Home / Pertanian / Budidaya / Cara Budidaya Tanaman Air Pada Akuarium

Cara Budidaya Tanaman Air Pada Akuarium

Halo sahabat inanesia.com. Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara budidaya tanaman air pada aquarium. Tentunya bagi masyarakat yang hobi akan ikan hias, menanam berbagai macam jenis tanaman di dalam aquarium adalah salah satu bagian penting yang perlu dilakukan. Hal tersebut tentunya bertujuan agar kondisi di dalam aquarium semakin segar dan alami serta enak dipandang. Para penghobi dari ikan hias akan berupaya semaksimal mungkin melakukan penataan berbagai macam jenis tanaman di dalam air atau sering disebut dengan istilah aquascaping.

Cara Budidaya Tanaman Air Pada Akuarium

Bahkan, sekarang ini hobi budidaya tanaman air adalah salah satu hobi yang bisa dikembangkan dan bisa dijadikan sebagai sebuah peluang bisnis baru. Jadi tidak hanya tanaman pot saja yang bisa menciptakan peluang bisnis, yang namun ternyata budidaya tanaman air juga bisa menciptakan sebuah peluang bisnis baru. Bahkan, apabila kita mampu mengembangkan budidaya tanaman air pada akuarium, maka peluang bisnis yang bisa diciptakan lebih luas karena jenis budidaya ini masih belum banyak yang mengembangkannya.

Di saat sekarang ini, bagian utama yang menjadi unsur penting untuk ditata pada akuarium adalah tanaman air. Apabila kita bisa melakukan penataan yang bagus, maka tentunya tanaman air akan sangat enak untuk dilihat. Bisa dikatakan, budidaya tanaman ayat ini merupakan budidaya yang tidak terlalu sulit, namun juga tidak terlalu mudah. Di indonesia, budidaya tanaman air pada aquarium memang baru terkenal belakangan ini. Namun tentunya bagi sejumlah masyarakat yang menyukai dunia aquarium, maka istilah aquascape atau budidaya tanaman air bukanlah hal yang baru. Beberapa survei yang sudah dilakukan oleh peneliti mendapatkan hasil bahwa kopi budidaya tanaman air ini menempati posisi kedua di dunia setelah hobi fotografi.

Di indonesia sendiri, semenjak tahun 1950 an sudah banyak masyarakat yang menekuni jual beli tanaman air di dalam aquarium. Tentunya hal tersebut didukung karena indonesia beriklim tropis dan juga memiliki tanah yang cukup subur. Hanya saja pada awal munculnya penghobi tanaman air di dalam aquarium banyak masyarakat yang merasa kecewa. Hal tersebut dikarenakan tanaman air yang mereka budidaya di dalam akuarium tidak mampu bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama. Namun hal tersebut sudah mulai teratasi setelah tahun 1997. Pada saat itu sebuah perusahaan di jakarta mulai memperkenalkan sebuah teknologi aquarium yang mana teknologi tersebut mampu membuat tanaman air pada akuarium bisa hidup dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Jahe Pada Pada Pot di Pekarangan Rumah

Tanaman tanaman air yang hidup didalam akuarium tersebut membuat sebuah ekosistem kecil yang tentunya akan membuat kondisi di sekitarnya tetap segar dan juga subur. Sejak tahun itulah maka usaha budidaya tanaman air pada akuarium mulai bangkit kembali. Awalnya hanyalah dimulai dari proses pemeliharaan ikan hias, namun sekarang sudah dilanjutkan dengan proses budidaya tanaman air di dalam akuarium untuk lebih memperindah tampilan akuarium tersebut.

Secara umum, budidaya tanaman air dibedakan menjadi dua versi, yaitu budidaya tanaman air tawar dan budidaya tanaman air laut. Berdasarkan pengalaman yang sudah pernah didapat oleh penulis, membudidaya tanaman air jenis air laut lebih sulit dibandingkan dengan budidaya tanaman air menggunakan air tawar. Hanya saja untuk bisa mendapatkan hasil maksimal, budidaya tanaman air versi air tawar akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan budidaya tanaman air menggunakan air laut.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya bahwa budidaya tanaman air aquascape ini dapat dijadikan sebuah sebuah peluang bisnis. Apabila anda ingin mempelajari bagaimana cara budidaya tanaman air pada akuarium, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mengulas khusus untuk anda.

Adapun beberapa tips yang perlu diperhatikan di dalam budidaya tanaman air pada akuarium adalah sebagai berikut

1. Unsur di dalam akuarium harus diperhatikan.

Aquarium dengan ukuran apa pun tentunya bisa dimanfaatkan untuk budidaya tanaman air ini.namun, apabila anda bisa menyediakan akuarium dengan ukuran yang luas, maka tentunya anda akan lebih mendapatkan kemudahan dan keleluasaan di dalam menata berbagai macam jenis tanaman air. Disamping itu, tanaman air yang ada tanam di dalam aquarium dengan ukuran luas akan lebih mudah tumbuh. Walaupun demikian, jika anda ingin belajar budidaya tanaman air pada akuarium dengan ukuran yang kecil juga tidak akan menjadi permasalahan. Anda cukup mencari beberapa jenis tanaman air yang berukuran kecil supaya bisa ditata dengan rapi di dalam akuarium tersebut.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Pisang Hanya Dengan Beberapa Langkah

2. Perhatikan kondisi air

Anda bisa memanfaatkan air keran ataupun air sumur yang tentunya memiliki kondisi bersih untuk membudidaya tanaman air ini. 1 hal yang tidak boleh anda lupakan adalah air yang anda gunakan untuk mengisi akuarium haruslah aman dari pencemaran limbah sehingga air tersebut juga aman untuk proses pertumbuhan tanaman aquascape atau tanaman air tersebut. Bisa dikatakan, air yang anda gunakan adalah salah satu unsur paling penting di dalam penanaman tanaman air. Maka anda harus menjaga kualitas air selalu dalam kondisi paling baik.

3. Perhatikan pula kondisi pompa air

Banyak akuarium yang mengandalkan pompa air untuk mengatur sirkulasi udara yang masuk ke dalam air. Tentunya, apabila pompa air selalu berjalan dengan lancar maka aliran udara yang masuk ke dalam air di dalam aquarium juga akan lancar. Perlu anda ketahui bersama bahwa tanaman air didalam aquarium juga sangat bergantung pada kondisi udara yang ada di dalam air. Oleh sebab itu bisa dikatakan pompa air adalah salah satu unsur yang cukup penting, karena apabila tidak ada pompa air yang mengatur sirkulasi udara di dalam air akan membuat tanaman air menjadi tidak bisa berkembang bahkan mati.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Bonsai Bercita rasa Tinggi

4. Suhu di dalam air haruslah diperhatikan

Perlu anda ketahui bersama bahwa tanaman air aquascape ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik jika air memiliki suhu yang sejuk. Pastikan bahwa air pada aquarium memiliki suhu tidak melebihi angka 30 derajat celcius. Bila suhu air di dalam aquarium cocok dengan kebutuhan tanaman air, maka tentunya pertumbuhan dari tanaman air aquascape ini akan baik.

5. Perhatikan unsur pencahayaan yang masuk ke dalam aquarium

Unsur pencahayaan adalah salah satu unsur yang digunakan oleh tanaman air untuk berfotosintesis. Apabila proses fotosintesis pada tanaman air berjalan dengan baik, maka tumbuh kembang dari tanaman air ini juga akan lebih maksimal. Untuk itulah, silahkan anda atur posisi aquarium supaya bisa terkena cahaya matahari secara teratur.

6. Berilah pupuk pada tanaman air

Sebenarnya, di dalam membudidaya tanaman air aquascape ini anda bisa menentukan sendiri apakah ingin menggunakan pupuk atau tidak. Namun, agar tanaman air aquascape bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih cepat, maka tentunya anda bisa memberikan pupuk tambahan untuk memacu pertumbuhan tanaman air. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah anda harus memilih pupuk yang memiliki kualitas cukup baik agar tanaman air didalam aquarium tetap terjaga.

Demikianlah urutan demi urutan bagaimana cara budidaya tanaman air pada aquarium. Mudah-mudahan beberapa tips bagaimana cara kita membudidaya tanaman air aquascape di atas bisa menambah referensi anda yang sekarang ini sedang mencari berbagai macam informasi sebagai bahan rujukan untuk mulai belajar bagaimana membudidaya tanaman air pada aquarium. Akhir kata, terima kasih atas kunjungan anda dan selamat mencoba. Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi menggunakan botol bekas

Bagi anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sayuran sawi ini, terlebih bagi para pecinta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *