Home / Otomotif / Mobil / Cara Belajar Mengendarai Mobil

Cara Belajar Mengendarai Mobil

Apakah sekarang ini anda sudah memiliki mobil baru dan ingin belajar bagaimana cara mengendarai mobil? Secara umum, mengendarai berbagai macam jenis mobil adalah sama saja. Cara belajar mengendarai mobil manual tentunya memiliki kemiripan dengan cara belajar mengendarai mobil automatic atau mobil matic. Yang membedakan hanyalah pada bagian kopling dan persneling saja.

Cara Belajar Mengendarai Mobil

Apabila kita hendak mempraktekkan Bagaimana cara cepat mengendarai mobil dijalan raya, maka tentunya kita membutuhkan kehati-hatian yang cukup tinggi. Keteledoran di dalam berkendara yang kita lakukan tentunya bisa mengakibatkan kecelakaan baik pada diri kita maupun pada pengendara yang lain. Seperti yang sudah di singgung diatas bahwa secara umum berkendara untuk semua jenis mobil adalah sama, yang harus diperhatikan adalah bagian kewaspadaan.

Cara mengendarai mobil yang ugal-ugalan serta terlalu cepat tentunya akan berpotensi membahayakan baik pada diri sendiri maupun pengguna jalan yang lain, Walaupun anda sudah sangat mahir di dalam menguasai mobil yang anda kendarai. Apabila kita hendak mempelajari bagaimana cara mengendarai mobil manual, maka dibutuhkan beberapa tips dan trik khusus supaya kita Mahir di dalam menguasai mobil.

Dari latar belakang di atas pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membahas Bagaimana cara mengendarai mobil dengan benar. Walaupun Tutorial mengenai cara mudah mengendarai mobil yang akan saya bahas menggunakan mobil manual atau kopling, namun tentunya cara mengendarai mobil kopling hampir sama dengan cara mengendarai mobil jenis automatic atau matic. Bahkan, apabila anda sudah Mahir di dalam mengendarai mobil manual, maka ketika anda berpindah menggunakan mobil automatic atau matic Anda tidak akan mengalami masalah yang berarti.

Cara belajar mengendarai mobil

Berikut ini adalah tata cara mengendarai mobil yang benar sehingga Anda cepat di dalam belajar menguasai mobil yang anda miliki:

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Rpm Mobil Mati Dengan Mudah

1. Mengenali berbagai fitur yang ada pada mobil

Bagian yang paling pertama yang wajib Anda kerjakan sebelum Anda mulai belajar mengendarai mobil adalah dengan menghafal berbagai macam fitur yang ada pada mobil anda. Hafalkan semua fitur, panel serta fungsi dari masing-masing bagian mobil, mulai dari injakan kopling, gas dan juga rem. Anda harus menghafal posisi dari kopling, gas dan rem sehingga Anda tidak akan salah di dalam menginjak pedal yang diharapkan. Kesalahan di dalam menginjak jenis sepeda apa yang maka akan sangat membahayakan dan berakibat fatal.

Anda juga harus menghafalkan komponen lain dari mobil seperti klakson, lampu utama dan lampu sen. Selain itu Anda juga harus mengerti dan paham bagaimana cara memindah gigi pada persneling mobil yang biasanya pada mobil standar Terdiri dari 5 percepatan, satu untuk netral dan satunya lagi untuk mundur.

2. Pilihlah tempat yang tepat untuk latihan

Bagian terpenting dari suksesnya Anda mengendarai mobil adalah seringnya latihan. Salah satu bagian terpenting yang sangat menunjang keberhasilan Anda di dalam latihan mengendarai mobil adalah lokasi yang digunakan. Rata-rata, lapangan menjadi salah satu tempat favorit dan terbaik untuk belajar bagaimana cara mengendarai mobil. Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan lokasi karena di lapangan tentunya sudah sangat luas. Anda cukup berkonsentrasi di dalam menghafalkan berbagai macam fitur pada mobil serta latihan menyetir mobil yang baik secara manual.

Apabila anda sudah Mahir Mengendarai mobil di Tanah Lapang yang luas, maka anda bisa mulai mencoba untuk belajar mengendarai mobil di tempat yang lebih menantang. Anda bisa mencoba turun ke jalan, namun carilah jalan yang sepi sehingga tidak terlalu berbahaya. Apabila anda sudah terbiasa menyetir di Jalan Raya, maka tentunya cukup melakukan pembiasaan saja mengendarai mobil dijalan raya sehingga Anda benar-benar terampil.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Yang Berisik

3. Konsentrasi haruslah penuh

Bagian yang paling menegangkan dan paling ditakuti setiap kita belajar mengendarai mobil adalah ketika kita masuk ke dalam posisi sopir. Apalagi jika kita belajar Mengendarai mobil berat transmisi manual, maka bisa dipastikan kita akan merasa cukup tegang. Untuk mengatasi hal tersebut, maka anda harus merilekskan diri dan menenangkan diri supaya Anda bisa berkonsentrasi dengan penuh. Apabila anda belum merasa tenang dan masih merasa gemetaran, maka anda harus menunggu sampai perasaan Anda benar-benar rileks dan santai.

4. Bagian menyalakan mesin mobil

Menyalakan mesin mobil bukanlah perkara yang sulit, namun juga bukan perkara yang bisa disepelekan. Pada saat anda hendak menyalakan mesin mobil, Anda harus memastikan bahwa posisi persneling pada mobil dalam kondisi Netral. Jika posisi persneling sudah dalam kondisi Netral, maka anda bisa melanjutkan dengan memutar bagian kunci kontak guna melakukan startter. Setelah mesin mobil berhasil hidup, maka silakan Anda tengok pada bagian bawah kaki, maka akan ditemukan 3 buah pedal. Jenis pedal dari sebelah paling kiri adalah pedal kopling, pedal tengah adalah bagian rem dan pedal paling kanan adalah bagian gas.

5. Proses penyeimbangan antara gas dan kopling

Mobil yang anda kendarai belum berjalan walaupun posisi Gigi sudah masuk ke 1? Hal tersebut tentunya lumrah terjadi karena anda belum menginjak pedal gas. Supaya mudah, anda bisa mengibaratkan kopling serta gas adalah layaknya proses Jungkat- jungkit.

Pada saat pedal gas Anda tekan, maka anda wajib mengangkat bagian kopling secara pelan-pelan dan perlahan-lahan. Latihan ini merupakan latihan yang paling sulit dilakukan oleh pemula. Apabila pedal kopling belum diangkat, namun posisi kas sudah diinjak cukup dalam, maka suara mesin akan meraung-raung dan munculnya suara kasar dari dalam mesin. Begitu juga sebaliknya, ketika pedal kopling dilepas terlalu cepat, Maka akan muncul dua kemungkinan, yaitu mesin mobil mati atau tersendat-sendat nya mobil berjalan.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kopling Mobil Yang Selip, Bergetar Dan Berbunyi

Latihan terus pada proses kelima pada kegiatan menurunkan dan menambah kecepatan

Pada saat pindah gigi, baik pada saat menurunkan ataupun menaikan posisi transmisi, maka pedal kopling pada mobil harus selalu di injak dan tetap menerapkan prinsip jungkat-jungkit yang sudah dibahas pada bagian nomor 5. Latihlah diri Anda supaya Anda lebih luas di dalam mengkoordinasikan antara pedal kopling dengan pedal gas.

6. Ketika gas sudah stabil apa yang selalu siaga bagian pedal rem

Proses pengereman perlu dilakukan pada saat mobil dirasa berjalan terlalu cepat. Untuk melakukannya, anda bisa menggeser Posisi kaki kanan yang sebelumnya sedang menginjak gas berpindah ke pedal rem untuk untuk mengurangi kecepatan mobil. Sementara itu, pedal kopling tetap di handle oleh kaki kiri. Untuk sementara, bagi pemula silakan Anda lupakan poin-poin yang kompleks. Pada tahapan ini, anda cukup menginjak bagian pedal rem saja supaya kecepatan mobil bisa dikurangi.

Itulah beberapa langkah cara belajar mengendarai mobil dengan cepat sehingga Anda bisa mencoba mempraktekkan sendiri mulai dari memilih lokasi di Tanah Lapang sampai dengan turun ke jalan. Mudah-mudahan, tutorial sederhana pada kesempatan kali ini mampu memberikan gambaran kepada anda mengenai cara mengendarai mobil yang baik sehingga anda bisa menjaga kenyamanan dan keamanan baik pada diri sendiri maupun pada pengendara yang lainnya. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Check Engine Menyala

Penyebab Lampu Check Engine Menyala Yang Perlu Diketahui Bersama

Ketika kita menemukan lampu indikator untuk check engine mobil yang terus menyala, maka dapat mengganggu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *