Home / Tips dan Trik / Beginilah Cara Sharing Folder Windows 7 Paling Mudah

Beginilah Cara Sharing Folder Windows 7 Paling Mudah

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa cara sharing folder Windows 7 bisa dilakukan dengan teknik yang mirip pada sistem operasi Windows XP ataupun versi Windows 8. Ada beberapa teknik dasar yang bisa dilakukan dengan langkah yang sama persis pada masing-masing sistem operasi tersebut. Oleh sebab itu, tentunya apabila anda sudah memahami cara sharing folder Windows XP maupun Windows 8, maka tentunya Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan sharing folder pada Windows 7 .

Cara Sharing Folder Windows 7

Namun, kadangkala ada pengguna komputer yang merasa bingung atau ragu untuk mempraktekkan proses sharing folder pada Windows 7. Hal tersebut tentunya lumrah terjadi apabila pengguna komputer masih awam di dunia jaringan. Oleh karena itulah, pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk berbagi cara sharing folder di Windows 7. Apabila anda sudah memahami secara keseluruhan tahapan demi tahapan bagaimana cara sharing folder di Windows 7 maka tentunya Anda bisa melakukan proses sharing data di versi Windows yang lainnya.

Tujuan dari adanya kegiatan sharing folder Windows 7 tentunya agar kita bisa lebih mudah Berbagi file dengan pengguna lain di dalam satu jaringan komputer. Apabila kita berhasil melakukan sharing folder di Windows 7, maka tentunya file-file yang ada di dalam folder tersebut bisa langsung terbaca. Dengan begitu, tentunya pengguna komputer lain yang hendak ikut menggunakan file tersebut bisa langsung menggunakannya.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Foto Di Google Pada Hasil Pencarian

Tutorial mengenai cara sharing folder Windows 7 dengan cara sharing data dan sharing file di Windows 7 hampirlah mirip. Betapa bedanya adalah, bagian yang mengalami proses sharing adalah pada folder, sementara itu file-file yang ada di dalamnya akan mengikuti untuk bisa terbaca di dalam jaringan.

Untuk bisa melakukan sharing folder di Windows 7, tentunya komputer yang sedang digunakan terhubung atau terkoneksi dengan jaringan lokal, sukur-sukur sudah terhubung juga dengan koneksi internet. Namun, perlu kita ketahui bersama juga perkembangan dunia internasional di bidang teknologi sangatlah pesat. Sehingga tentunya Anda diharapkan bisa mengupayakan berbagai macam kebutuhan yang diperlukan untuk bisa ikut sekolah.

Cara sharing data dan file bisa dilakukan dengan mengikuti tahapan-tahapan sebagai berikut.

  1. Pada langkah pertama, silahkan anda masuk ke menu control panel yang ada pada Windows, lalu silahkan Anda masuk ke menu Network and sharing center.
    jendela network and sharing center windows 7
  2. Langkah berikutnya silahkan anda pilih menu “Change Advanced Sharing Setting” yang ada pada menu sebelah kiri
  3. Pada jendela advanced sharing setting, silahkan anda setting pada menu “Password Protection Sharing” aktifkan opsi “Turn Off Password Protection Sharing”
    turn off password protected sharing windows 7
  4. Langkah terakhir silahkan anda klik tombol “Save” satting untuk menyimpan settingan anda

Tujuan dari kita menonaktifkan password protection sharing adalah untuk membiarkan pengguna komputer lain bisa mengakses folder yang nantinya kita sharing tanpa harus memasukan username dan password komputer yang berisi folder yang disaring. Dengan metode seperti itu tentunya pengguna komputer yang akan mengambil data akan merasa lebih mudah dan juga lebih cepat.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Blue Screen Pada Windows 7

Setelah anda berhasil melakukan proses penonaktifan username dan password komputer yang berisi data yang hendak disaring, maka langkah selanjutnya adalah proses melakukan sharing folder data yang ada pada komputer induk. Cara sharing folder Windows 7 yang nantinya akan diambil Datanya juga cukup mudah untuk dipraktekkan.

Cara sharing folder di Windows 7

  1. Langkah pertama silahkan anda buka Windows Explorer kemudian silahkan anda Klik Kanan folder yang hendak anda sharing.
  2. Langkah berikutnya silahkan anda klik menu Properties.
    folder properties windows 7
  3. Pada jendela properties silahkan anda pilih tab menu sharing,
    tab sharing folder properties windows 7
  4. Lalu silahkan anda lanjutkan dengan melakukan klik pada tombol “Share”.
  5. Di tahap berikutnya silahkan anda masukkan daftar pengguna yang boleh mengakses folder yang hendak di sharing.
  6. Apabila anda hendak mengijinkan semua pengguna komputer yang terhubung di dalam jaringan bisa mengakses data yang di sharing, maka silahkan Anda memilih “everyone” lalu silahkan Klik tombol “Add” yang ada pada sebelah kanan.
  7. Pastikan permission level sudah anda saat sesuai dengan kebutuhan. Permission level “Read” berarti data yang anda sharing hanya bisa dibaca saja oleh pengguna komputer yang lain. Apabila permission level read/write, maka tentunya file data yang disharing bisa dibaca sekaligus bisa dihapus oleh pengguna lain.
    file sharing setting windows 7
  8. Setelah anda selesai melakukan konfigurasi Siapa saja yang bisa mengakses folder yang hendak di sharing pada Windows 7, maka silahkan anda Klik tombol “share”.
  9. Selesai dan pengguna komputer lain bisa melakukan pengaksesan terhadap file yang ada di dalam folder yang sudah anda share tadi.
Baca Juga:   Cara Menampilkan Teks Pada Film Di Software Komputer

Untuk bisa mengakses folder Windows 7 yang sudah di sharing tadi, maka pengguna pada komputer lain bisa memanggil dengan cara mengetikkan IP komputer yang berisi folder yang disaring dengan diawali mengetikkan karakter \\. Sebagai contoh, apabila komputer yang berisi folder yang di sharing memiliki alamat IP 192.168.4.5, maka cara memanggilnya adalah dengan mengetikkan \\192.168.4.5 menggunakan fitur “RUN” ataupun langsung di jendela Windows Explorer pada bagian address.

run memanggil jaringan pada windows 7

Demikianlah urutan demi urutan bagaimana cara sharing folder Windows 7 yang bisa saya kemas Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan tutorial mengenai cara sharing file di Windows 7 yang sudah saya kemas di atas bisa memberikan banyak manfaat bagi anda,nya terutama yang sedang memulai belajar di dalam dunia jaringan komputer. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *