Home / Otomotif / Mobil / Beginilah Cara Memperbaiki Accu Kering Mobil Dengan Mudah

Beginilah Cara Memperbaiki Accu Kering Mobil Dengan Mudah

Sebagai pemilik mobil, anda wajib mengetahui Cara Memperbaiki Accu Kering Mobil supaya anda bisa memperbaiki aki/accu mobil jika suatu saat rusak atau soak. Masalah pada accu mobil merupakan masalah pasti yang akan dijumpai oleh pemilik mobil. Hanya tinggal menunggu saja tiba saatnya aki mobil rusak, baik itu soak maupun drop. Cara Memperbaiki Accu Mobil yang akan saya bahas pada artikel kali ini saya ambil dari beberapa pengalaman, baik yang pernah dialami sendiri maupun pengalaman yang pernah dialami teman-teman yang pernah mengalami kerusakan pada aki mobil.

Cara Memperbaiki Accu Kering Mobil

Perkembangan peralatan elektronika dan aksesories pada mobil membuat konsumsi energy listrik pada mobil semakin meningkat. Sebagai gambaran umum, mobil dijaman sekarang ini biasanya dilengkapi dengan LCD TV lengkap dengan sound sistemnya. Ditambah lagi dengan berbagai macam aksesories lampu, baik lampu utama, lampu tambahan sampai dengan lampu emergency yang semuanya membutuhkan energy listrik yang cukup besar.

Apabila system pengisian pada mobil tidak bisa mengimbangi energy listrik yang digunakan pada peralatan didalam mobil, pastinya akan membuat aki mobil cepat tekor, yang pada akhirnya akan membuat aki mobil menjadi rusak. Disaat sekarang ini kebanyakan mobil juga sudah menggunakan jenis aki kering yang mudah didalam proses perawatannya.

Cara Memperbaiki Accu Mobil Yang Soak jenis aki kering ini tentunya perlu kita coba ketika gejala kerusakan sudah mulai muncul, seperti nyala lampu mobil sudah mulai meredup, pada saat mobil di starter mesin sulit untuk menyala/tidak kuat ngangkat dinamo starter dan beberapa gejala lain yang mengarah ke kondisi peralatan yang kekurangan arus listrik.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Avanza Matic Dengan Benar

Beberapa nilai lebih dari aki kering pada mobil

Berbeda dengan accu basah, accu kering ini sangat mudah didalam proses perawatan karena tidak membutuhkan proses isi ulang cairan accu secara berkala. Nilai plus yang lain dari aki kering ini adalah proses pemasangan yang lebih fleksibel, misalnya bisa dipasang pada kondisi miring. Kelebihan lain dari penggunaan accu kering adalah pada kondisi umum yaitu bertahan hingga 4 tahun. Hal tersebut tentunya berbeda dengan jenis accu mobil basah yang kadang hanya bisa bertahan selama 2 tahun.

Urutan Cara Memperbaiki Accu Kering Mobil:

Walaupun accu kering dianggap memiliki ketahan dan keawetan yang cukup baik, namun demikian accu kering yang setiap hari digunakan bisa dipastikan akan lebih cepat soak atau rusak. Berikut ini adalah tutorial atau Cara Memperbaiki Accu Kering Mobil. Langkah awal sebelum anda mencoba memperbaiki accu mobil yang soak, sipkan terlebih dahulu beberapa alat yang akan digunakan, mulai dari obeng min dan plus, air aki pengisi mula atau air aki zuur, pencungkil yang akan digunakan buat membuka bagian cover pada accu kering, satu buah suntikan lengkap dengan jarum suntik ukuran sedang serta kain lap kering.

Baca Juga:   Cara memperbaiki power steering mobil paling mudah

Cara Memperbaiki Accu Mobil Yang Soak:

  1. Tahapan pertama adalah proses melepas accu atau aki mobil dari tempat dudukan aki. Pada umumnya accu mobil terletak pada bagian depan mobil. Ada juga accu mobil yang terletak pada bagian dasar dilantai mobil. Bisa juga diletakan di bagian lain. Anda sebagai pemilik mobil tentunya lebih paham dimana aki mobil anda terpasang.
  2. Gunakan kain lap untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada bodi aki. Apabila ada debu yang sudah lengket dan sulit dibersihkan menggunakan kain kering, anda bisa menambahkan cairan untuk membantu melepas kotoran yang ada pada bodi aki mobil tersebut.
  3. Tahapan selanjutnya ada proses membuka cover accu kering. Tahapan ini bisa dilakukan dengan mencongkel bagian cover menggnakan obeng min. karena biasanya bagian cover ini terpasang dengan cukup kuat, maka anda harus sedikit memberikan paksaan pada saat membukanya. Namun juga harus hati-hati, jangan sampai merusak bagian cover atau bagian yang lainnya dari aki tersebut.
  4. Setelah anda berhasil membuka bagian cover dari accu kering tersebut, akan terlihat bagian penutup kecil dengan jumlah sekitar 3 buah untuk aki dengan ukuran kecil. Apabila ukuran aki lumayan besar, maka tentunya jumlah penutupnya akan lebih banyak lagi. Biasanya penutup tersebut terbuah dari karet.
  5. Isi setiap lubang pada aki kering mobil menggunakan air aki zuur dengan bantuan alat suntik. Lakukan dengan hati-hati dan perlahan saja, jangan sampai terlalu penuh. Batas atas dari level pengisian air aki zuur adalah kurang lebih 1 cm dari bagian lubang pengisi air aki.
  6. Setelah anda selesai mengisi seluruh lubang aki dengan air aki zuur, maka bisa dilanjutkan menutup kembali seluruh bagian lubang aki tersebut dengan rapat. Hal tersebut bertujuan supaya tidak ada kebocoran pada aki kering mobil yang sudah anda perbaiki tersebut.
  7. Untuk meyakinkan bahwa tidak ada kebocoran pada aki kering mobil yang anda perbaiki, anda bisa melakukan pengeleman menggunakan lem plastik, dengan tujuan supaya penutupnya bisa menutup lebih erat lagi dan tentunya terhindar dari kebocoran.
  8. Tahap terakhir dari cara memperbaiki aki kering mobil adalah dengan mengecas aki tersebut sebelum digunakan. Anda bisa menggunakan alat charger yang bisa dengan mudah anda beli ditoko listrik atau membuatnya sendiri. Lakukan pengisian ulang aki kering sampai penuh sebelum anda memasangnya kembali ke mobil anda.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Karburator Mobil Dengan Sangat Mudah

Demikiannya tutorial singkat mengenai Cara Memperbaiki Accu Kering Mobil yang bisa saya bahas dan ulas pada postingan kali ini. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda didalam proses perbaikan accu kering mobil milik anda. Minimal dengan membaca ulasan diatas, wawasan anda dibidang kelistrikan mobil semakin banyak. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Pada artikel yang lain Saya sudah pernah membahas tentang komponen motor DC dan juga komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *