Home / Otomotif / Sepeda Motor / Beginilah cara memperbaiki CDI motor yang mati dengan cepat

Beginilah cara memperbaiki CDI motor yang mati dengan cepat

Kemampuan didalam memperbaiki CDI yang rusak sangat penting dimiliki oleh setiap pengguna sepeda motor sehingga apabila suatu saat sepeda motor yang dimiliki mengalami kerusakan dibagian CDI bisa berusaha untuk memperbaikinya sendiri. Dengan memiliki kemampuan sendiri didalam memperbaiki CDI motor yang mati tentu akan bisa mempercepat proses perbaikan sepeda motor sekaligus bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya dibengkel.

cara memperbaiki CDI motor yang mati

CDI bisa dikatakan sebagai komponen yang sangat memperngaruhi kinerja dari sepeda motor. Dengan kondisi CDI yang baik, maka tentunya performa dari sepeda motor akan tetap terjaga, sehingga kegiatan berkendara kita akan semakin nyaman. Bahkan, pada beberapa kondisi, ada yang melakukan modifikasi pada CDI guna mendapatkan meningkatan performa pada sepeda motor, misalnya pada sepeda motor yang digunakan untuk balapan.

Cara memperbaiki CDI motor yang mati yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tentunya bisa menambah keahlian dibidang otomotif. Sebelum masuk kebagian cara reparasi CDI sepeda motor yang mati, maka ada baiknya kita mengetahui efek dari CDI yang mati pada sepeda motor.

Ciri-ciri CDI yang sudah rusak/mati

Sebelum CDI sepeda motor mati total, biasanya akan diawali dengan susahnya sepeda motor untuk dihidupkan. Pada langkah awal biasanya banyak pengguna sepeda motor yang menduga masalah utama terjadi pada busi atau karburator. Namun setelah dilakukan pengecekan dan juga service pada bagian karburator, ternyata belum ada tanda-tanda membaiknya kondisi sepeda motor, dimana sepeda motor susah untuk dihidupkan.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Vario

Untuk mempermudah proses memperbaiki CDI motor yang mati, maka anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa kondisi busi dan karburator sudah dalam kondisi baik. Lebih baik lagi jika busi dalam kondisi baru dan karburator sudah dibersihkan bagian dalamnya.

Gejala lain yang mengindikasikan bahwa CDI sepeda motor mati adalah dengan ditandai pada busi yang tidak mengeluarkan percikan api pada saat sepeda motor dihidupkan. Untuk melakukan pengecekan apakah CDI dalam kondisi baik atau sudah mati menggunakan busi adalah dengan menempelkan ujung busi ke bagian bodi sepeda motor sambil sepeda motor di engkel menggunakan kick starter. Apabila tidak ada percikan api sama sekali namun kondisi busi dalam kondisi baik, maka bisa dipastikan CDI motor sudah rusak atau mati.

Jika anda sudah yakin dengan kondisi CDI sepeda motor anda sudah dalam kondisi mati, maka anda bisa mencoba untuk memastikan kembali dengan melakukan pengecekan pada bagian output tegangan dari CDI. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa komponen CDI berfungsi sebagai komponen untuk membangkitkan pengapian pada sepeda motor. Ketika CDI sudah rusak, maka tidak akan ada tegangan yang keluar dari komponen tersebut. Lalu, bagaimana cara melakukan pengecekan tegangan pada CDI yang rusak tersebut. Berikut ini adalah caranya.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Aki Motor Jenis Basah dan Kering

Cara cek kondisi tegangan CDI motor yang mati.

Peralatan yang dibutuhkan:

  • Multimeter/volt meter
  • Obeng

Langkah mengecek tegangan CDI

Hubungkan kabel warna hitam pada multitester/voltmeter pada bagian ground/bodi sepeda motor, kemudain hubungkan kabel warna merah pada multitester/voltmeter pada kabel CDI yang arahnya menuju pada coil. Setelah itu, silahkan anda coba putar kick starter sepeda motor dan perhatikan jarum pada voltmeter. Apabila kondisi CDI masih baik, maka jarum voltmeter akan menunjukan angka diatas 200 volt, sementara jika CDI sudah rusak atau mati, maka jarum voltmeter biasanya tidak bergerak, atau bergerak namun dalam kondisi tegangan yang rendah.

Cara memperbaiki CDI motor yang mati

  1. Apabila CDI sepeda motor sudah mati, maka ada peluang untuk bisa diperbaiki. Namun proses perbaikan CDI sepeda motor membutuhkan keahlian dibidang elektronika. Hal tersebut disebabkan karena komponen-komponen didalam CDI sepeda motor terdiri dari pemguat pulsa/amplifier, koil, saklar tyristor, kapasitor serta generator pulsa. Anda bisa membongkar CDI dan mengecek satu demi satu komponen tersebut. Apabila anda sudah menemukan komponen yang rusak tersebut, maka silahkan anda ganti komponen tersebut.
  2. Lalu bagaimana jika anda tidak memiliki kemampuan dibidang elektronika? Untuk mengatasi kekurangan tersebut, maka anda tentu bisa menggantinya dengan yang baru. Harga dari CDI juga tidak terlalu mahal, berkisar antara 100 ribu sampai 200 ribu.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Dinamo Starter Motor Yang Macet

Apabila anda tidak mau repot, anda juga tentunya bisa membawa sepeda motor yang CDInya mati tersebut kebengkel resmi. Nantinya pada bengkel resmi akan dilakukan pengecekan lebih mendalam, sehingga kesalahan mendiagnoga kerusakan akan semakin valid.

Demikianlah tutorial mengenai cara memperbaiki CDI motor yang mati dengan cepat yang bisa saya ulang pada postingan kali ini. Mudah-mudahan setelah anda membaca tutorial diatas, anda bisa mengaplikasikan pada sepeda motor anda yang sedang mengalami masalah pada CDI. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *