Home / Umum / Kode Etik / Bentuk Nilai dan Kode Etik Pekerjaan Sosial

Bentuk Nilai dan Kode Etik Pekerjaan Sosial

Seperti yang sudah dibahas pada artikel yang lain bahwa setiap profesi tentunya memiliki kode etik. Termasuk didalamnya adalah pekerjaan sosial dimana memiliki bentuk nilai dan kode etik pekerjaan sosial yang cukup banyak dan tentunya Harus dipatuhi oleh setiap profesional . Apabila dilihat secara umum bahwa terdapat sejumlah nilai dan etika dalam pekerjaan sosial yang bersumber dari kode etik National Association of social workers atau disingkat dengan NASW yang dicetuskan oleh Reamer di tahun 1999.

Bentuk Nilai dan Kode Etik Pekerjaan Sosial

Bentuk nilai serta kode etik pekerjaan sosial

Lalu, Seperti apa saja kode etik pekerjaan sosial dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya? Berikut ini adalah ulasan tentang kode etik pekerjaan sosial sehingga bagi Anda yang kebetulan memiliki profesi di bidang pekerjaan sosial, anda bisa memahami sejumlah etika yang bisa dijadikan sebagai referensi dan pedoman dalam bekerja sehingga pekerjaan Anda akan bisa berjalan lebih lancar dan sesuai dengan aturan-aturan yang ada .

1. Pelayanan

Salah satu prinsip etik pada pekerjaan sosial yaitu wajib untuk Menoreh Satukan tujuan guna membantu masyarakat yang memerlukan serta memusatkan kepada sejumlah permasalahan sosial. Prinsip-prinsip layanan wajib untuk diletakkan di atas segala-galanya, termasuk adalah kepentingan golongan dan kepentingan pribadi . Sejumlah pelayanan yang harus diutamakan yaitu melayani keluarga, melayani masyarakat apa yang melayani kelompok dan melayani klien Secara individu. Salah satu bagian yang mempunyai aktivitas profesional paling baik adalah dari sisi pelayanan.

Baca Juga:   Kode Etik Periklanan Secara Umum

2. Keadilan sosial

Kode etik pekerjaan sosial yang berikutnya yaitu setiap pekerja sosial harus selalu berusaha menentang adanya ketidakadilan sosial yang ada malah muncul di masyarakat. Tujuan utama dari adanya pekerjaan sosial yaitu supaya terjadi sebuah perubahan sosial yang bentuknya lebih Humanis serta bisa mengarah kepada kesejahteraan sosial di masyarakat. Adanya penindasan maupun ketidakadilan sosial pada masyarakat merupakan tanggung jawab dari Pekerja Sosial untuk bisa mengubah kondisi tersebut

3. Martabat dan harkat seseorang

Kandungan nilai dari kode etik ini yaitu setiap Pekerja Sosial wajib untuk selalu menghormati martabat dan harga setiap orang. Bisa dikatakan bahwa profesi pekerjaan sosial adalah profesi yang cukup melibatkan diri sendiri secara langsung di dalam ruang lingkup kelompok keluarga, individu dan juga masyarakat . Oleh karena itulah keterlibatan pekerjaan sosial tersebut sangat menuntut dari setiap profesionalnya untuk mempunyai model di mana bisa menghargai orang lain pada saat berkomunikasi dan berinteraksi sosial

4. Mengutamakan hubungan kemanusiaan

Prinsip etika tersebut yaitu setiap pekerja sosial harus mengutamakan dan mengakui hubungan kemanusiaan di dalam masyarakat. Human relationship atau hubungan kemanusiaan merupakan salah satu unsur yang sangat utama pada usaha dan proses perubahan sosial. Oleh sebab itulah maka sikap menjunjung tinggi terhadap hubungan kemasyarakatan atau hubungan kemanusiaan wajib untuk dikerjakan guna mendukung adanya usaha untuk merubah kondisi sosial supaya bisa berjalan lebih positif. Hubungan kemanusiaan merupakan salah satu bagian dari proses pertolongan di dalam masyarakat secara umum .

Baca Juga:   Contoh Kode Etik Siswa Yang Bisa Diterapkan Pada Semua Sekolah

5. Integritas

Prinsip etika integritas tersebut memiliki maksud yaitu setiap Pekerja Sosial wajib untuk memiliki pola pikir dan tingkah laku yang bisa dipercaya. Pada batasan-batasan tertentu, profesi pekerjaan sosial layaknya seorang dokter tentunya harus bisa menyembuhkan dan mengobati keluarga, individu, masyarakat, serta kelompok yang sedang mengalami sakit . Tanpa adanya sebuah perilaku yang bisa dipercaya, maka pekerja sosial tidak akan bisa melaksanakan profesi yang dimilikinya dengan baik. Sifat integritas minimal bisa ditunjukkan dengan adanya konsistensi setiap pekerja sosial di dalam menjalankan misi nilai, profesional, standar etika, serta prinsip etika di dalam menjalankan aktivitas pertolongan yang dilaksanakannya

6. Kompetensi

Prinsip etika kompetensi bisa bisa dijalankan oleh setiap pekerja sosial di mana mereka wajib untuk menggunakan keahlian professionalisme serta kompetensi yang dimilikinya dalam proses pertolongan yang diberikan. Setiap skill dan pengetahuan dari kompetensi yang dimilikinya tentunya wajib digunakan di dalam menunjang profesi dari Pekerja Sosial. Ketika seseorang tidak memiliki kompetensi di bidang pekerjaan sosial, maka tentunya pekerja sosial tersebut tidak bisa bekerja secara profesional di dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan kata lain bisa disimpulkan bahwa keahlian dan pengetahuan yang memadai bisa dijadikan sebagai dasar kepemilikan yang amat penting di dalam profesi pekerjaan sosial tersebut.

Baca Juga:   Inilah Kode Etik Sekolah Terbaik Untuk Semua Sekolah

Demikianlah sejumlah bentuk nilai dan kode etik pekerjaan sosial yang bisa ditanamkan di dalam pribadi masing-masing sehingga sejumlah pekerjaan sosial didalam masyarakat bisa dilaksanakan dan dijalankan dengan sebaik-baiknya sehingga pada akhirnya akan membawa kemakmuran di dalam masyarakat tersebut. Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi kita semuanya.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sejumlah Sanksi Pelanggaran Kode Etik

Sanksi pelanggaran kode etik wajib untuk diperlakukan manakala terjadi pelanggaran kode etik. Hal tersebut memiliki …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *