Home / Pertanian / Budidaya / Cara Budidaya Tanaman Obat Secara Umum

Cara Budidaya Tanaman Obat Secara Umum

Cara budidaya tanaman obat tentunya perlu dipelajari supaya kita bisa belajar bagaimana melakukan penanaman tanaman obat dengan baik dan benar. Dengan memiliki tanaman obat sendiri di pekarangan rumah tentunya kita akan lebih mudah mendapatkan berbagai macam jenis tanaman obat jika suatu saat membutuhkannya. Oleh sebab itulah pada postingan saat ini saya akan mencoba berbagi informasi mengenai cara budidaya tanaman obat secara umum. Dengan kemampuan membudidaya tanaman obat secara umum, maka tentunya makan bisa dijadikan sebagai peluang bisnis apabila kita bisa mengembangkannya secara maksimal. Media ataupun lahan yang digunakan untuk membudidaya tanaman obat ini juga bisa dilakukan pada area yang sempit, misalnya adalah lahan pekarangan.

Cara Budidaya Tanaman Obat

Ada berbagai macam jenis tanaman obat yang bisa anda coba untuk di budidaya. Namun, masing-masing jenis tanaman obat tentunya memiliki karakteristik sendiri serta membutuhkan perlakuan yang berbeda antara satu tanaman obat dengan tanaman obat yang lainnya. Namun demikian, pada penjelasan yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini sudah dispesifikasikan berdasarkan contoh-contoh tanaman obat yang bisa anda tanam di sekitar pekarangan rumah anda. Dengan memiliki tanaman obat sendiri di pekarangan rumah, maka tentunya kita akan lebih mudah di dalam mendapatkan obat pada saat dibutuhkan.

Beberapa contoh tanaman obat yang bisa dibudidaya:

1. Buah pare

metode ataupun cara budidaya tanaman buah pare ini bisa dikatakan sangat mudah dan juga sangat sederhana. Proses budidayanya bisa menggunakan dua metode yaitu dengan cara langsung menanam benih ataupun bijitanaman pare langsung ke tanah ataupun dengan memanfaatkan polybag maupun pot. Sementara itu, cara yang kedua adalah dengan model penyemaian benih terlebih dahulu. Setelah beberapa hari dan benih sudah tumbuh menjadi bibit dari tanaman obat pare, maka selanjutnya bisa dipindah pada media tanam yang terdiri dari campuran antara kompos atau pupuk kandang dengan tanah sehingga hal tersebut bisa meningkatkan nutrisi serta kandungan unsur hara didalam tanah.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Melon Agar Hasil Panen Melimpah

Manfaat dari tanaman obat pare

  • Pare tentunya sangat ampuh untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit, salah satunya adalah untuk mengobati penyakit asam urat. Cara menggunakannya yaitu dengan mengambil satu buah pare, lalu silahkan anda buang bagian bijinya. Setelah itu silahkan anda potong-potong buah pare kemudian dilanjutkan dengan merebus pada air yang sudah mendidih. Tahapan terakhir adalah setelah buah pare sedikit masak maka silakan anda angkat air rebusan dari buah pare lalu silahkan anda minum dalam kondisi hangat dengan porsi satu kali dalam sehari.

2. Tanaman obat kunyit, beras kencur dan lengkuas

Ketiga jenis tanaman obat ini tentunya sudah sangat familiar di telinga masyarakat indonesia. Hal tersebut tentu disebabkan karena manfaatnya yang cukup besar dari tanaman obat beras kencur, kunyit serta lengkuas. Oleh sebab itu tentu tidak ada salahnya apabila kita belajar mencoba bagaimana melakukan penanaman beberapa tanaman obat mulai dari beras kencur apa kunyit serta lengkuas.

Beberapa manfaat dari tanaman obat beras kencur apa kunyit serta lengkuas

  • berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan di dalam tubuh
  • Berfungsi untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka
  • Berfungsi untuk membantu mempercepat proses penyembuhan pada kulit
  • Membantu proses memperlambat penyebaran penyakit pada tubuh
    tanaman temulawak
Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Bonsai Bercita rasa Tinggi

Tanaman temulawak ini tentunya sudah sangat terkenal, apa lagi di kalangan masyarakat yang sering berkutat pada ramuan obat tradisional. Tanaman temulawak ini tentunya sangat manjur di dalam mengobati berbagai macam jenis penyakit. Oleh sebab itu, alangkah baiknya apabila kita belajar bagaimana cara menanam temulawak sehingga nantinya apabila membutuhkan kita sudah memiliki cadangan nya.

Proses penanaman dari tanaman obat temulawak ini juga tergolong cukup mudah dan hampir sama dengan teknik budidaya pada tanaman obat yang lainnya. Tahapan-tahapan yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan proses penggemburan tanah serta penyuburan tanah yang dilakukan dengan metode menyebarkan pupuk kandang secara merata di atas media tanam. Supaya tanaman temulawak ini bisa berkembang dengan cepat maka proses penyiraman dan pemupukan juga harus dilakukan secara rutin.

Fungsi dari tanaman obat temulawak

  • Tanaman obat yang berbahan dasar temulawak bisa berguna untuk menambah nafsu makan
  • Kondisi flek hitam diwajah juga bisa dihilangkan menggunakan temu lawak
  • Bisa berfungsi untuk mengobati penyakit kanker dan hati
  • Berguna untuk menurunkan tingkat kadar kolesterol yang terlalu tinggi
  • Manfaat yang terakhir adalah memperbaiki kegiatan pencernaan dengan baik dan benar

3. Tanaman Lidah Buaya

Bisa dikatakan, tanaman obat lidah buaya adalah salah satu jenis tanaman yang mudah di budidaya di pekarangan sekitar rumah. Hal tersebut tentunya bertujuan untuk mempermudah setiap orang yang ingin belajar cara budidaya tanaman obat ini mendapatkan informasi dan tutorial bagaimana cara membudidaya tanaman lidah buaya dengan baik dan benar.
Budidaya tanaman lidah buaya ini bisa dilakukan pada pot yang berukuran khusus yang diisi dengan tanah yang sudah dicampur pupuk kompos. Beberapa manfaat dari tanaman lidah buaya adalah sebagai berikut:

  • Pemupukan rutin perlu dilakukan untuk menjaga kondisi tanaman obat tetap segar
  • Buang rumput liar atau gulma yang tumbuh di sekitar tanaman pohon pisang.
  • Manfaat dari tanaman lidah buaya
  • Dapat menghilangkan jerawat dan flek flek bekas jerawat
  • Bisa berguna untuk melembabkan serta menghaluskan kulit pada tubuh manusia
  • Bisa mengurangi serta menghilangkan jerawat
  • Apabila dilakukan secara rutin maka tentunya lidah buaya bisa berguna untuk menyuburkan kulit
  • Kelembaban rambut juga harus dijaga oleh kita dengan cara sering melakukan penyiraman pada tanaman lidah buaya
Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Sayuran Didekat Rumah

Sekian tutorial singkat mengenai cara budidaya tanaman obat secara umum yang mudah-mudahan bisa berguna untuk anda yang sekarang ini sedang mempelajari bagaimana cara bercocok tanam tanaman obat di pekarangan rumah yang nantinya memiliki tujuan supaya kita lebih mudah mendapatkan berbagai macam obat apabila suatu saat menyerang kita. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih atas kunjungan anda.

Artikel menarik lainnya

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi menggunakan botol bekas

Bagi anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sayuran sawi ini, terlebih bagi para pecinta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *