Home / Jaringan / Internet / Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Secara Manual

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Secara Manual

Kadangkala, ketika kita memiliki koneksi internet yang cepat, komputer yang kita gunakan tetap kelihatan pelan pada saat mengakses website ataupun mendownload file. Permasalahan yang sering muncul ketika koneksi internet pelan terletak pada settingan dari sistem operasi Windows itu sendiri. Oleh sebab itu, tentunya kita bisa mencoba cara ampuh mempercepat koneksi internet secara manual yang bisa kita lakukan langsung pada sistem operasi Windows, misalnya adalah Windows 7.

cara ampuh mempercepat koneksi internet

Dengan melakukan setting manual pada beberapa bagian sistem operasi Windows 7, maka kita bisa mendapatkan kenaikan performa kecepatan koneksi internet yang cukup lumayan, bisa dikatakan sampai diatas 50%. Namun demikian, tentunya kecepatan koneksi internet kembali lagi ke Internet Service Provider atau isp yang kita gunakan. Beberapa isp di indonesia sudah cukup bagus di dalam memberikan kecepatan internet. Koneksi internet di Indonesia bisa mencapai kecepatan 100 mbps.

Cara ampuh mempercepat koneksi internet secara manual yang akan saya bahas pada kesempatan ini sebenarnya bisa diterapkan pada beberapa sistem operasi Windows. Hal tersebut tentunya disebabkan karena konfigurasi dan juga sistem kerja dari beberapa versi sistem operasi Windows tidak jauh berbeda. Jadi, apabila anda sudah mengetahui dan memahami bagaimana cara ampuh mempercepat koneksi internet pada satu versi sistem operasi Windows, misalnya adalah Windows 7, maka tentunya anda bisa mengaplikasikan untuk versi Windows yang lainnya.

Cara ampuh mempercepat koneksi internet

Sebagai gambaran, koneksi internet yang jalan di atas sistem operasi Windows hanya dibatasi maksimal adalah 80% dari kecepatan yang disediakan oleh Internet Service Provider. Oleh sebab itu tentunya kita bisa memaksimalkan kecepatan internet secara keseluruhan yang disediakan oleh Internet Service Provider tersebut. Konfigurasi tersebut bisa kita akses lewat fitur gpedit.msc.

  1. Langkah pertama silahkan anda klik menu start, kemudian silahkan anda pilih menu RUN. Pada edit box jendela RUN, silahkan anda ketik “gpedit.msc”
    jendela run untuk mempercepat koneksi internet
  2. Tahap berikutnya, setelah jendela gpedit.msc terbuka, silahkan anda perhatikan menu sebelah kiri. Secara berturut-turut, silahkan anda memilih folder “local computer policy”, kemudian silahkan anda memilih kembali folder “computer configuration”, lalu silahkan anda lanjutkan memilih folder “administrative template”, lanjutkan dengan memilih menu “network”, lalu lanjutkan kembali dengan memilih menu “QoS packet scheduler”
    local gorup policy editor untuk mempercepat koneksi internet
  3. Pada tahap berikutnya, pada bagian sebelah kanan jendela gpedit.msc, silahkan anda cari menu yang namanya “limit reservable bandwidth”. Silahkan anda klik dua kali menu tersebut. Setelah anda klik dua kali menu “limit reservable bandwidth”, maka akan terbuka sebuah jendela baru. Pada jendela tersebut, silahkan anda ganti nilai dari bandwidth limit menjadi 0.
    limit reservable bandwidth untuk mempercepat koneksi internet
Baca Juga:   Cara Menjalankan Internet Dengan Mudah

Cara ampuh mempercepat koneksi internet manual di atas adalah cara yang bisa anda lakukan pada komputer yang menggunakan koneksi internet menggunakan kabel, misalnya adalah pada Internet Service Provider dari Telkom. Apabila anda menggunakan modem sebagai media koneksi internet, yang tentunya ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mempercepat koneksi internet. Berikut ini adalah ulasannya.

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Modem USB

  1. Tahapan awal anda harus memastikan bahwa spesifikasi modem yang anda gunakan sudah memiliki kecepatan yang cukup tinggi. Di zaman sekarang ini minimal kecepatan modem yang anda gunakan adalah 7,2 mbps. Hal tersebut dikarenakan semakin cepat modem, maka kemungkinan koneksi internet yang didapat juga akan semakin baik.
  2. Apabila di tempat anda memiliki masalah dengan jaringan, maka tentunya anda bisa mengusahakan menggunakan antena luar untuk menguatkan jaringan ataupun sinyal dari modem yang anda gunakan. Koneksi internet tentunya sangat dipengaruhi oleh kuat lemahnya sinyal dari Internet Service Provider yang anda gunakan.

Setelah anda memastikan bahwa modem yang anda gunakan memiliki kecepatan yang cukup tinggi dan juga kondisi sinyal yang baik, kita bisa melanjutkan untuk proses konfigurasi Windows untuk mempercepat koneksi internet via usb modem tersebut.

Cara setting port pada sistem operasi Windows adalah sebagai berikut

  1. Silahkan anda klik tombol start menu, kemudian silahkan anda klik kanan menu my computer, lalu silahkan anda memilih menu properties dan dilanjutkan dengan memilih menu device manager. Setelah itu, silakan anda cari menu untuk port (COM dan LPT), lalu silahkan anda klik dua kali pada salah satu port tersebut.
    device manager untuk mempercepat koneksi internet
  2. Pada tahapan berikutnya, silahkan anda memilih menu tab port setting, lalu lanjutkan dengan mengganti angka pada pilihan bit per second menjadi angka “128000”, lalu pada bagian menu flow control diganti menjadi “hardware”. Silahkan anda lakukan konfigurasi yang sama pada port yang lainnya.
    port setting untuk mempercepat koneksi internet
Baca Juga:   Cara Menghapus Data Google Drive Yang Sudah Penuh

Cara mempercepat koneksi internet juga bisa dilakukan dengan memberikan prioritas pada Internet Service Provider. Untuk melakukan hal tersebut juga tidaklah terlalu sulit, karena pada bagian ini kita hanya melakukan beberapa konfigurasi pada registry editor Windows.

Cara ampuh mempercepat koneksi internet lewat registry Windows

  1. Seperti biasa, nya silahkan anda tombol start menu, silahkan anda pilih menu RUN. Pada edit box menu RUN, silahkan anda masukkan “regedit”. Setelah jendela regedit terbuka, pada menu bagian kiri, silahkan anda memilih menu “hkey_local_machine”, lalu dilanjutkan dengan menu “system” kemudian memilih menu “currentcontrolset” berikutnya menu “services” lalu menu “tcpip” dan yang terakhir adalah menu “serviceprovider”.
    registry editor untuk mempercepat koneksi internet
  2. Perhatikan pada menu sebelah kanan, silahkan klik dua kali pada menu DNS priority. Pada jendela dengan explore itu yang terbuka, silahkan anda ganti bagian value data menjadi satu. Begitu juga pada menu localpriority, hostspriority, dan netbtpriority silahkan seluruhnya diganti value-nya menjadi satu.

Cara ampuh di dalam mempercepat koneksi internet juga bisa dilakukan dengan menambah beberapa item pada registry editor. Cara mempercepat koneksi internet modem ini juga tergolong cukup mudah, lantaran anda cukup mendownload file pada link di sini, maka anda tinggal melakukan double klik pada file tersebut. Setelah itu beberapa bagian pada registry editor ditambah secara otomatis dan anda sudah bisa mendapatkan tambahan kecepatan koneksi internet. Namun, jangan lupa setiap setiap anda melakukan perubahan pada registry editor maka anda harus merestart komputer terlebih dahulu supaya perubahan tersebut bisa diaplikasikan.

Baca Juga:   Tutorial Bagaimana Cara Menjalankan Internet Explorer

Langkah terakhir di dalam mempercepat koneksi internet secara manual adalah dengan merubah DNS default menjadi DNS yang lain. Cara ini tentunya cukup efektif apabila DNS default yang kita gunakan sering mengalami masalah ataupun sering memiliki kecepatan yang pelan. DNS yang biasanya kita gunakan untuk mempercepat koneksi internet adalah DNS miliknya Google maupun DNS dari openDNS.

Cara ampuh mempercepat koneksi internet dengan mengubah DNS

  1. Langkah pertama, silahkan anda buka Control Panel, kemudian silahkan anda pilih menu Network.
  2. Langkah berikutnya, silahkan anda pilih menu pada koneksi jaringan internet yang anda gunakan.
    Cara ampuh mempercepat koneksi internet dengan memilih koneksi internet
  3. Di tahap berikutnya, silakan anda pilih menu properties, lalu silahkan anda lanjutkan dengan memilih internet protocol version 4, lalu dilanjutkan dengan memilih use following DNS
  4. Langkah terakhir silahkan anda isikan DNS miliknya Google yaitu 8.8.8.8 dan bagian bawahnya adalah 8.8.4.4.
    Setting DNS untuk mempecepat koneksi internet
  5. Untuk mengaplikasikan perubahan settingan tersebut, silahkan anda klik tombol “OK” sampai jendela tertutup semuanya.
  6. DNS miliknya Google juga biasanya dapat berguna untuk masuk ke beberapa website yang diblokir oleh Internet Service Provider yang anda gunakan.
  7. Untuk alternatif DNS yang lain, anda bisa menggunakan DNS miliknya openDNS yaitu 208.67.222.222 atau bisa juga anda gunakan 208.67.220.220

Sekian pembahasan mengenai cara ampuh mempercepat koneksi internet secara manual yang bisa anda coba satu demi satu tahapan diatas. Apabila anda menginginkan kecepatan internet secara maksimal dari Internet Service Provider yang anda miliki, tentunya anda bisa mencoba keseluruhan tahapan diatas. Hati-hati di dalam melakukan beberapa perubahan setingan pada bagian registry editor, karena kesalahan di dalam melakukan modifikasi registry editor bisa mengakibatkan Windows anda error. Lebih baik anda melakukan backup registry editor terlebih dahulu sebelum anda melakukan perubahan. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Apa Yang Dimaksud Dengan Google Drive

Istilah Google Drive bukanlah merupakan istilah baru, karena bagi pecinta internet terutama yang sering berkirim …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *