Home / Pertanian / Budidaya / Cara Budidaya Tanaman Lombok Dipekarangan Rumah

Cara Budidaya Tanaman Lombok Dipekarangan Rumah

Istilah lombok sebenarnya sama dengan cabe. Lombok ini banyak dimanfaatkan oleh ibu rumah tangga untuk membuat bumbu dapur pemberi rasa pedas. Cara budidaya tanaman lombok banyak dilakukan masyarakat dilahan pekarangan rumah yang masih kosong. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk memaksimalkan lahan kosong agar bisa berguna dan mendatangkan manfaat lebih. Selain itu, dengan membudidaya lombok sendiri, tentunya anda bisa menghemat pengeluaran belanja bahan dapur.

Cara Budidaya Tanaman Lombok Dipekarangan Rumah

Bisa dikatakan, ombok adalah bagian bumbu dapur untuk membuat rasa masakan menjadi pedas yang harus ada pada dapur anda. Lombok adalah bumbu dapur utama pada proses pembuatan sambal yang merupakan pemdamping makanan di meja makan. Bagi sejumlah orang, masakan yang tanpa menggunakan sambal rasanya hambar dan merasakan ada sesuatu yang kurang.

Apabila anda merupakan salah satu penggemar sambal pedas, maka lebih baik anda belajar bagaimana cara budidaya tanaman lombok agar anda bisa panen lombok sendiri dan tentunya ada bisa mengatur sendiri jumlah lombok yang akan digunakan untuk membuat sambal. Selain itu, kapanpun anda mau membuat sambal pedas, maka anda bisa langsung memetiknya dipekarangan rumah anda.

Cara budidaya tanaman lombok ini bukanlah teknik yang terlalu sulit untuk dikerjakan. Bahkan, bisa tergolong cukup mudah untuk ke kerjakan. Untuk itulah pada artikel saat ini, inanesia.com akan mencoba membahas mengenai cara budidaya tanaman lombok secara umum yang bisa anda praktekan.pada artikel kali ini juga akan dibahas bagaimana cara menanam lombok yang memiliki kualitas bagus sehingga nantinya akan didapat cabe yang memiliki rasa pedas.

Anda tentunya bisa memilih untuk menanam jenis lombok keriting ataupun jenis lombok yang lain sesuai dengan keinginan anda. Pada tutorial bagaimana cara budidaya tanaman lombok ini diharapkan bisa memberikan anda sebuah pengetahuan dan juga bisa menjadi acuan anda di dalam budidaya tanaman lombok di pekarangan rumah ataupun di kebun. Dengan memiliki tanaman lombok di pekarangan rumah, tentunya anda bisa berhemat untuk tidak membeli lombok di pasar yang tentu saja bisa memiliki harga cukup mahal.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Air Pada Akuarium

Berikut adalah cara budidaya tanaman lombok di pekarangan rumah

1. Proses pembibitan lombok

Pada tahapan awal untuk proses pembibitan lombok adalah memilih bibit lombok yang memiliki kualitas cukup tinggi. Anda bisa menentukan juga jenis lombok yang hendak dibudidaya, termasuk di dalamnya adalah proses pemilihan bibit lombok yang masih dalam kondisi segar dan matang. Setelah itu silakan anda lakukan pengupasan dan juga keluarkan seluruh biji dari dalam buah lombok. Selanjutnya, silakan anda lakukan penjemuran bibit lombok tersebut di bawah terik matahari hingga biji dari lombok tersebut benar-benar kering.

2. Tahapan penyemaian bibit lombok

Tahapan berikutnya di dalam budidaya tanaman lombok adalah proses menyemai bibit lombok tersebut. Anda tentunya bisa menggunakan media polybag untuk menyemai. Atau, anda juga bisa menggunakan bedengan  sebagai media semai bibit lombok. Kedua metode tersebut merupakan metode yang cukup bagus dan efektif di dalam proses penyemaian bibit lombok. Apabila anda menggunakan media bedengan untuk penyemaian bibit lombok, silakan anda persiapkan media bedengan, lalu dilanjutkan dengan pemberian pupuk kompos pada bedengan tersebut secara merata.

Setelah itu baru anda tebarkan bibit lombok. Selanjutnya, anda bisa menutup bagian atas semayan bibit lombok tersebut menggunakan rumput-rumput yang sudah kering dimana hal tersebut bertujuan untuk menjaga kondisi tanah agar tetap lembab. Di tahap terakhir, anda cukup menunggu bibit lombok tersebut tumbuh dengan durasi waktu kurang lebih sekitar 5 hari atau bibit lombok sudah tumbuh dan memiliki daun di sekitar 4 helai.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Melon Agar Hasil Panen Melimpah

3. Tahapan mempersiapkan lahan tanam tanaman lombok

Tahap berikutnya adalah proses mempersiapkan lahan yang digunakan untuk menanam tanaman lombok ini. Anda bisa menanam lombok dengan ukuran kurang lebih 1 meter sampai dengan 1.5 meter serta memiliki ketinggian bedengan kurang lebih 30 cm. Untuk jarak bedengan, anda bisa membuatnya kurang lebih 30 cm. Selanjutnya, untuk jarak masing-masing lubang tanam dari tanaman lombok tersebut bisa dibuat antara 40 cm sampai dengan 60 cm. Sebagai alternatif, polybag juga bisa anda gunakan apabila lahan tanam yang anda miliki tidak terlalu luas.

4. Tahapan penanaman tanaman lombok

Usahakan, pada awal penanaman tanaman lombok ini dilakukan di saat kondisi curah hujan tidak terlalu tinggi. Hal tersebut untuk menjaga dan mencegah agar tidak terjadi pembusukan pada bibit tanaman lombok. Silahkan anda pindahkan bibit tanaman lombok yang sudah memiliki daun sekitar 4 helai ke polybag ataupun ke bedengan yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Lakukan proses penyiraman menggunakan air bersih setiap hari guna mempertahankan tingkat kelembaban tanah. Namun anda juga harus memastikan agar tidak ada genangan air pada polybag maupun bedengan agar bibit dari tanaman lombok tidak membusuk.

5. Tahapan pemupukan tanaman lombok

Untuk mendapatkan tingkat pertumbuhan tanaman lombok yang paling baik, yang maka tentunya proses pemupukan ulang perlu dilakukan. Sangat disarankan untuk melakukan pemupukan menggunakan jenis pupuk kompos supaya kesuburan tanah tetap terjaga dalam waktu yang lama. Silahkan anda lakukan pemupukan ulang ketika daun dari tanaman lombok sudah mulai terlihat menguning atau umur tanaman lombok sudah mencapai 2 bulan setelah masa tanam.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Jahe Pada Pada Pot di Pekarangan Rumah

6. Tahapan perawatan tanaman lombok

Tahapan yang paling rutin dilakukan untuk budidaya tanaman lombok adalah proses penyiraman yang dilakukan setiap hari. Proses penyiraman tanaman lombok ini tentunya memiliki tujuan supaya kondisi tanah disekitar tanaman lombok tetap terjaga kelembabannya dan tidak mengalami kekeringan. Selain proses penyiraman, yang pencabutan rumput liar atau gulma yang memiliki potensi mengganggu pertumbuhan tanaman lombok juga perlu dilakukan. Lakukan proses pemupukan secara rutin menggunakan jenis pupuk daun supaya proses pertumbuhan daun dari tanaman lomba semakin cepat.

7. Tahapan pemanenan lombok

Tentunya setelah menunggu kurang lebih 6 bulan kelompok yang anda harapkan bisa dipanen. Silahkan anda panen lombok lombok yang sudah terlihat masak dan masih dalam kondisi segar. Proses pemanenan ini memang tidak bisa dilakukan sekaligus. Hal tersebut dikarenakan durasi waktu yang dibutuhkan buah lombok untuk menjadi menetang antara yang satu dengan yang lainnya tidaklah sama.

Sekian bahasan singkat mengenai cara budidaya tanaman lombok yang bisa anda lakukan di pekarangan rumah baik menggunakan media polybag maupun langsung pada bedengan yang sebelumnya sudah dipersiapkan. Mudah-mudahan tutorial singkat pada kesempatan kali ini mengenai cara budidaya lombok bisa berguna dan bermanfaat untuk anda sehingga anda bisa menerapkan sendiri di pekarangan rumah. Apa positifnya, anda bisa melakukan penghematan biaya pembelian lombok di pasaran yang mana harga lombok di pasaran kadangkala melambung tinggi yang tentunya bisa menguras dompet anda. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi menggunakan botol bekas

Bagi anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sayuran sawi ini, terlebih bagi para pecinta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *