Home / Pertanian / Budidaya / Cara Budidaya Tanaman Palawija Jagung Manis

Cara Budidaya Tanaman Palawija Jagung Manis

Cara budidaya tanaman palawija jagung manis Tidaklah terlalu sulit dan tentunya bisa dikerjakan oleh siapa saja, termasuk adalah Anda yang ingin mencoba untuk menanam tanaman palawija jagung manis di sekitar rumah Anda atau ingin mengembangkan sebagai lahan bisnis. Membudidaya tanaman palawija jagung manis juga bisa anda kerjakan sebagai Kegiatan dan usaha sampingan, Sehingga nantinya Ketika anda berhasil di dalam membudidaya tanaman palawija jagung manis dalam skala kecil, maka anda bisa mengembangkan ke Skala yang lebih besar lagi.

Cara Budidaya Tanaman Palawija Jagung Manis

Ketekunan adalah salah satu bagian terpenting yang harus anda miliki Dan Anda pahami sebelum anda terjun di dalam kegiatan budidaya tanaman palawija jagung manis. Anda harus melakukan pekerjaan budidaya tanaman palawija jagung manis dengan fokus, serius serta bersungguh-sungguh Sehingga nantinya akan didapat hasil yang maksimal.

Sebelum kita masuk ke langkah Bagaimana cara budidaya tanaman palawija jagung manis, maka ada baiknya kita mengetahui dulu beberapa deskripsi mengenai tanaman jagung manis tersebut. Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai tanaman jagung manis adalah sebagai berikut

  1. Jagung manis bisa hidup pada umur sekitar 60 sampai dengan 150 hari berhitung mulai bibit jagung manis ditanam di tanah.
  2. Pohon dari tanaman jagung manis bisa mencapai ketinggian 1 meter sampai dengan 3 meter, tergantung dari jenis bibit jagung manis itu sendiri
  3. Siklus hidup jagung manis terdiri dari dua macam. Siklus hidup jagung manis yang pertama disebut dan siklus hidup jagung manis yang berikutnya adalah generatif
  4. Jenis akar yang dimiliki pada tanaman jagung manis adalah jenis akar serabut
  5. Jenis batang dari tanaman jagung manis adalah tegak dan beruas

Setelah anda memahami beberapa deskripsi mengenai tanaman jagung manis, lengkap berikutnya adalah kita akan mempelajari tahapan demi tahapan membudidaya tanaman jagung manis Sehingga nantinya anda akan lebih paham di dalam mempraktekannya

Cara budidaya tanaman jagung manis terdiri dari 8 tahapan, yaitu:

Adapun tahapan demi tahapan cara budidaya tanaman jagung manis bisa anda kerjakan dengan langkah sebagai berikut:

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Jengkol Di Area Perkebunan

1. Tahap Mencari serta mendapatkan bibit benih tanaman jagung manis

Proses pertama yang harus anda lakukan di dalam mengawali budidaya tanaman palawija jagung manis adalah proses pengadaan bibit dari jagung manis itu sendiri. Anda harus bisa mendapatkan jenis bibit jagung manis yang memiliki kualitas tinggi serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Usahakan, Anda bisa mendapatkan bibit jagung manis yang berasal dari indukan varietas yang cukup unggul dan tentunya terbebas dari adanya cacat fisik.

Tahapan termudah di mana Anda bisa mendapatkan bibit tanaman jagung manis adalah dengan membeli langsung pada petani Jagung manis. Apabila anda kesulitan untuk mencari petani jagung manis, maka anda bisa menuju ke toko pertanian untuk membeli bibit dari tanaman jagung manis. Pemilihan bibit tanaman jagung manis yang berkualitas tinggi ini bertujuan agar nantinya bibit jagung manis tersebut bisa tumbuh dengan sehat dan subur. Perlu kita ketahui bersama, walaupun teknik dan cara penanaman jagung manis sudah benar, apabila tidak didukung dengan bibit jagung manis yang baik maka proses pertumbuhan dari tanaman jagung manis akan terhambat.

2. Tahapan pengolahan lahan tanaman

Tahapan berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah proses untuk mempersiapkan tempat untuk menanam jagung manis. Langkah-langkah yang perlu dilakukan pada proses pengolahan lahan tanaman untuk jagung manis adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama silahkan anda lakukan pencangkulan pada tanah sehingga akan dihasilkan kondisi tanah yang gembur, lalu silakan Anda biarkan kurang lebih 1 minggu untuk proses penganginan.
  • Langkah kedua silahkan anda lakukan proses pembersihan berbagai macam rumput pengganggu atau gulma bersamaan dengan proses pencangkulan pada langkah pertama
  • Anda bisa menambahkan jenis kapur dolomit apabila tingkat keasaman pada tanah cukup tinggi, yaitu dengan PH kurang dari angka 5. Takaran kapur dolomit adalah seberat 1 ton untuk setiap 2 hektar area tanam jagung manis.
  • Untuk meningkatkan kualitas nutrisi dari tanah yang nantinya akan digunakan sebagai lahan tanam budidaya jagung manis, anda bisa menambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang.
  • Proses penanaman bibit jagung manis tidak membutuhkan proses penyemaian.
  • Untuk mempermudah proses penyerapan air, anda bisa membuat saluran drainase. Saluran drainase tersebut juga nantinya berfungsi supaya air di sekitar tanaman jagung manis tidak menggenang. Genangan air di sekitar pohon jagung manis yang terlalu lama akan menyebabkan pembusukan pada tanaman jagung itu sendiri. Silahkan anda membuat saluran drainase dengan jarak kurang lebih 4 meter.
  • Silahkan anda membuat lubang untuk menanam bibit jagung manis dengan kedalaman kurang lebih 4 sampai dengan 5 cm. Kemudian, untuk jarak masing-masing lubang sekitar 30 * 60 cm
Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Terong Paling Praktis

3. Langkah di dalam Menanam jagung manis

Tahapan ataupun proses Menanam jagung manis bisa dilakukan dengan cara memasukkan benih bibit jagung manis ke dalam lobang yang sebelumnya sudah anda buat. Sebagai catatan, anda bisa memilih penanaman jagung manis pada waktu awal musim hujan. Sangat disarankan untuk memasukkan 1 biji bibit jagung manis untuk masing-masing lubang.

4. Tahap penyulaman tanaman jagung manis yang tidak tumbuh

Tahapan ini Tentunya perlu dilakukan guna melengkapi tanaman jagung manis yang tidak tumbuh. Proses penyulaman bibit tanaman jagung manis yang tidak tumbuh lebih baik anda lakukan pada saat umur tanaman jagung manis kurang lebih 1 minggu. Pada umur 1 minggu tersebut, bibit tanaman jagung manis sudah mulai tumbuh sehingga Anda bisa mengetahui mana bibit yang tumbuh dan mana bibit yang tidak tumbuh. Dengan adanya proses penyulaman pada bibit tanaman jagung manis yang tidak tumbuh, maka kedepan proses pertumbuhan dari budidaya palawija jagung manis Advan seragam.

5. Tahapan pembumbunan tanaman jagung manis dan juga proses penyiangan dari berbagai macam gulma

Pada saat usia tanaman jagung manis menginjak 2 minggu terhitung mulai proses penanaman,P maka silakan Anda mulai proses pembersihan berbagai macam jenis rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman jagung manis. Anda bisa menggunakan cangkul kecil atau langsung mencabutnya menggunakan tangan . Proses pembersihan rumput liar tanpa menggunakan pestisida merupakan langkah alami sehingga akan membuat hasil panen dari budidaya palawija jagung manis semakin meningkat.

Untuk mencegah supaya tanaman jagung manis tidak mudah roboh, maka anda bisa melakukan pembumbunan atau proses pengumpulan tanah di area sekitar tanaman jagung manis untuk dibuat gundukan pada tanaman jagung manis itu sendiri. Proses pembusukan ini bisa anda lakukan ketika tanaman jagung manis sudah mulai tinggi, kurang lebih pada umur 1 bulan.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Obat Secara Umum

6. Tahapan penyiraman tanaman jagung manis

Untuk menghadapi adanya musim kemarau, maka anda bisa melakukan tahapan antisipasi berupa proses penyiraman pada tanaman jagung manis. Tujuan dari proses penyiraman tanaman jagung manis tentunya agar tingkat kelembaban tanah disekitar tanaman jagung manis bisa tetap terjaga dan Kebutuhan air pada tanaman jagung manis bisa selalu terpenuhi yang nantinya akan membuat pertumbuhan tanaman jagung manis semakin baik

7. Tahapan pemupukan susulan tanaman jagung manis

Proses pemupukan tanaman jagung manis tidak bisa dilakukan hanya satu kali saja. Setelah tanaman jagung manis mencapai umur sekitar 2 bulan terhitung dari proses penanaman, maka proses pemupukan perlu dilakukan kembali. Tujuan dari tahapan pemupukan susulan adalah untuk menambah unsur zat hara serta kesuburan pada tanah. Semakin subur kondisi tanah, maka akan semakin baik pula pertumbuhan dari tanaman jagung manis.

8.Proses pemanenan jagung manis

Proses pemanenan jagung manis tentunya sangat beragam, tergantung dari varietas jagung manis yang ditanam. Faktor ketinggian tanah dan cuaca juga turut mempengaruhi lama tidaknya masa tunggu untuk proses pemanenan jagung manis . Biasanya, tanaman jagung manis yang ditanam pada dataran rendah akan lebih cepat dipanen dibandingkan dengan tanaman jagung manis yang ditanam pada dataran tinggi. Namun, secara umum rata-rata umur dari tanaman jagung manis adalah 60 sampai dengan 150 hari dari masa penanaman bibit. Tentunya semakin tinggi dataran di mana anda Menanam jagung manis, maka akan semakin lama waktu panen nya.

Itulah beberapa cara budidaya tanaman palawija jagung manis yang bisa saya ulas pada posting artikel kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda memahami urutan demi urutan bagaimana melakukan budidaya tanaman palawija jagung manis, anda bisa mencoba untuk mempraktekkannya Sehingga anda memiliki kemampuan untuk mengembangkan usaha budidaya tanaman palawija jagung manis . Terima kasih, Selamat mencoba dan semoga sukses .

Artikel menarik lainnya

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi menggunakan botol bekas

Bagi anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sayuran sawi ini, terlebih bagi para pecinta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *