Home / Pertanian / Budidaya / Cara Budidaya Tanaman Hias Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Budidaya Tanaman Hias Dengan Mudah Dan Cepat

Dengan mengetahui Cara Budidaya Tanaman Hias Dengan Mudah Dan Cepat, maka kita bisa menjadikan sekitar tempat tinggal kita menjadi lebih asri, nyaman dan juga terasa sejuk. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari suasana yang dibangkitkan dari tanaman hias tersebut. Bahkan sebenarnya, selain kita bisa menanam tanaman hias disekitar rumah kita, misalnya adalah pekarangan rumah, tanaman hias juga bisa kita tanam didalam rumah, tentunya dengan cara tertentu agar tanaman hias tersebut bisa tumbuh dengan baik. Tujuan dari budidaya tanaman hias adalah untuk bisa dinikmati tampilan yang dimiliki oleh tanaman hias itu sendiri, mulai dari bagian daunnya, bunganya, bahkan bagian batang dan buahnya. Untuk membantu anda didalam memahami Cara Budidaya Tanaman Hias Dengan Mudah Dan Cepat, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya untuk anda.

Cara Budidaya Tanaman Hias

Untuk mendapatkan tanaman hias yang bisa tumbuh dengan cepat dan subur, tentunya dibutuhkan teknik budidaya yang baik dan benar. Ketika kita melakukan kesalahan dalam membudidaya tanaman hias, maka tentunya akan berefek tanaman hias yang kita tanam tidak menarik dan tidak indah untuk dilihat. Bahkan lebih parahnya, tanaman hias tersebut akan mati atau tumbuh dengan kerdil.

Apabila kita bisa mengembangkan usaha budidaya tanaman hias lebih luas ke arah bisnis, maka selain kita bisa menikmati keindahan dari tanaman hias, kita juga bisa meraup keuntungan yang cukup besar dari berbisnis tanaman hias tersebut. Tertarik untuk memulai berbisnis budidaya tanaman hias? Anda tentunya perlu pedoman dan referensi khusus menganai Cara Budidaya Tanaman Hias Dengan Mudah Dan Cepat agar anda bisa benar-benar paham didalam membudidaya tanaman hias serta lancar di perjalanannya. Untuk membantu anda didalam memahami Cara Budidaya Tanaman Hias Dengan Mudah Dan Cepat, pada kesempatan kali ini akan saya bahas panduang singkat bagaimana Cara Budidaya Tanaman Hias Dengan Mudah Dan Cepat khusus untuk anda.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Lada Atau Mrica

1. Persiapan yang perlu dilakukan untuk mengawali budidaya tanaman hias

Persiapan pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan semua kebutuhan yang diperlukan didalam membudidaya tanaman hias. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah memilih jenis tanaman hias yang akan dibudidaya, berbagai macam perlengkapan dan peralatan guna menanam dan melakukan perawatan tanaman hias yang akan dibudidaya tersebut.

2. tahap pemilihan jenis tanaman hias yang akan dibudidaya

Bagian yang sangat penting adalah proses pemilihan jenis tanaman hias yang akan dibudidaya. Hal tersebut dikarenakan masing-masing jenis tanaman hias memiliki proses perawatan yang sangat beragam dan juga berbeda-beda. Untuk mengawali pemilihan budidaya tanaman hias, anda bisa mencoba untuk memilih satu atau dua jenis tanaman hias agar tidak kerepotan didalam mengawali budidaya tanaman hias. Contoh jenis tanaman hias yang bisa anda coba untuk dibudidaya adalah bunga krisan, bunga anggrek, dan beberapa jenis bunga lainnya. Akan tetapi anda tentunya anda bisa menentukan sendiri jenis tanaman hias yang akan dicoba budidaya sesuai dengan hobi dan kesukaan serta kondisi lingkungan masing-masing.

3. tahap persiapan alat dan lahan atau media tanam

Beberapa peralatan yang harus disiapkan untuk budidaya tanaman hias sebenarnya masuk kedalam kategori sederhana. Beberapa alat yang perlu dipersiapkan adalah sekop kecil, pot dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran tanaman hias, tanah, pupuk kompos dan semprotan air. Pastikan juga jumlah air tersedia cukup banyak untuk proses penyiraman tanaman hias.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Pangan Secara Sederhana

4. proses menanam tanaman hias ke media tanam

Karena sifat dari masing-masing tanaman hias berbeda, maka proses penanaman tanaman hias harus lebih hati-hati dan tidak boleh sembarangan. Untuk itulah anda perlu memperlajari bagaimana cara menanamnya. Sebagai tambahan, walaupun masing-masing jenis tanaman hias memiliki karakteristik yang berbeda, namun, ada beberapa tahapan umum didalam menanam tanaman hias. Berikut ini adalah penjabarannya.

Cara Budidaya Tanaman Hias Dengan Mudah Dan Cepat

  1. Tahapan pertama, silahkan anda persiapkan media tanam, yaitu pot. Silahkan anda campurkan tanah dengan pupuk kompos sebelum dimasukan kedalam pot. Tujuan pencampuran tanah dengan pupuk kompos adalah agar media tanam memiliki kandungan nutrisi dan mineral dengan konsentrasi yang cukup baik. Untuk pembuatan media tanam berupa campuran tanah dengan pupuk kompos ini usahakan dilakukan beberapa hari sebelum waktu penanaman tanaman hias didalam pot. Hal tersebut bertujuan supaya penyerapan segala unsur hara bisa lebih sempurna.
  2. Tahap selanjutnya adalah proses penanaman tanaman hias kedalam media tanam tersebut. Lakukan sesuai dengan jenis tanaman hias yang hendak ditanam. Sesuaikan juga dengan karakteristik tanaman hias tersebut. Perlu kita ketahui bersama, ada jenis tanaman hias yang bisa ditanam dari biji, dari akar, dari batang dan juga dari tunasnya. Silahkan anda pilih bibit tanaman hias yang memiliki kualitas bagus.
  3. Selesai anda menanam tanaman hias, lanjutkan dengan proses penyiraman. Pada awal proses penanaman, pastikan bahwa kebutuhan air untuk masing-masing tanaman hias tercukupi. Jangan sampai kekurangan dan juga jangan sampai kelebihan. Apabila hal tersebut terjadi, maka bisa menyebabkan tanaman hias mati atau mengalami kerusakan.
  4. Proses merawat tanaman hias
Baca Juga:   Inilah Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Hanya Dengan Air Saja

Untuk proses perawatan tanaman hias secara teratur, anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa tanaman hias yang sudah anda tanam pada pot sudah bisa hidup dengan sempurna. Beberapa tahapan yang bisa dilakukan untuk merawat dan menjadi tanaman hias tumbuh dengan sempurna dan terawat adalah sebagai berikut:

  1. Proses menyiram air secara rutin setiap hari. Penyiraman tersebut tentu bertujuan untuk menjaga kebutuhan air dan kebutuhan fotosintesis. Banyak air yang bisa disiramkan ke masing-masing tanaman hias tentunya berbeda antara tanaman hias yang satu dengan yang lainnya.
  2. Proses pemupukan. Dengan pemupukan pada tanaman hias,maka diharapkan pertumbuhan tanaman hias bisa lebih cepat. Apabila disekitar anda ada pupuk kompos, maka sangat disarankan untuk menggunakan jenis pupuk tersebut. Namun jika tidak tersebut, maka anda bias menggunakan jenis pupuk buatan.
  3. Penanggulangan hama dan penyakit yang menyerang tanaman hias menggunakan pestisida. Dengan adanya proses penanggulangan hama dengan pestisida, maka tumbuhan hias diharapkan jauh dari penyakit dan bisa tumbuh subur.

Sekian penjabaran singkat mengenai Cara Budidaya Tanaman Hias Dengan Mudah Dan Cepat. Mudah mudahan, anda bisa mengambil manfaat dari tulisan diatas dan nantinya anda bisa mengembangkan budidaya tanaman hias untuk sebagai ladang bisnis yang sangat menguntungkan. Terima kasih, selamat mencoba dan semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi menggunakan botol bekas

Bagi anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sayuran sawi ini, terlebih bagi para pecinta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *