Home / Pertanian / Budidaya / Cara Budidaya Tanaman Sayuran Didekat Rumah

Cara Budidaya Tanaman Sayuran Didekat Rumah

Pada kesempatan kali ini inanesia.com akan mencoba membahas mengenai Cara Budidaya Tanaman Sayuran. Hal tersebut dilatarbelakangi karena kebutuhan sayuran sekarang ini sangat tinggi. Disamping itu, sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang banyak di buru oleh masyarakat di pasar. Didalam sayuran terdapat banyak sekali kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, mulai dari protein, vitamin, dan berbagai macam zat mineral guna mempertahankan kesehatan tubuh manusia. Untuk itulah sangat disarankan kita bisa mengkonsumsi sayuran secara rutin.

Cara Budidaya Tanaman Sayuran Didekat Rumah

Karena letak geografis indonesia yang cukup baik memungkinkan budidaya tanaman sayuran bisa dilakukan. Alasannya karena di negara Indonesia, sinar matahari bisa sepanjang tahun. Oleh sebab itulah sangat tidak mengherankan bahwa budidaya tanaman sayuran dari tahun ke tahun semakin berkembang dan meningkat. Efek positifnya, perkembangan ekonomi dari budidaya tanaman sayuran ini akan semakin meningkat.

1. Langkah membudidaya tanaman sayuran

Tanaman sayuran terbagi menjadi beberapa jenis. Oleh sebab itulah, sayuran juga tentunya memiliki karakteristik sendiri. Dari perbedaan karakteristrik tersebutlah diharapkan para petani yang ingin membudidaya tanaman sayuran mengetahui Cara Budidaya Tanaman Sayuran secara benar sehingga proses pertumbuhan sayuran bisa maksimal. Walaupun ada perbedaan pada masing-masing proses penanaman tanaman sayuran, pada umumnya, proses menanam sayuran juga memiliki kesamaan.

2. Langkah pembibitan tanaman sayuran

Teknik membuat bibit pada tanaman sayuran juga perlu dipelajari. Hal tersebut dikarenakan masing-masing tanaman sayuran tentunya membutuhkan proses pembibitan. Beberapa ciri dari bibit tanaman sayuran yang berkualitas bagus adalah memiliki proses pertumbuhan yang tinggi, terbebas dari penyakit dan hama, kemampuan dalam berkecambah bisa mencapai 80% serta memiliki induk yang sehat dan kuat. Perlakuan khusus perlu dilakukan pada beberapa jenis tanaman sayuran karena memang memiliki karakteristik khusus. Bibit pada tanaman sayuran juga tentunya membutuhkan banyak asupan air yang cukup banyak, proses pemberantasan hama dan juga pemupukan jenis kompos yang cukup.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Hias Dengan Mudah Dan Cepat

3. Langkah dan tahapan pengolahan media tanam tanah

Setelah bibit tanaman sayuran tersedia, maka tahapan berikutnya adalah proses pemindahan bibit ke media tanam yang permanen. Namun, sebelumnya tentu kita harus mengolah tanah terlebih dahulu agar tanah siap untuk ditanami sayuran. Pengolahan tanah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penggemburan tanah. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa lahan yang dipersiapkan harus sesuai dengan syarat-syarat yang dibutuhkan oleh tanaman sayur yang hendak ditanam. Salah satu contohnya adalah kesesuaikan kadar Ph dan juga kandungan air didalamnya. Proses penggemburan tanah, anda bisa menggunakan cangkul atau mesin traktor apabila lahan yang akan diolah cukup luas.

4. Tahapan penanaman tanaman sayuran

Pada tahapan ini anda harus memastikan perlu tidaknya tanaman sayuran yang akan ditanam disemai. Apabila memang perlu disemai, maka silahkan anda lakukan penyemaian terlebih dahulu. Namun, apabila tidak, anda bisa langsung melanjutkan ke proses penanaman tanaman sayur tersebut. Pada proses penanaman sayuran ini, satu hal penting yang sangat mempengaruhi keberhasilan dari budidaya sayuran adalah jarak tanam.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Pisang Hanya Dengan Beberapa Langkah

5. Tahapan pemeliharaan tanaman sayuran

Terdapat 3 tahapan perawatan tanaman sayuran yang perlu anda lakukan. Tahapan pertama adalah proses pengairan. Kebutuhan air untuk pertumbuhan tanaman sayuran harus terpenuhi dan jangan sampai mengalami kekurangan. Proses perawatan yang ke dua adalah proses pemangkasan dan juga pembersihkan gulma dan rumput pengganggu. Tujuan dari pemangkasan tanaman adalah untuk merangsang tumbuhnya bagian baru dari bagian yang dipangkas. Selain itu, dengan adanya pemangkasan, hama dan penyakit yang berpotensi menyerang tanaman sayuran bisa diminimalisir.

Perawatan yang terakhir adalah proses pemupukan. Anda bisa melakukan proses pemupukan secara berkala dalam waktu tertentu, misalnya adalah 1 bulan sekali atau menyesuaikan dengan kebutuhan. Pada proses pemupukan ini, anda juga harus memantau kebutuhan nutrisi dari tanaman sayuran terpenuhi, jangan sampai daun sayuran menguning karena kekurangan nutrisi dalam tanah.

6. Tahapan pemanenan serta pasca panen tanaman sayuran

Masa panen dari tanaman sayuran tentunya memiliki masa tersendiri dan berbeda-beda. Ada jenis sayuran yang bisa dipanen dalam jangka waktu 30 hari, namun ada juga sayuran yang bisa dipanen setelah menunggu waktu sampai beberapa bulan. Untuk itulah sangat penting bagi anda untuk mengetahui umur dari masing-masing tanaman sayuran yang sedang dibudidaya.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Buah Menggunakan Teknik Tabulampot

Untuk memantapkan anda kapan sayuran siap untuk dipanen adalah dengan melihat ciri tanaman sayuran secara fisik. Hanya saja, ciri-ciri dari sayuran yang siap dipanen antara sayuran yang satu dengan sayuran yang lain memiliki perbedaan. Setelah anda memahami mengenai ciri-ciri tanaman sayuran yang siap panen, maka anda sudah bisa menentukan hari kapan sayuran yang anda budidaya dipanen.

Setelah anda memanen sayuran, anda juga harus mampu menjaga agar sayuran yang sudah dipanen bisa terjaga dan aman dari proses pembusukan. Lakukan perlakukan khusus pada masing-masing jenis sayuran. Simpanlah sayuran dengan memperhatikan karakteristik masing-masing sayuran agar sayuran lebih awet dan terhindar dari proses pembusukan lebih awal. Dengan memperhatikan hal tersebut, maka tentunya harga jual dari sayuran akan terjaga dengan baik dan tentunya anda akan mendapatkan keutungan yang banyak.

Ternyata cukup mudah bukan belajar Cara Budidaya Tanaman Sayuran. Metode yang saya bahas didepan adalah metode umum yang bisa anda terapkan untuk membudidaya berbagai macam jenis sayuran, seperti wortel, kangkung, selada, bayam dan berbagai macam jenis tanaman sayuran lainnya. Untuk tahap pembelajaran, anda bisa memanfaatkan tanah disekitar rumah. Namun, apabila anda sudah mahir dan ingin mengembangkan budidaya tanaman sayur untuk bisnis, maka anda bisa memanfaatkan lahan yang luas. Selamat mencoba dan terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi menggunakan botol bekas

Bagi anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sayuran sawi ini, terlebih bagi para pecinta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *