Home / Pertanian / Budidaya / Cara Budidaya Tanaman Lada Atau Mrica

Cara Budidaya Tanaman Lada Atau Mrica

Belajar mengenai Cara Budidaya Tanaman Lada Atau Mrica tidak akan membuat anda rugi. Hal tersebut dikarenakan ketika anda memiliki kemampuan didalam membudidaya tanaman mrica atau lada, anda bisa mencoba bercocok tanam sendiri dirumah. Jenis mrica yang bisa anda budidayakan juga cukup beragam, baik budidaya tanaman mrica atau lada biasa maupun mrica atau lada putih. Bahkan, apabila anda ingin mengembangkan usaha, anda bisa memperbanyak bertanam bibit tanama lada atau mrica dikebun dekat rumah anda.

Cara Budidaya Tanaman Lada Atau Mrica

Seperti kita ketahui bersama bahwa lada atau mrica merupakan jenis tanaman rempah-rempat dan memiliki bentuk biji dengan ukuran kecil serta bisa dipanen dalam jangka waktu tertentu. Salah satu fungsi dari tanaman lada atau mrica adalah sebagai bahan penghangat tubuh dan tentunya sangat dibutuhkan oleh hampir seluruh masyarakat indonesia baik untuk zaman sekarang maupun jaman dahulu. Bahkan sebenarnya dijalan dahulu rempah-rempah lada atau mrica ini juga menjadi buruan negera-negara eropa.

Tidak dibutuhkan ketrampilan khusus untuk membudidaya tanaman lada atau mrica ini. Sekarang ini hampir seluruh kawasan diwilayah indonesia bisa dengan mudah menemukan jenis tanaman yang satu ini. Hal tersebut tidak terlepas dari mudahnya proses budidaya tanaman mrica atau lada. Banyak petani indonesia yang membudidaya tanaman mrica dan lada yang nantinya hasil yangdidapat akan diekspor ke luar negeri.

Bisa dikatakan negara Indonesia adalah salah satu peng eksport mrica atau lada terbesar dan tentunya memiliki kualitas yang cukup bagus. Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda belajar mencoba untuk membudiaya tanaman mrica atau lada karena pangsa pasar komoditas ini sangat luas baik didalam negeri maupun diluar negeri. Untuk membantu anda didalam belajar Cara Budidaya Tanaman Lada Atau Mrica, maka inanesia.com akan mencoba berbagi tutorial tersebut untuk anda.

Adapun syarat-syarat tanaman mrica bisa tumbuh dengan baik:

  1. Tanaman mrica dan lada bisa tumbuh baik pada lahan yang memiliki curah hujan diantara 2.500 sampai dengan 3.000
  2. Tanaman mrica atau lada bisa tumbuh dengan baik jika memperoleh sinar matahari sekitar 10 jam tiap hari dan memiliki suhu udara 20 sampai dengan 34 derajat celcius.
  3. Kondisi tanah memiliki kesuburan dengan PH 5-7 dan juga memiliki posisi ketinggian antara 300 sampai dengan 1.500 diatas permukaan laut. Lokasi tersebut adalah lokasi yang sangat tepat untuk menanam bibit tanaman mrica dan lada.
  4. Jenis-jenis tanah yang paling pas untuk membudidaya tanaman lada dan mrica adalah jenis utisol, latosol, podsolik dan juga lateritic.
Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Hias Dengan Mudah Dan Cepat

Tahapan pembibitan tanaman mrica dan lada

Tahapan perdana yang harus dilakukan didalam membudidaya tanaman mrica atau lada adalah memilih bibit yang berkualitas unggul supaya tanaman lada atau mrica yang nantinya tumbuh bisa berkualitas bagus dan nantinya bisa menghasilkan panen yang bagus juga. Adapun ciri-ciri bibit lada dan mrica yang berkualitas unggul adalah sebagai berikut:

  1. Bibit tanaman lada dan mrica terbebas dari berbagai macam penyakit dan hama
  2. Bibit tanaman bersumber dari indukan tanaman mrica dan lada yang berkualitas dan sehat
  3. Adanya jaminan kemurnian dari bibit mrica atau lada
  4. Sebagai gambaran, dalam 1 hektar tanah membutuhkan bibit mrica sekitar 2.000

Langkah-langkah mengolah media tanam dan langkah menanam lada atau mrica:

  1. Silahkan anda gemburkan lahan dengan memakai cangkul dengan kedalam kurang lebih 30 cm
  2. Apabila kadar tanah memiliki PH dibawah 5, maka anda bisa menambahkan kapur jenis dolomite pada lahan tersebut. Selanjutnya anda bisa menunggu selama kurang lebih 4 minggu sebelum bibit tanaman mrica atau lada ditanam.
  3. Untuk meningkatkan kesuburan tanah, anda bisa menambahkan pupuk kompos yang sebelumnya sudah di fermentasikan. Selanjutnya anda bisa menunggu lahan tersebut kurang lebih 2 minggu supaya seluruh zat yang ada didalam pupuk kompos tersebut terserap dengan sempurna.
Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Padi Agar Hasil Melimpah

Langkah-langkah menanam tanaman lada atau mrica:

  1. Teknik yang digunakan untuk menanam lada atau mrica bisa menggunakan teknik tumpang sari atau monokultur. Jarak antara tanaman yang satu dengan yang lainnya adalah 2 meter persegi.
  2. Silahkan anda mulai dengan membuat lubang dengan bentuk limas. Lubang tersebut usahakan memiliki kedalam sekitar 50 cm, ukuran lubang bagian bawah 40 x 15 cm dan ukuran lubang atas 40 x 35 cm.
  3. Usahakan anda membuat lubang untuk menanam tanaman lada atau mrica tersebut 2 minggu sebelum tanaman mrica ti tanam
  4. Sangat dianjurkan untuk menanam tanaman lada atau mrica disekitar awal musim hujan. Pilihlah suasana yang tidak terlalu panas pada saat menanam pohon lada atau mrica, yaitu anda bisa memiliki pada pagi hari atau sore hari.
  5. Begitu anda selesai menanam mrica, silahkan anda tambahkan pupuk kompos dengan takaran 100 gram untuk setiap tanaman. Selanjutnya silahkan anda siram menggunakan air secukupnya.

Langkah-langkah memelihara tanaman lada atau mrica

Berikut ini adalah langkah demi langkah yang bisa anda praktekan di dalam membudidaya tanaman mrica atau lada, baik lada biasa maupun lada putih

1. Proses pembuatan sulur

Anda bisa membuat atap untuk tanaman mrica dengan memanfaatkan kayu atau bambu. Selanjutnya silahkan anda ikatkan tali dari bagian atap menuju ke bagian bawah sampai dengan kesamping tanaman mrica atau lada. Tali tersebut digunakan untuk media rambat tanaman mrica.

2. Proses menyiangi tanaman mrica

Menyiangi tanaman mrica digunakan untuk membersihkan rumput dan gulma disekitar tanaman mrica yang mengganggu pertumbuhan tanaman mrica atau lada tersebut. Anda bisa melakukan proses penyiangan secara rutin 2 bulan sekali.

3. Proses perempelan tanaman mrica

Untuk proses perempelan, silahkan anda lakukan pemangkasan pada bagian ranting, bagian batang dan juga bagian dahan pada tanaman mrica. Anda bisa memilih bagian yang di rempel pada bagian yang terkena serangan penyakit dan juga berguna untuk melakukan peremajaan pada tanaman mrica.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Terong Paling Praktis

4. Proses pemupukan susulan pada tanaman mrica

Guna mempertahankan kondisi tanah supaya tetap subur, maka anda bisa melakukan pemupukan kembali pada tanaman mrica. Pemupukan susulan ini bisa dilakukan setelah 6 bulan sekali menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang.

5. Proses penyiraman tanaman mrica

Tujuan menyiram tanaman mrica adalah untuk menjaga kondisi tanaman mrica tumbuh dengan sempurna. Lakukan proses penyiraman sekali dalam sehari. Anda juga harus memastikan drainase pada media tanam agar tidak menggenang. Tidak menggenang ketika tanaman disiram dan tidak menggenang pada saat musim penghujan.

6. Proses pemanenan mrica

Masa tanam tanaman mrica memang cukup lama sampai dengan masa panennya. Ketika anda bisa menjaga dan merawat tanaman mrica atau lada dengan baik, maka anda bisa panen mrica setelah masuk tahun ke 3. Adapun ciri-ciri buah mrica siap untuk dipanen adalah tangkai pada biji mrica sudah berubah warna menjadi kuning serta buah mrica sudah matang berwarna kuning kemerah-merahan.

Langkah untuk memetik buah mrica adalah dengan cara mengambil buah mrica lengkap dengan tangkainya memakai tangan. Tanaman mrica akan selalu berbuah dan produktif dalam menghasilkan buah mrica dalam kurun waktu 8 sampai dengan 15 tahun. Namun tentunya kembali ke jenis dari varietas dari bibit tanaman mrica dan proses perawatan dari tanaman mrica atau lada itu sendiri.

Sekian informasi singkat mengenai Cara Budidaya Tanaman Lada Atau Mrica yang bisa saya ulas pada postingan kali ini. Diharapkan nantinya anda bisa mengaplikasikan tutorial diatas sehingga anda bisa mengembangkan budidaya tanaman mrica dan anda bisa mendapatkan manfaat dari budidaya tersebut. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi menggunakan botol bekas

Bagi anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sayuran sawi ini, terlebih bagi para pecinta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *