Home / Pendidikan / Cara Alami Membuat Suara Bagus

Cara Alami Membuat Suara Bagus

Seorang penyanyi tentunya menginginkan agar suaranya bagus. Dengan memiliki suara yang bagus, maka tentunya suara tersebut bisa di Alunkan di depan orang banyak sehingga nantinya akan menjadikan orang yang mendengarnya merasa puas. Untuk membantu anda di dalam memaksimalkan kualitas suara supaya lebih bagus, maka ijinkan saya untuk berbagi cara alami membuat suara bagus yang mana cara-cara tersebut bisa ditempuh secara alami tanpa adanya obat kimia.

Cara Alami Membuat Suara Bagus

Tidak dipungkiri pula bahwa suara bagus bagi seorang penyanyi merupakan salah satu aset yang sangat berharga dan merupakan aset nomor satu. Terlebih apabila kegiatan menyanyi adalah pekerjaan utama yang pasti akan menuntut kualitas suara tetap terjaga dengan baik. Memang, untuk membuat suara bagus bisa dilakukan dengan cara berlatih vokal. Hanya saja, ada berbagai macam kegiatan pendukung yang bisa meningkatkan kualitas suara.

Nafas yang panjang adalah salah satu bagian penting yang harus dimiliki oleh penyanyi supaya suaranya bagus. Ada beberapa kriteria penilaian pada kualitas suara yang mengatakan bahwa nafas yang panjang merupakan salah satu poin penting yang menentukan keberhasilan menjadi seorang penyanyi. Memang, untuk bisa mendapatkan nafas panjang tentunya tidak bisa dilakukan secara tiba-tiba, namun harus berlatih terlebih dahulu.

Cara Cepat Membuat Suara Bagus

Sebenarnya, ada sejumlah cara alami membuat suara bagus yang bisa kita tempuh supaya vokal kita memang benar-benar bisa terlatih dan terjaga. Beberapa cara alami membuat suara bagus berikut tentunya bisa anda kerjakan secara rutin sehingga secara perlahan-lahan kualitas suara yang anda miliki akan semakin baik. Bisa saja, latihan ini juga bisa anda terapkan bagi yang tidak memiliki profesi penyanyi karena memiliki suara yang bagus walaupun bukan penyanyi adalah hal yang membanggakan.

Baca Juga:   Cara Moderator Membuka Dan Menutup Diskusi

1. Membiasakan bangun pagi hari pada saat subuh

Langkah pertama adalah dengan menghilangkan lendir lendir yang mengganggu di tenggorokan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan dua jari dan memasukkannya ke dalam tenggorokan. Anda tidak perlu menggosok gigi terlebih dahulu. Ketika anda menggosok gigi terlebih dahulu seringkali lendir-lendir tersebut tidak muncul.

Tahapan berikutnya, anda bisa meneteskan air kedalam hidung dalam jumlah yang sedikit. Kondisi ini digunakan untuk membantu lendir yang tidak bisa keluar di tenggorokan.

2. Menjelang tidur, usahakan meminum air putih hangat

Minumlah air putih hangat sedikit demi sedikit sampai dengan habis. Sediakan cukup satu gelas saja. Cara meminumnya adalah dengan menengadah serta menekuk secara perlahan dalam jumlah yang sedikit. Harap diingat, aturlah suhu air minum tersebut supaya tidak terlalu panas. Apabila air yang hendak diminum terlalu panas justru akan membuat tenggorokan menjadi rusak.

3. Dalam sehari minum air putih minimal 8 gelas

Utamanya adalah di pagi hari setelah anda bangun tidur, silahkan Anda ambil air putih satu gelas untuk diminum. Dengan meminum air putih minimal 8 gelas dalam sehari, maka suara anda akan terjaga, tidak serak, lebih jernih dan tentunya enak didengar.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Menjadi Bagus Saat Bernyanyi

4. Atur lah segala jenis makanan yang masuk melalui tenggorokan ke dalam tubuh

Ditemukan ada berbagai jenis makanan dan minuman yang tidak terlalu baik untuk menjaga kondisi suara supaya tetap bagus. Minuman dan makanan yang perlu dihindari supaya suara anda tetap bagus adalah makanan bersantan, minuman dingin yang menggunakan, serta makanan yang berminyak. Buah-buahan yang masih segar serta terdapat banyak kandungan air di dalamnya adalah jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk menjaga kualitas suara. Disamping berfungsi untuk menjaga kualitas suara, makanan tersebut juga mengandung cukup banyak gizi yang tentunya mampu untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

5. Latihan mendapatkan nafas yang panjang

Berbagai macam latihan yang bisa anda tempuh supaya nafas anda lebih panjang dan tentunya Anda bisa melatih vokal dengan nafas yang panjang tersebut diantaranya adalah dengan cara berteriak ketika kita memasukkan muka di dalam air. Selain itu pada pagi hari kita juga bisa berlatih untuk lari pagi, dari jarak jauh kita bisa mencoba untuk meniup lilin hingga padam peserta langsung praktek di dalam berlatih menyanyikan lagu yang memiliki tempo cukup panjang.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Cantik dan Merdu Secara Alami

6. Dengan memanfaatkan kencur

Kencur adalah salah satu jenis tanaman yang bisa kita manfaatkan untuk membuat suara bagus. Kencur sudah terbukti merupakan salah satu jenis jamu tradisional yang bisa digunakan untuk mempercantik suara sekaligus untuk pengobatan tradisional. Pada saat Kerongkongan sedang berlendir atau kering, kencur mampu untuk menyembuhkan masalah kesehatan pada kerongkongan tersebut. Caranya cukup dengan mengunyah kencur lalu menelannya secara pelan-pelan.

Itulah sejumlah cara alami membuat suara bagus yang bisa anda tempuh untuk dipraktekkan. Mudah-mudahan, Bagi anda yang sekarang ini sedang memiliki keinginan untuk memiliki suara bagus atau bahkan Anda seorang penyanyi yang sedang berusaha supaya suaranya lebih bagus lagi, anda bisa mencoba untuk mempraktekkan beberapa tips diatas. Semoga saja, setelah anda mempraktekkan beberapa tips diatas suara Anda bisa lebih nyaring dan bagus untuk didengar Pada saat menyanyi.

Artikel menarik lainnya

Aturan dalam lingkungan sekolah

Aturan dalam lingkungan sekolah

Sekolah merupakan salah satu tempat belajar di mana peserta didik bisa menuntut ilmu dengan beragam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *