan jabatan.

Khusus untuk gaji ke-13 yang penerimanya adalah pensiunan memiliki komponen diantaranya adalah tunjangan keluarga, pensiun pokok, serta tunjangan tambahan penghasilan. Sementara itu, untuk penerima tunjangan tentunya hanya menerima tunjangan yang disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Hotel

Beralih ke gaji ke 14 atau THR, bahwa besaran gaji ke-14 yang diterima adalah sebesar gaji pokok yang diterima di bulan Juni. Akan tetapi, THR atau gaji ke-14 tersebut bagi penerima pensiunan hanyalah sebesar 50% dari tunjangan pensiunan atau tunjangan pokok di bulan Juni.

Ternyata, cukup banyak perolehan honor yang bisa diterima oleh PNS. Selain gaji bulanan yang mereka terima secara rutin, ternyata ada juga gaji ke-13 dan gaji ke-14 yang bisa mereka dapatkan sebagai bagian dari peningkatan kesejahteraan. Oleh sebab itulah maka tidak heran ketika setiap kali ada lowongan penerimaan calon pegawai negeri sipil, maka akan terdapat banyak sekali pelamaran yang berburu pekerjaan untuk bisa menjadi PNS.

Demikianlah informasi mengenai Bagaimana perhitungan gaji 13 Khusus bagi pensiunan dan PNS. Apa bila anda sudah mendapatkan gaji 13 dan 14 tersebut, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian rezeki anda sebagai zakat ataupun shodaqoh. Mudah-mudahan, ulasan singkat Pada kesempatan kali ini yang membahas Bagaimana cara perhitungan gaji 13 bisa bermanfaat dan berguna bagi anda sekalian, khususnya adalah bagi para PNS yang menerima gaji 13 tersebut. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga:   Perhitungan Gaji Karyawan Koperasi

Artikel menarik lainnya

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Arti Dari Reservasi Pada Beberapa Konteks

Apakah anda mengetahui apa arti dari reservasi? Mungkin saja, sebagian dari Anda yang sedang membaca …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *