Home / Pertanian / Budidaya / Cara Budidaya Tanaman Jahe Merah Pada Polybag

Cara Budidaya Tanaman Jahe Merah Pada Polybag

Adakah diantara anda yang sekarang ini sedang mencari tutorial cara budidaya tanaman jahe merah untuk ditanam di pekarangan rumah atau di polybag? Apabila kebetulan anda sedang mencari tutorial tersebut, maka alangkah baiknya anda bisa membaca artikel ini sampai dengan tuntas karena anda akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang anda miliki. Namun, sebelumnya apakah anda sudah mengenal yang namanya jahe merah? Jahe merah merupakan salah satu jenis tanaman yang masuk ke dalam kategori herbal di mana sudah memiliki tingkat kepopuleran cukup bagus di indonesia, bahkan di luar negeri.

Cara Budidaya Tanaman Jahe Merah Pada Polybag

Manfaat dari jahe itu sendiri sangat banyak, sebagai contoh di indonesia jahe banyak digunakan untuk membuat berbagai macam jenis minuman mulai dari sekoteng, bandrek, dan jenis minuman lainnya yang berfungsi untuk menghangatkan kondisi tubuh. Jahe merah adalah salah satu jenis dari tanaman jahe yang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Karena fungsinya yang sangat bagus maka jenis jahe merah sekarang ini bisa dikatakan mendapatkan tempat dihati masyarakat indonesia. Selain itu, kemudahan di dalam budidaya tanaman jahe merah ini juga bisa dikategorikan cukup mudah dan juga sangat praktis. Walaupun mudah dan praktis di dalam membudidaya tanaman jahe merah, ternyata hasil yang didapat dari budidaya tersebut bisa sangat menguntungkan apabila dijalankan secara serius. Tidak banyak hal yang mempengaruhi keberhasilan dari budidaya jahe merah. Rata-ratabudidaya tanaman pertanian lainnya sangat tergantung pada kondisi cuaca, lokasi serta beberapa faktor lainnya. Hal tersebut tidak berlaku untuk budidaya jahe merah. Anda juga bisa membudidaya tanaman jahe merah di pekarangan rumah ataupun dengan memanfaatkan polybag maupun kantong plastik.

Berdasarkan beberapa pengalaman yang sudah dilakukan oleh pembudidaya jahe merah menyampaikan bahwa membudidaya tanaman jahe merah ini sangat mudah dan tidak merepotkan apabila menggunakan media tanam polybag. Selain itu apabila kita membudidaya jahe merah menggunakan polybag maka kita tidak perlu membutuhkan lahan tanam yang terlalu luas. Bisa dikatakan kita hanya membutuhkan waktu 8 sampai dengan 10 bulan untuk menunggu masa panen dari budidaya jahe merah apabila menggunakan media tanam polybag. Berbeda apabila kita menanam jahe merah langsung pada tanah yang akan membutuhkan waktu sekitar 1 tahun.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Pangan Secara Sederhana

Cara budidaya jahe merah dalam polybag

Berikut ini adalah langkah demi langkah bagaimana cara menanam atau membudidaya tanaman jahe merah dalam polybag atau kantong plastik

1. Tahapan persiapan bibit

Pada langkah ini, anda bisa mendapatkan bibit jahe merah dengan cara langsung mengambil bibit jahe merah yang ada di kebun. Silakan mengambil bibit jahe merah yang sudah cukup berumur, yaitu berkisar antara 8 sampai dengan 10 bulan. Ambil juga jahe merah yang memiliki ukuran cukup besar, memiliki warna yang cerah, mulus serta sehat dan bebas dari berbagai macam penyakit. Tahapan berikutnya, silahkan anda lakukan penjemuran rimpang jahe merah namun tidak sampai benar-benar kering. Berikutnya anda bisa melakukan penyimpanan bibit jahe merah tersebut dengan meletakkan pada tempat yang memiliki suhu ruangan dalam waktu sekitar 1 bulan sampai dengan 1,5 bulan..

2. Tahapan perlakuan pada bibit jahe merah

Pada tahapan ini, silakan anda lakukan pematahan pada bibit jahe merah menggunakan tangan menjadi sekitar 3 sampai dengan 5 bahan tunas cabe merah. Lanjutkan dengan proses penjemuran selama sehari penuh. Di tahap selanjutnya, silakan anda masukan potongan tunas cabe merah tersebut pada sebuah wadah yang sebelumnya sudah dibuat lubang. Silakan dilanjutkan dengan proses pencelupan wadah tersebut menggunakan larutan fungisida dan zat pengatur dengan durasi kurang lebih 1 menit sampai dengan 2 menit. Lakukan pengeringan sebelum melanjutkan ke proses berikutnya.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Palawija Jagung Manis

3. Langkah mempersiapkan media tanam berupa bedeng semai

Silahkan membuat bedeng semai yang digunakan untuk menyemai tunas tunas jahe merah. Sebelumnya anda harus memastikan bahwa bedengan yang anda buat sudah bersih dan tentunya bebas dari rumput liar atau gulma. Taburkan serbuk gergaji atau sekam dengan ketebalan 10 cm. Di atas taburan serbuk gergaji atau sekam tersebut tambahkan lagi pasir halus dengan tebal 5 cm. Selanjutnya, barulah anda menempatkan tunas-tunas dari jahe merah secara berderet pada bagian atasnya. Tahap selanjutnya, silakan anda tutup tunas tunas jahe merah menggunakan ladu, lalu silahkan anda tempatkan bambu dengan ketinggian 40 cm, di plengkung kan dan ditutup dengan memakai plastik. Pada tahapan ini, bibit dari jahe merah bisa dipanen setelah memiliki umur 3 minggu sampai dengan 5 minggu.

4. Mempersiapkan media tanam jahe merah

Pada tahap ini, silakan anda siapkan terlebih dahulu pupuk kandang, pasir halus, tanah, serbuk sekam atau abu, starter mikroba dan juga dolomit. Lanjutkan dengan pencampuran seluruh media tersebut. Tutuplah menggunakan plastik dan lakukan proses pengadukan berulang pada setiap pagi hari selama 15 haridan tutup kembali menggunakan plastik.

5. Tahap penanaman bibit jahe merah

Langkah pertama tentu saja adalah dengan persiapan media tanam berupa polybag berwarna hitam ataupun kantong plastik yang memiliki ukuran 60 cm * 60 cm. Silahkan anda lakukan penekukan secara melebar, kemudian masukkan campuran media tanam yang sudah anda persiapkan seperti dah tutorial diatas. Silakan anda lanjutkan dengan proses  pengambilan tunas jahe merah yang sudah tumbuh lalu tanam pada media tanam polybag ataupun kantong plastik yang berukuran besar. Di tahap selanjutnya silahkan anda pasang paranet pada polybag yang berguna untuk menentukan tanaman jahe merah dari cahaya matahari langsung ataupun air hujan. Ketinggian paranet bisa anda atur kurang lebih satu 1,5 meter.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Tomat Paling Mudah Dalam Pot

6. Tahapan perawatan budidaya jahe merah

tentunya, proses perawatan pada tanaman jahe merah di dalam media tanam polybag tidaklah membutuhkan proses yang rumit. Kegiatan penyiraman cukup dilakukan setiap minggu kurang lebih 2-3 kali. Air yang digunakan untuk menyiram tanaman jahe merah bisa di campur kan dengan pupuk organik. Agar tanaman jahe merah terhindar dari berbagai macam serangan hama dan penyakit, anda bisa secara rutin melakukan penyemprotan fungisida organik maupun dengan insektisida. Anda bisa menambahkan media tanam dengan ketebalan 10 cm untuk setiap 25 hari sekali. Jangan lupa untuk membersihkan rumput liar dan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman jahe merah yang berpotensi mengganggu pertumbuhan dari tanaman jahe merah itu sendiri.

Pada proses budidaya jahe merah menggunakan media tanam polybag, proses pemanenan dari jahe merah bisa dilakukan usia sekitar 10 bulan, bergantung dari proses perawatan tanaman jahe merah itu sendiri. Pada proses pemanenan, anda bisa melakukan dengan cara menyobek atau merusak bagian tepi polybag lalu digoyang-goyang dengan tetap memegang pada bagian batang tanaman jahe merah sampai dengan seluruh tanah yang ada pada umbi jahe merah terlepas sehingga hanya tertinggal cabe merah saja.

Sekian bahasan mengenai cara budidaya tanaman jahe merah menggunakan media tanam polybag. Mudah-mudahan urutan demi urutan bagaimana cara menanam jahe merah di atas bisa anda gunakan sebagai bahan acuan dan referensi didalam membudidaya tanaman jahe merah dan tentunya bisa mendapatkan hasil maksimal dari budidaya tersebut. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi menggunakan botol bekas

Bagi anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sayuran sawi ini, terlebih bagi para pecinta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *